Cat dan Kimia

15 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu yang Sejuk

Media
20 Feb 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Warna cat tembok memberikan pengaruh yang cukup besar bagi tampilan ruangan di rumah, khususnya ruang tamu. Sebab, ruang tamu mempresentasikan pemilik rumah dan ruangan lainnya. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk memilih warna cat ruang tamu yang tepat dan memberikan kesejukan.

Ada beberapa pilihan rekomendasi warna cat ruang tamu yang sejuk untuk rumah Anda. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

15 Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu yang Sejuk

Berikut ini rekomendasi warna cat ruang tamu yang sejuk.

1. Warna Hijau

Rekomendasi warna cat ruang tamu yang sejuk pertama bisa Anda pilih adalah warna hijau. Warna hijau selalu identik dengan warna natural seperti pohon, daun, hingga rerumputan. Ada banyak jenis pilihan warna hijau yang bisa Anda pilih. Contohnya yang paling sering dipilih adalah warna hijau pastel.

Anda bisa mencoba memadukannya dengan warna-warna netral untuk cat ruang tamu Anda. Misalnya saja dengan warna oranye muda maupun warna krem agar lebih tercipta suasana yang homey. Warna hijau lainnya yang dapat Anda pilih adalah warna hijau lemon yang mampu menghadirkan kesan yang lebih luas pada ruangan.

Baca juga: Yuk, Intip Kombinasi Cat Rumah yang Bisa Menjadikan Suasana Lebih Hidup!

2. Warna Merah

Warna merah mampu memberikan kesan lebih hidup di ruang tamu rumah Anda. Oleh karena itulah, Klopmart memilih warna merah sebagai salah satu inspirasi warna cat ruang tamu yang sejuk.

Warna cerah ini juga mampu memberikan aura yang penuh dengan energi. Biasanya, warna yang sering digunakan untuk ruang tamu adalah merah maroon.

Warna cat ruang tamu ini sangat cocok bila digunakan untuk jenis ruang tamu minimalis karena memberikan kesan megah dan menarik. Agar makin terlihat sejuk dan nyaman, tidak ada salahnya bila Anda mengkombinasikannya dengan furnitur yang berwarna sama. Misalnya sofa dengan warna merah.

Baca juga: Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

Akan semakin elegan dan sejuk lagi bila Anda menambahkan karpet pada ruang tamu. Akan tetapi, perlu diingat sebaiknya jangan gunakan warna merah terlalu dominan. Sebab, jika terlalu dominan konon dapat mengundang stres dan membuat suasana rumah menjadi lebih panas.

3. Warna Kuning

Inspirasi warna cat ruang tamu yang sejuk berikutnya adalah warna kuning. Jangan heran jika selama ini banyak orang menilai jika warna kuning ini memberikan kesan kurang menarik dan cenderung silau bila dipandang.

Akan tetapi, untuk menghadirkan kesan sejuk di ruang tamu, Anda bisa memilih warna cat kuning pucat dan memiliki sentuhan warna kehijauan. Dipercaya warna ini dapat menjadikan ruangan Anda jauh lebih luas dan warna kuning adalah salah satu warna cerah.

Kemudian, jika memilih warna cat ruang tamu kuning, akan mampu meningkatkan semangat Anda dan membangkitkan mood untuk berpikir jernih. Anda bisa mengkombinasikan warna kuning dalam ruang tamu ini dengan warna-warna gelap seperti merah hati, cokelat tua, cokelat muda, hingga hijau lemon.

Baca juga: Contoh Warna dan Cara Mencampur Warna Cat Tembok

4. Warna Biru

Sejak dari dulu warna biru memang identik dengan warna alam yang memberikan nuansa sejuk selain warna hijau. Ada banyak pilihan warna biru yang bisa Anda gunakan sebagai warna cat ruang tamu yang sejuk di rumah.

Contohnya adalah warna biru muda, karena warna biru muda sendiri masuk ke dalam golongan warna netral layaknya krem atau coklat. Mengaplikasikan warna tersebut juga dapat menjadi alternatif yang tepat untuk bergaya dan memberikan tampilan yang bersih menyegarkan.

Warna biru alternatif lainnya yang dapat Anda pilih yaitu biru laut hingga biru langit. Bahkan kini yang sedang tren adalah warna biru telur asin.

Warna biru juga menurut psikologi juga mampu memberikan kesan lebih tentram dan sejuk serta damai. Hal ini tentu membawa kenyamanan bagi penghuni rumah.

Biasanya warna cat ruang tamu ini seringkali diaplikasikan ke ruang makan. Tak cukup sampai di situ saja, warna biru di ruang tamu mampu menghadirkan mood yang positif bagi para tamu yang datang ke rumah Anda.

Baca juga: Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu dengan Tema Scandinavian

5. Warna Oranye

Selanjutnya, warna cat ruang tamu yang sejuk adalah oranye. Inspirasi warna cat ruang tamu satu ini mampu memberikan kesan yang ceria bagi siapa saja yang memasuki ruang tamu rumah Anda. Tak hanya itu saja, warna oranye juga dipercaya mampu memberikan kesan penuh optimisme dan rasa semangat bagi pemilik rumah.

Namun, perlu diingat adanya warna cat oranye yang terlalu dominan juga tidak baik dan ini justru malah memberikan kesan panas. Menyiasatinya, Anda bisa menentukan pencahayaan yang tepat. Lalu, padu padankan dengan warna lainnya seperti putih atau abu-abu. Kombinasi warna cat tersebut diperlukan agar menciptakan nuansa yang tidak terlalu membosankan. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan ornamen tambahan seperti sofa.

Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Apek di Sofa dengan Mudah

6. Warna Putih

Warna putih merupakan pilihan warna cat yang tidak lekang oleh waktu. Warna putih merupakan warna yang dikenal netral sehingga dapat menjadi salah satu inspirasi warna cat ruang tamu yang sejuk dipandang.

Sebagai warna yang netral, warna putih juga dapat dikombinasikan dengan warna cat ruang tamu lainnya. Anda dapat menggunakan warna mencolok seperti warna kuning untuk membuat kontras yang menarik atau menggunakan kombinasi warna cat ruang tamu lainnya yang sejuk dalam daftar artikel ini.

Baca juga: Warna Cat Ruang Keluarga yang Mampu Memberikan Kehangatan Saat Berkumpul

7. Warna Pastel

Warna pastel merupakan warna cat dinding ruang tamu yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini, khususnya sebagai warna cat dinding ruang tamu untuk rumah-rumah minimalis. Mengapa demikian? Karena seperti warna putih, warna ini merupakan warna cat ruang tamu yang sejuk dan netral. Tetapi, berbeda dari warnap putih yang tampak polos, warna pastel sebagai warna cat ruang tamu memiliki karakteristik yang ceria dan segar.

Warna pastel sendiri memiliki banyak varian. Varian warna yang dapat Anda temukan antara lain adalah abalone, peach sorbet, easter lily, garnish, dan masih banyak lainnya. Anda dapat memilih warna cat pastel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

8. Warna Abu

Serupa dengan warna putih, warna abu juga merupakan warna cat ruang tamu yang sejuk yang telah menjadi pilihan banyak orang. Warna abu sendiri memiliki kesan elegan dan modern yang dapat menciptakan nuansa ruang tamu tidak hanya sejuk namun juga berkelas.

Walaupun tidak kalah populer dengan warna putih, warna abu tidaklah senetral warna putih. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati saat hendak mengkombinasikan warna abu dengan warna cat ruang tamu lainnya.

Idealnya, Anda menggabungkan warna-warna cat ruang tamu yang lembut lainnya untuk menjaga keseimbangan dalam ruang tamu. Karena menginginkan ruang tamu yang sejuk maka pastikan sekali lagi agar kombinasi warna cat ruang tamu tidak mencolok.

Baca juga: Ini 10 Ide Perpaduan Warna Cat Rumah agar Telihat Lebih Fresh

9. Warna Pink Soft

Inspirasi warna cat ruang tamu yang sejuk lainnya adalah pink soft. Dapat Anda bayangkan jika warna terang ini akan terlihat sangat feminin dan cantik di ruang tamu Anda.

Memiliki ruang dengan warna pink soft tentu saja akan menciptakan rasa nyaman dan sejuk. Rasa nyaman akan semakin terasa apabila Anda mengombinasikan warna cat ruang tamu tersebut dengan sofa berwarna biru dan bantal pink.

Selain itu, warna soft pink juga dapat Anda kombinasikan dengan warna putih, sehingga akan membuat ruang tamu yang sejuk dan bersih.

10. Turquoise

Tahukah Anda, bahwa turquoise adalah salah satu pilihan warna cat ruang tamu yang sejuk yang dapat Anda aplikasikan. Namun, banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya warna cat Turquoise itu?

Nah, sebenarnya Turquoise merupakan kombinasi warna hijau pastel dan biru muda. Warna cat ini dapat juga dikombinasikan dengan memberikan hiasan interior seperti gorden bermotif lucu supaya ruang tamu Anda lebih indah dan aestetik.

Baca juga: Contoh Warna dan Cara Mencampur Warna Cat Tembok

11. Warna Krem Kecokelatan

Krem kecokelatan merupakan inspirasi warna cat ruang tamu yang sejuk terakhir. Warna krem agak kecokelatan ini memberi kesan lebih menenangkan, namun tetap modern dan terlihat elegan.

Di sini, Anda dapat mengkombinasikan warna krem kecokelatan ini dengan warna lain, seperti mengintegrasikan warna cat ruang tamu dengan sofa putih untuk membuat kesan elegan.

12. Warna Gold

Warna emas memberikan sentuhan kemewahan dan hangat dalam ruang tamu. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin menciptakan ruang tamu yang elegan dan mewah.

Paduan antara emas dengan warna netral atau pastel lainnya dapat menciptakan kontras yang menarik dan mencerminkan cahaya dengan indah.

13. Warna Olive

Warna Olive, atau yang sering disebut juga sebagai warna zaitun, adalah pilihan yang sangat baik untuk menciptakan suasana ruang tamu yang sejuk.

Warna Olive merupakan campuran antara hijau dan coklat yang lembut, menciptakan kesan alami dan tenang. Dengan paduan warna-warna ini, ruang tamu Anda akan terasa nyaman dan menenangkan.

Warna Olive sering dikaitkan dengan elemen alam seperti dedaunan dan tanah, sehingga menciptakan hubungan dengan alam dan memberikan perasaan kesejukan.

Selain itu, warna ini juga dapat berfungsi sebagai latar belakang yang netral, sehingga memungkinkan Anda untuk bermain dengan aksen dekorasi berwarna lain atau furnitur untuk menciptakan tampilan yang lebih dinamis

14. Hijau Limau

Warna hijau limau atau lime green adalah pilihan yang ceria dan menyegarkan. Warna ini memberikan kesan cerah dan energik, membuat ruang tamu terlihat hidup dan penuh semangat

Hijau limau juga cocok untuk menciptakan nuansa yang lebih modern dan bersemangat.

Baca juga: Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan

15. Kuning Pastel

Warna kuning pastel adalah pilihan yang baik jika Anda ingin menciptakan suasana yang cerah dan menyenangkan di ruang tamu.

Kuning pastel memberikan kesan yang hangat dan mengundang, dan seringkali dipilih untuk menciptakan ruang tamu yang nyaman dan ramah.

Itulah dia beberapa warna cat ruang tamu yang sejuk yang dapat Anda jadikan inspirasi. Sebelum memilih warna cat ruang tamu, Anda sebaiknya telah memiliki gambaran tentang perasaan atau suasana apa yang hendak Anda tampilkan di ruang tamu rumah Anda. Pilihan kombinasi warna cat ruang tamu yang Anda pilih akan sangat membantu Anda untuk menampilkan kesan yang ingin Anda tampilkan.

Bagaimana, sudahkah Anda menentukan warna cat ruang tamu yang sejuk untuk rumah Anda? Untuk membeli cat tembok terbaik dengan harga yang pas dan ramah lingkungan, Anda bisa memilih dan membelinya di Klopmart. Ada berbagai macam merek cat yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber rujukan:

  • https://www.mitraruma.com/blog/warna-cat-ruang-tamu-yang-sejuk

  • https://mamikos.com/info/warna-cat-ruang-keluarga-yang-sejuk-gnr/

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya