Ternyata Cara Menghilangkan Karat pada Besi Cukup Mudah, Lho

Karat yang membandel terkadang cukup mengganggu. Tidak hanya mengganggu tampilan benda besi saja, di sisi lain juga dapat mengganggu kinerja mesin yang terbuat dari besi. Lalu, bila terkena bagian tubuh dan luka juga dikhawatirkan akan menyebabkan tetanus. Oleh karena itulah, ada beberapa cara menghilangkan karat pada besi dengan mudah agar tetap aman dan nyaman. Apa saja caranya?

Karat Pada Besi Mesin

Besi mesin memang menjadi bagian yang cukup rawan dan sering terkena karat. Misalnya saja mesin tersebut sering terkena air hujan dan faktor lainnya. Cara menghilangkan karat pada besi mesin sebenarnya cukup mudah. Adapun bahan yang dapat digunakan di antaranya adalah:

  • Gunakan Oli Bekas

Oli bekas ternyata juga berguna dalam membasmi karat yang menempel pada besi mesin, khususnya pada bagian besi knalpot. Cukup oleskanlah oli bekas tadi pada bagian besi mesin atau knalpot yang berkarat. Nyalakan mesin secara perlahan agar suhunya naik. Ketika suhu ini naik, maka oli tersebut akan menghilangkan karat. Akan tetapi, Anda bisa menggunakannya sesekali saja agar mesin tetap bersih.

  • Oli Gemuk atau Stempet

Selain oli bekas, oli gemuk pun bisa Anda jadikan sebagai bahan penghilang karat pada besi mesin. Oli gemuk atau stempet ini memiliki sifat yang lebih kental dibandingkan oli biasa. Caranya pun sama seperti menggunakan oli bekas. Yakni, oleskan pada bagian yang leleh sampai mesin cukup panas dan oli ini akan meleleh dan menghilangkan karat yang ada.

  • Campuran Minyak Tanah dan Pertamax Plus

Cairan bahan bakar seperti pertamax plus juga bisa menghilangkan karat pada besi mesin. Agar kerjanya semakin optimal, Anda perlu menambahkannya dengan minyak tanah dengan tingkat perbandingan 1:2. Oleskan pada bagian besi mesin yang berkarat lalu biarkan selama beberapa saat. Lanjutkan dengan menyikat bagian besi berkarat dengan sikat secara perlahan.

Baca juga: Betulkah baja ringan itu tahan karat?

Karat Pada Perabotan Rumah Tangga

Tidak hanya pada besi mesin baik itu untuk mesin motor, mesin mobil, hingga mesin produksi, karat pun juga bisa muncul pada benda-benda dan perabotan rumah tangga yang terbuat dari besi. Namun, Anda tak perlu khawatir mengenai cara menghilangkannya. Setidaknya Anda bisa menerapkan cara menghilangkan karat pada besi dengan bahan yang mudah didapat berikut ini.

  • Gunakan Baking Soda

Cara pertama yang bisa Anda gunakan adalah dengan memakai baking soda. Anda bisa mendapatkannya di toko kue maupun toko makanan, atau di supermarket sekalipun. Baking soda akan bekerja secara efektif membersihkan karat pada besi maupun logam.

Untuk menggunakannya, Anda cukup mencampurkan baking soda dengan dengan air hingga membentuk seperti pasta yang kental. Kemudian, oleskan pada bagian besi yang berkarat tadi. Diamkanlah hingga kurang lebih satu jam. Setelah itu, barulah disikat menggunakan sikat kawat.

  • Menggunakan Cuka

Cara yang kedua adalah dengan menggunakan cuka. Di sini ada dua jenis cuka yang dapat digunakan yakni cuka putih dan cuka biasa. Anda bisa memilih salah satunya dan tergantung pada kebutuhan maupun jenis karat pada besi. Apakah karat tersebut membandel atau kah dapat dibersihkan dengan mudah.

Mengaplikasikannya tentu sangat mudah sekali. Anda hanya menyiramkan saja cuka tersebut secukupnya pada bagian besi yang sudah berkarat. Lalu, diamkanlah kurang lebih sekitar 24 jam penuh. Keesokan harinya, Anda bisa melihat apakah karat tersebut sudah menghilang atau masih menempel. Agar maksimal, Anda bisa menggosoknya dengan spons maupun bahan lain dengan bahan aluminium foil.

  • Minuman Cola

Siapa bilang minuman cola hanya untuk dikonsumsi saat cuaca terik saja. Di sisi lain, minuman cola ini ampuh dalam membersihkan karat yang menempel pada besi. Salah satu minuman cola yang paling sering digunakan membersihkan karat adalah ‘Coca-Cola’.

Rendamlah benda atau besi berkarat tadi pada ‘Coca-Cola’ yang sudah dituangkan ke dalam wadah tertentu. Diamkanlah selama 30-60 menit. Saat dirasa cukup, Anda bisa mengangkat besi tersebut dan gosoklah menggunakan kertas timah secara perlahan. Ulangilah sampai karat yang menempel benar-benar hilang.

  • Menggunakan Ampelas

Cara menghilangkan karat pada besi yang terakhir adalah menggunakan ampelas. Biasanya, ampelas ini banyak digunakan untuk finishing produk yang terbuat dari kayu. Tujuannya agar semakin rata dan halus. Anda bisa menggunakan ampelas dalam menghilangkan karat, caranya dengan menggosokkannya pada bagian besi yang berkarat sampai karat tersebut rontok dan menghilang.

Bagaimana, cukup mudah bukan cara menghilangkan karat pada besi di atas? Selain dengan cara di atas, sebaiknya Anda juga perlu untuk menjaga besi tersebut dengan memberikan perlindungan khusus agar tidak mudah terpapar oleh zat-zat yang membuat besi cepat berkarat.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
21 Feb 2020

Related Article