5 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk

Warna cat tembok memberikan pengaruh yang cukup besar bagi tampilan ruangan di rumah, khususnya ruang tamu. Sebab, ruang tamu mempresentasikan pemilik rumah dan ruangan lainnya. Oleh karena itulah penting bagi Anda untuk memilih warna cat rumah yang tepat dan memberikan kesejukan. Ada beberapa pilihan rekomendasi warna cat ruang tamu yang sejuk untuk rumah Anda. Apa sajakah? Berikut beberapa di antaranya yang bisa Anda jadikan pertimbangan.

Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu

Warna Hijau

Rekomendasi cat ruang tamu yang sejuk pertama bisa kamu pilih adalah warna hijau. Warna hijau selalu identik dengan warna natural seperti pohon, daun, hingga rerumputan. Ada banyak jenis pilihan warna hijau yang bisa Anda pilih. Contohnya yang paling sering dipilih adalah warna hijau pastel.

Anda bisa mencoba memadukannya dengan warna-warna netral. Misalnya saja dengan warna oranye muda maupun warna krem agar lebih tercipta suasana yang homey. Warna hijau lainnya yang dapat Anda pilih adalah warna hijau lemon yang mampu menghadirkan kesan yang lebih luas pada ruangan.

Baca Juga: Yuk, Intip Kombinasi Cat Rumah yang Bisa Menjadikan Suasana Lebih Hidup!

Warna Merah

Warna merah mampu memberikan kesan lebih hidup di ruang tamu rumah Anda. Warna merah ini juga mampu memberikan aura yang penuh dengan energi. Biasanya, warna yang sering digunakan untuk ruang tamu adalah merah maroon.

Warna ini sangat cocok bila digunakan untuk jenis ruang tamu minimalis karena memberikan kesan megah dan menarik. Agar makin terlihat sejuk dan nyaman, tak ada salahnya bila Anda mengkombinasikannya dengan furnitur yang berwarna sama. Misalnya sofa dengan warna merah.

Baca Juga: Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

Akan semakin elegan dan sejuk lagi bila Anda menambahkan karpet pada ruang tamu. Akan tetapi, perlu diingat sebaiknya jangan gunakan warna merah terlalu dominan. Sebab, jika terlalu dominan konon dapat mengundang stres dan membuat suasana rumah menjadi lebih panas.

Warna Kuning

Selama ini banyak orang menilai jika warna kuning ini memberikan kesan kurang menarik dan cenderung silau bila dipandang. Akan tetapi, untuk menghadirkan kesan sejuk di ruang tamu, Anda bisa memilih warna kuning pucat dan memiliki sentuhan warna kehijauan. Dipercaya warna ini dapat menjadikan ruangan Anda jauh lebih luas dan warna kuning adalah salah satu warna cerah.

Kemudian, warna kuning juga mampu untuk meningkatkan semangat Anda dan membangkitkan mood untuk berpikir jernih. Anda bisa mengkombinasikan warna kuning dalam ruang tamu ini dengan warna-warna gelap seperti merah hati, cokelat tua, cokelat muda, hingga hijau lemon.

Baca Juga: Contoh Warna dan Cara Mencampur Warna Cat Tembok

Warna Biru

Sejak dari dulu warna biru memang identik dengan warna alam yang memberikan nuansa sejuk selain warna hijau. Ada banyak pilihan warna biru yang bisa Anda gunakan untuk cat ruang tamu yang sejuk di rumah. Mulai dari biru laut, biru langit, hingga warna biru muda. Bahkan kini yang sedang tren adalah warna biru telur asin.

Warna biru juga menurut psikologi juga mampu memberikan kesan lebih tentram dan sejuk serta damai. Hal ini tentu membawa kenyamanan bagi penghuni rumah, biasanya warna ini seringkali diaplikasikan ke ruang makan. Tak cukup sampai di situ saja, warna biru di ruang tamu mampu menghadirkan mood yang positif bagi para tamu yang datang ke rumah Anda.

Baca Juga: Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu dengan Tema Scandinavian

Warna Oranye

Terakhir, warna cat ruang tamu yang sejuk adalah oranye. Warna satu ini mampu memberikan kesan yang ceria bagi siapa saja yang memasuki ruang tamu rumah Anda. Tak hanya itu saja, warna oranye juga dipercaya mampu memberikan kesan penuh optimisme dan rasa semangat bagi pemilik rumah.

Namun, perlu diingat adanya warna oranye yang terlalu dominan juga tidak baik dan ini justru malah memberikan kesan panas. Menyiasatinya, Anda bisa menentukan pencahayaan yang tepat. Lalu, padu padankan dengan warna lainnya seperti putih atau abu-abu agar tidak terlalu membosankan. Selain itu, bisa juga dengan menambahkan ornamen tambahan.

Warna Putih

Warna putih merupakan pilihan warna cat yang tidak lekang oleh waktu. Warna putih merupakan warna yang dikenal netral serta dapat menambah kesan sejuk pada sebuah ruangan.

Sebagai warna yang netral, warna putih juga dapat dikombinasikan dengan warna cat lainnya sebagai warna cat untuk ruang tamu. Anda dapat menggunakan warna mencolok seperti warna kuning untuk membuat kontras yang menarik atau menggunakan kombinasi warna cat lainnya yang sejuk dalam daftar di artikel ini.

Warna Pastel

Warna pastel merupakan salah satu warna cat dinding ruang tamu yang sedang menjadi tren akhir-akhir ini, khususnya sebagai warna cat dinding ruang tamu untuk rumah-rumah minimalis. Mengapa demikian? Karena seperti warna putih, warna ini merupakan warna cat ruang tamu yang sejuk dan netral. Tetapi, berbeda dari warnap putih yang tampak polos, warna pastel sebagai warna cat ruang tamu memiliki karakteristik yang ceria dan segar.

Warna pastel sendiri memiliki banyak varian. Varian warna yang dapat Anda temukan antara lain adalah abalone, peach sorbet, easter lily, garnish, dan masih banyak lainnya. Anda dapat memilih warna cat pastel yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Warna Abu

Serupa dengan warna putih, warna abu merupakan salah satu warna cat ruang tamu yang sejuk yang telah menjadi pilihan banyak orang. Warna abu sendiri memiliki kesan elegan dan modern yang dapat membuat suasana ruang tamu tidak hanya sejuk namun juga berkelas.

Walaupun tidak kalah populer dengan warna putih, warna abu tidaklah senetral warna putih. Hal ini membuat Anda harus berhati-hati saat hendak mengkombinasikan warna abu dengan warna cat ruang tamu lainnya. Idealnya, Anda menggabungkan warna-warna cat ruang tamu yang lembut lainnya untuk menjaga keseimbangan dalam ruang tamu.

Baca Juga: Ini 10 Ide Perpaduan Warna Cat Rumah agar Telihat Lebih Fresh

Itulah dia beberapa warna cat ruang tamu yang sejuk yang dapat Anda jadikan inspirasi. Sebelum memilih warna cat ruang tamu, Anda sebaiknya telah memiliki gambaran tentang perasaan atau suasana apa yang hendak Anda tampilkan di ruang tamu rumah Anda. Pilihan kombinasi warna cat ruang tamu yang Anda pilih akan sangat membantu Anda untuk menampilkan kesan yang ingin Anda tampilkan.

Bagaimana, sudahkah Anda menentukan warna cat ruang tamu yang sejuk untuk rumah Anda? Untuk membeli cat tembok terbaik dengan harga yang pas dan ramah lingkungan, Anda bisa memilih dan membelinya di Klopmart. Ada berbagai macam merek cat yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

Cek harga klik disini


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
20 Feb 2020

Related Article