Mengenal 4 Jenis Thinner dan Berbagai Fungsinya


Tahukah Anda bahwa untuk mengecat dinding atau permukaan lain, cat bukan satu-satunya hal yang dibutuhkan. Anda juga membutuhkan yang namanya thinner. Idealnya, thinner memiliki fungsi untuk mengencerkan cat, baik untuk jenis cat dinding, cat kayu, hingga cat besi. Dengan tingkat kekentalan cat yang berkurang, penggunaan thinner pun membantu agar cat bisa lebih cepat kering.

Namun, mengingat ada cukup banyak jenis thinner yang tersedia di pasaran, Anda tidak boleh memilih thinner secara sembarangan. Penting bagi Anda untuk lebih dulu mengetahui jenis-jenis thinner dan fungsi yang ditawarkan.

Ciri-Ciri Thinner 

Bagi yang ingin membeli atau belum terbiasa menggunaan thinner, mungkin saatnya anda harus mengetahui beberapa hal terkait cairan thinner. Perlu diketahui, bila sudah mengetahui ciri-ciri thinner maka anda akan jauh lebih hati-hati dalam menggunakannya dikarenakan cairan ini menyebabkan iritasi dan berbahaya bila menggunakan metode yang salah. Apa saja ciri-cirinya?

  • Berwarna putih seperti air 

  • Bau menyengat 

  • Sangat berbahaya bagi kulit bila tidak hati-hati dalam menggunakannya. 

Fungsi thinner

Secara fungsi, thinner adalah zat yang memiliki banyak kegunaan. Namun, fungsi utamanya adalah untuk menurunkan tingkat kekentalan atau viskositas dari bahan-bahan yang akan diaplikasikan melalui medium kuas atau alat penyemprot. Beberapa jenis medium, termasuk alat penyemprot cat dan juga kuas cat, biasanya dipakai untuk mengaplikasikan bahan-bahan finishing pada obyek-obyek tertentu.

Bahan-bahan finishing dengan tingkat kekentalan tinggi ini jelas perlu dibuat lebih encer untuk mencapai titik viskositas fungsinya terlebih dahulu sebelum dapat digunakan. Tujuannya jelas, agar mendapatkan hasil akhir yang optimal. Tidak hanya mengontrol viskositas bahan-bahan finishing, thinner adalah zat yang dimanfaatkan untuk mengatur sifat-sifat zat yang terkandung di dalam bahan-bahan finishing ini.

Salah satunya adalah untuk mengatur seberapa cepat bahan finishing yang diaplikasikan pada objek dapat mengering. Begitu juga untuk mengatur ketebalan dari lapisan bahan finishing saat diaplikasikan. Ini tinggal menyesuaikan dengan jenis bahan finishing serta thinner yang digunakan, termasuk banyaknya perbandingan saat mencampurkan keduanya.

Selanjutnya, fungsi thinner adalah sebagai campuran cat, zat untuk membersihkan besi yang berkarat, bertindak sebagai bahan pelarut, bahan pengkilap, serta penguap cat agar menjadi lebih cepat kering sebagaimana sudah dijelaskan pada paragraf sebelumnya. Semua fungsi ini menjadikan thinner sebagai salah satu bahan finishing yang banyak dicari.

Daftar Harga Thinner

Untuk mempermudah Anda mengetahui kisaran berapa harga thinner-thinner ini dijual di pasaran, berikut adalah tabel harga untuk beberapa jenis thinner yang tersedia di Klopmart.

Jenis Thinner

Ukuran

Harga

Thinner Cobra

0,95L

Rp29.400,-

Thinner Impala

1L

Rp43.512,-

Thinner Super N.D.

1L

Rp29.302,-


4 Jenis Thinner yang Sering Temukan

Cat dan Thinner

Sebelum Anda akan membeli thinner untuk penggunaan bangunan sesuai dengan fungsi yang sudah dijabarkan, Anda perlu mengetahui beberapa jenis thinner yang kini banyak beredar di pasaran. Sekaligus juga mengetahui fungsi dari setiap jenis thinner yang berbeda-beda. Ada thinner yang fungsinya khusus untuk pengecatan dasar, khusus pengecatan warna utama bodi, hingga khusus pernis atau clear coating

Dengan demikian, Anda tidak akan salah membeli produk untuk tahap finishing yang barangkali sedang Anda lakukan.

Berikut ini jenis thinner yang perlu Anda ketahui, diantaranya: 

1. Thinner Cobra

Salah satu jenis thinner yang cukup populer dan paling sering digunakan adalah Thinner Cobra. Idealnya, Thinner Cobra dipakai untuk mengencerkan cat duco dan cat minyak. Kemudian, penggunaannya lebih sering diimplementasikan pada kayu dan besi. Umumnya, Pengencer cat ini dijual dalam beberapa ukuran sehingga bisa Anda pilih sesuai kebutuhan pengecatan.

Di situs Klopmart yang menjual kebutuhan material, Thinner Cobra ditawarkan dalam dua ukuran, yaitu kemasan 0,95 ml dan kemasan galon. Anda bisa mendapatkan Thinner Cobra ukuran 0,95 ml dengan harga Rp29.400 saja. Sedangkan, Thinner Cobra ukuran galon dijual dengan harga Rp125.000.

Baca juga: Harga Thinner 1 Liter di Pasaran Saat Ini

2. Thinner Impala

Jenis thinner satu ini cukup populer dengan kemasannya yang berwarna hijau terang. Itulah kenapa banyak orang menyebutnya sebagai Thinner Impala Hijau. Sebetulnya, Thinner Impala tidak jauh berbeda dari Thinner Cobra. Keduanya sama-sama digunakan untuk mengencerkan car minyak dan cat duco, dengan penggunaan pada kayu dan besi. Hanya saja, Thinner Impala dapat memberikan hasil akhir atau finishing dengan efek agak glossy.

Tidak sulit untuk menemukan produk Thinner Impala di pasaran. Anda bahkan bisa mendapatkannya secara online melalui situs Klopmart, yang dijual dalam ukuran 1 liter dan kemasan galon. Di Klopmart, Thinner Impala ukuran 1 liter dijual dengan harga Rp43.512 saja. Anda juga bisa mendapatkan Thinner Impala dalam kemasan galon dengan harga Rp110.000.

3. Thinner Polyurethane

Di pasaran, Thinner Polyurethane (PU) umumnya terbagi menjadi dua jenis, yaitu Thinner PU dan Thinner PU Slow. Perbedaan di antara keduanya terletak pada waktu yang dibutuhkan untuk bisa kering. Sesuai namanya, Thinner PU Slow membutuhkan waktu yang lebih lama untuk kering, yaitu bisa mencapai lebih dari dua belas jam. Sedangkan, waktu kering Thinner PU biasanya sekitar enam jam saja.

Namun, umumnya Thinner PU Slow memang memiliki finishing kilap yang lebih tahan lama daripada Thinner PU. Itulah kenapa jika dibandingkan, Thinner PU biasanya dijual dengan harga relatif lebih murah daripada Thinner PU Slow.

Baca juga: Cara Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner Dengan Benar

4. Thinner Nitro Cellulose

thinner nitrocellulose membantu proses pengecatan besi dan kayu

Sesuai namanya, Thinner Nitro Cellulose (NC) kebanyakan dipakai sebagai campuran atau material cat jenis nitro cellulose dan pernis nitro cellulose. Jika dibutuhkan, Anda juga bisa menggunakannya untuk campuran material lain berbahan nitro cellulose. Apabila kesulitan menemukan Thinner NC di pasaran, biasanya jenis thinner ini juga disebut dengan Thinner A, Thinner B/Thinner Super, atau Thinner ND.

Salah satunya, yaitu Thinner ND, bisa Anda dapatkan dengan mudah di Klopmart. Ada dua pilihan kemasan yang bisa Anda pilih, yaitu kaleng atau jerigen. Thinner ND dalam kemasan kaleng dijual dengan harga Rp29.302. Sementara itu, Thinner ND bisa Anda dapatkan dengan harga sekitar Rp100.000.

Sekarang Anda sudah lebih paham tentang beberapa jenis thinner yang umumnya tersedia di pasaran. Semoga sekarang Anda bisa memilih jenis thinner yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya