Cat dan Kimia

7 Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Mesin dan Perabotan Rumah Tangga

Media
13 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Karat yang membandel terkadang cukup mengganggu. Tidak hanya mengganggu tampilan benda besi saja, di sisi lain juga dapat mengganggu kinerja mesin yang terbuat dari besi. Lalu, bila terkena bagian tubuh dan luka juga dikhawatirkan akan menyebabkan tetanus. Oleh karena itulah, ada beberapa cara menghilangkan karat pada besi dengan mudah agar tetap aman dan nyaman. Apa saja caranya?

Cara Menghilangkan Karat Pada Besi Motor atau Mesin

Besi mesin memang menjadi bagian yang cukup rawan dan sering terkena karat. Misalnya saja mesin tersebut sering terkena air hujan dan faktor lainnya. Cara menghilangkan karat pada besi mesin sebenarnya cukup mudah. Adapun bahan yang dapat digunakan di antaranya adalah:

Gunakan Oli Bekas

Oli bekas ternyata juga berguna dalam membasmi karat yang menempel pada besi mesin, khususnya pada bagian besi knalpot. Cukup oleskanlah oli bekas tadi pada bagian besi mesin atau knalpot yang berkarat. Nyalakan mesin secara perlahan agar suhunya naik. Ketika suhu ini naik, maka oli tersebut akan menghilangkan karat. Akan tetapi, Anda bisa menggunakannya sesekali saja agar mesin tetap bersih.

Baca Juga: Cara Agar Besi Tidak Berkarat dengan Mudah

Oli Gemuk atau Stempet

Selain oli bekas, oli gemuk pun bisa Anda jadikan sebagai bahan penghilang karat pada besi mesin. Oli gemuk atau stempet ini memiliki sifat yang lebih kental dibandingkan oli biasa. Caranya pun sama seperti menggunakan oli bekas. Yakni, oleskan pada bagian yang leleh sampai mesin cukup panas dan oli ini akan meleleh dan menghilangkan karat yang ada.


Campuran Minyak Tanah dan Pertamax Plus

Cairan bahan bakar seperti pertamax plus juga bisa menghilangkan karat pada besi mesin. Agar kerjanya semakin optimal, Anda perlu menambahkannya dengan minyak tanah dengan tingkat perbandingan 1:2. Oleskan pada bagian besi mesin yang berkarat lalu biarkan selama beberapa saat. Lanjutkan dengan menyikat bagian besi berkarat dengan sikat secara perlahan.

Baca juga: Betulkah baja ringan itu tahan karat?

Cara Menghilangkan Karat Pada Perabotan Rumah Tangga

Tidak hanya pada besi mesin baik itu untuk mesin motor, mesin mobil, hingga mesin produksi, karat pun juga bisa muncul pada benda-benda dan perabotan rumah tangga yang terbuat dari besi. Namun, Anda tak perlu khawatir mengenai cara menghilangkannya. Setidaknya Anda bisa menerapkan cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan yang mudah didapat berikut ini.

Dengan Baking Soda Pembersih Karat

Baking soda atau adonan kue tidak dapat hanya Anda gunakan untuk membuat adonan kue. Anda juga dapat menghilangkan karat dengan baking soda. Anda bisa mendapatkannya di toko kue maupun toko makanan, atau di supermarket sekalipun. Baking soda akan bekerja secara efektif membersihkan karat pada besi maupun logam.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan baking soda dengan dengan air hingga membentuk seperti pasta yang kental. Kemudian, oleskan pada bagian besi yang berkarat tadi. Diamkanlah hingga kurang lebih satu jam. Setelah itu, barulah disikat menggunakan sikat kawat.

Baca Juga: 5 Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan Rumah

Menggunakan Cuka

Cara menghilangkan karat pada besi yang kedua adalah dengan menggunakan cuka. Di sini ada dua jenis cuka yang dapat digunakan yakni cuka putih dan cuka biasa. Anda bisa memilih salah satunya dan tergantung pada kebutuhan maupun jenis karat pada besi. Apakah karat tersebut membandel atau kah dapat dibersihkan dengan mudah.

Mengaplikasikannya tentu sangat mudah sekali. Anda hanya menyiramkan saja cuka tersebut secukupnya pada bagian besi yang sudah berkarat. Lalu, diamkanlah kurang lebih sekitar 24 jam penuh. Keesokan harinya, Anda bisa melihat apakah karat tersebut sudah menghilang atau masih menempel. Agar maksimal, Anda bisa menggosoknya dengan spons maupun bahan lain dengan bahan aluminium foil.

Baca Juga: 7 Cara Ngilangin Karat Pada Besi tanpa Ribet

Menghilangkan Karat Dengan Coca Cola

Cara menghilangkan karat pada besi ini mungkin merupakan salah satu yang paling dikenal banyak orang. Coca Cola atau minuman bersoda lainnya tidak hanya dapat Anda konsumsi di tengah cuaca terik saja tetapi juga saat Anda ingin membersihkan karat yang membandel.

Rendamlah benda atau besi berkarat tadi pada Coca-Cola yang sudah dituangkan ke dalam wadah tertentu. Diamkanlah selama 30-60 menit. Saat dirasa cukup, Anda bisa mengangkat besi tersebut dan gosoklah menggunakan kertas timah secara perlahan. Ulangilah sampai karat yang menempel benar-benar hilang.

Baca Juga: Cara Membersihkan Panci Gosong dan Nampak Seperti Baru

Menggunakan Ampelas

Cara menghilangkan karat pada besi yang terakhir adalah menggunakan ampelas. Biasanya, ampelas ini banyak digunakan untuk finishing produk yang terbuat dari kayu. Tujuannya agar semakin rata dan halus.

Anda bisa menggunakan ampelas dalam menghilangkan karat, caranya dengan menggosokkannya pada permukaan benda yang berkarat sampai karat tersebut rontok dan menghilang.

Kombinasi Sabun Cuci Piring dan Kentang

Anda mungkin sebelumnya tidak pernah berpikiran untuk mencampur kedua bahan ini. Nyatanya, sabun cuci piring dan kentang dapat digunakan untuk menghilangkan karat. Kentang mengandung asam oksalat yang ampuh melarutkan karat.

Cara ini juga relatif mudah dibandingkan cara yang lainnya. Haluskan kentang dengan menggunakan blender. Jika tidak ada blender, Anda juga dapat menghaluskan kentang dengan menggunakan tumbukan.

Setelah halus, campurkan dengan sabun cuci piring. Aduk hingga rata sebelum campuran digunakan. Oleskan pada permukaan benda yang berkarat. Tunggu beberapa saat agar campuran dapat menghilangkan noda karat dengan baik. Gosok dengan spons berbahan alumunium foil. Lap dengan kain kering ketika sudah selesai.


Menggunakan Bubuk Asam Sitrat

Asam sitrat tidak hanya dapat digunakan untuk membuat kue. Dengan mencampurkan asam sitrat dengan air hangat, Anda dapat membersihkan karat pada besi atau perabotan.

Untuk menggunakan cara ini Anda membutuhkan sebuah wadah. Campurkan asam sitrat dengan air hangat pada wadah yang telah disediakan. Lalu, rendam benda berkarat di dalam wadah. Tunggu hingga noda-noda karat membandel luntur dengan perlahan. Bersihkan noda berkarat yang tersisa dengan spons berbahan alumunium.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghilangkan karat pada besi di atas? Anda dapat menggunakan barang atau bahan-bahan di sekitar untuk dapat menghilangkan karat pada besi dengan mudah.

Selain dengan cara di atas, sebaiknya Anda juga perlu untuk menjaga besi tersebut dengan memberikan perlindungan khusus agar tidak mudah terpapar oleh zat-zat yang membuat besi cepat berkarat.

Cek harga klik disini

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya