4 Cara Sederhana Menghilangkan Bau Apek Pada Sofa yang Ampuh

Bau apek merupakan salah satu masalah yang sering tercium pada sofa khususnya yang terbuat dari bahan kain. Bau apek atau tidak sedap pada sofa kain ini disebabkan oleh beberapa faktor antara lain jamur dan bakteri akibat debu, udara yang lembab, dan dari keringat kita yang menempel. Bisa juga karena tumpahan kotoran dari makanan atau minuman yang telah lama mengendap atau dari bau hewan peliharaan kita yang tidur di atas sofa tersebut. Selain itu bau tidak sedap pada sofa bisa timbul karena sofa tersebut lama tidak digunakan.
 

Menghilangkan Bau Apek Pada Sofa

Berikut ini ada beberapa cara untuk menghilangkan bau apek atau tidak sedap yang menempel pada sofa kain sebagai berikut:
 

1. Menjemur Sofa

Cara paling sederhana dan mudah hilangkan bau adalah dengan menjemur sofa kain di bawah sinar matahari untuk menghilangkan kuman dan bakteri yang menempel di permukaan sofa. Tetapi bila bau pada sofa benar-benar menyengat, maka kita harus membersihkan lapisan sofa kain tersebut dengan sabun mandi. Jika kain lapisan sofa bisa dilepas maka akan lebih mudah untuk dibersihkan, cukup rendam dengan sabun deterjen selama setengah jam kemudian cuci, bilas dan jemur hingga kering.


 

2. Gunakan Baking Soda

Baking soda dapat menyerap dan menghilangkan bau secara alami. Taburkan baking soda secara merata ke atas permukaan sofa kain. Diamkan selama beberapa jam kemudian bersihkan sofa menggunakan alat penyedot debu (vacuum cleaner).
 

3. Cuka atau Air Jeruk Lemon

Cuka atau air jeruk lemon merupakan salah satu cara alami menghilangkan bau tidak sedap. Campurkan cuka dengan air biasa (perbandingan 1:1) atau air jeruk lemon dengan air biasa (perbandingan 1:5) ke dalam botol semprot. Setelah itu semprotkan cairan cuka atau cairan jeruk lemon tersebut pada sofa kain hingga permukaan sofa lembab (jangan sampai basah) dan biarkan mengering secara alami.


4. Sisipkan Kayu/Akar Wangi atau Biji Kopi

Sebagai pewangi alami, sisipkan potongan kayu dan akar wangi atau biji kopi disela-sela sofa kain untuk menghilangkan bau tidak sedap sekaligus membuat udara terasa segar. Jadi, jangan buru-buru membuang sofa kain yang sudah berbau apek atau tidak sedap. Cobalah beberapa cara tersebut diatas untuk menghilangkan bau pada sofa kain. Semoga berhasil. 


Bau apek pada sofa, terutama yang terbuat dari bahan kain, seringkali menjadi masalah yang mengganggu. Bau tersebut dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti jamur dan bakteri akibat debu, udara lembab, tumpahan makanan atau minuman yang telah lama mengendap, serta keringat atau bau hewan peliharaan yang menempel pada sofa.

Sofa yang jarang digunakan juga dapat menjadi sumber bau tidak sedap. Untuk mengatasi masalah ini, beberapa cara sederhana dapat dilakukan, seperti menjemur sofa di bawah sinar matahari untuk membunuh kuman dan bakteri, membersihkan dengan sabun mandi jika bau sangat menyengat, menggunakan baking soda untuk menyerap bau secara alami, mengaplikasikan cuka atau air jeruk lemon dengan air untuk menghilangkan bau, serta menyisipkan potongan kayu atau biji kopi sebagai pewangi alami. Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, diharapkan sofa kain yang berbau apek dapat kembali segar dan nyaman digunakan.

Baca juga: Membersihkan Furnitur Sesudah Kebanjiran

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya