Inilah Cara Menghitung Kebutuhan Cat Besi

Informasi mengenai cara menghitung kebutuhan cat besi memang penting untuk dipahami. Khususnya bagi Anda yang sedang membangun rumah dengan besi pada bagian outdoor dan dapat dilihat oleh setiap orang. 

Memang, besi dapat digunakan untuk berbagai bagian dari rumah. Bahkan ada pihak yang membiarkan besi tersebut tetap dalam warna natural. Namun bukan berarti Anda dapat membiarkannya begitu saja. Sebaiknya tetap berikan cat atau coating agar dapat terhindar dari masalah karat. Pastinya Anda tidak ingin besi tersebut cepat berkarat, bukan?

Untuk itulah Anda wajib mengetahui bagaimana cara menghitung kebutuhan cat besi. Berikut penjelasan lengkapnya.

Keuntungan Menghitung Kebutuhan Cat Besi

Ada berbagai keuntungan yang dapat Anda rasakan ketika menghitung kebutuhan cat besi terlebih dahulu sebelum membelinya: 

  • Anda dapat membeli kaleng cat besi dengan jumlah yang tepat agar tidak berlebihan. Anda juga jadi berhemat karena pembelian cat besi sesuai dengan kebutuhan.
  • Cat besi yang Anda beli dapat memberikan perlindungan maksimal. Masalah karat yang pasti menyerang besi akan terminimalisir dengan sendirinya. 
  • Penampilan rumah Anda dengan besi yang sudah cat menjadi lebih menarik. Hasil penampilan rumah secara keseluruhan menjadi maksimal dan enak dipandang.

Cara Menghitung Kebutuhan Cat Besi

Setelah mengetahui keuntungan menghitung kebutuhan cat besi, mari mulai melakukan perhitungan. Bagaimana cara menghitungnya?

Rumus yang digunakan adalah: 

Volume (liter) cat yang diperlukan = (luas permukaan x DFT) / (VS% x 10)

DFT: Dry Film Thickness
VS%: Persen volume solid

Seluruh angka yang harus dimasukkan terdiri dari total luas pipa yang akan dicat dengan ketebalan keringnya. Kemudian Anda juga harus memasukkan berapa volume solid dari cat besi tersebut juga. Contoh soalnya seperti ini:

Jika harus mengecat pipa besi dengan luas total 100 m2 dengan ketebalan kering 50 mikron menggunakan volume solid cat sebesar 47%, bagaimana cara perhitungannya?

Luas: 100 m2
VS%: 47
DFT: 50 mikron

Volume (liter) cat yang diperlukan = (luas permukaan x DFT) / VS% x 10)
Volume (liter) cat yang diperlukan = (100 x 50) / (47% x 10)
Volume (liter) cat yang diperlukan = 10,6 liter

Ya, jadi dengan contoh soal di atas, jumlah liter cat yang dibutuhkan adalah 10,6 liter. Dengan begitu, Anda sudah tahu harus membeli berapa kaleng cat. Tentunya tanpa perlu membeli terlalu banyak. 

Memang untuk perhitungan ini Anda harus tahu mengetahui beberapa angka terlebih dahulu, seperti luas permukaan besi, ketebalan kering, dan volume solid cat yang ingin didapatkan. Namun jangan khawatir. Dengan perhitungan di atas, maka Anda mampu mendapatkan jumlah liter cat besi paling tepat.

Jika Anda akan melakukan pegecatan pada besi, sebaiknya Anda juga mengetahui cara menggunakan cat epoxy besi dengan tepat untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Kesimpulan 

Jadi, itulah cara menghitung kebutuhan cat besi yang dapat langsung Anda terapkan dalam proses pembangunan selanjutnya. Perlu digarisbawahi bahwa cara di atas tidak hanya untuk besi dalam konstruksi rumah saja. Termasuk juga untuk besi yang dipakai untuk gedung dan bangunan lainnya. Namun sebelum mengecat besi dengan warna yang diinginkan, jangan lupa untuk memberikan cat dasar.

Cat dasar besi dapat membantu cat warna semakin indah. Masalah karat pun lebih terminimalisir dengan cat dasar besi ini. Untuk itulah Klopmart telah hadir dalam menjawab kebutuhan Anda pada cat dasar besi dari berbagai ukuran dan merek. Dengan informasi cara menghitung kebutuhan cat besi di atas, Anda dapat memesan cat dasar besi melalui website Klopmart sekarang juga.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya