7 Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan Agar Terlihat Menarik

Apakah Anda memiliki rencana untuk melakukan renovasi rumah subsidi bagian depan? Namun masih bingung perubahan seperti apa yang akan dilakukan? Jika begitu, mungkin beberapa ide di dalam artikel ini akan bisa membantu Anda.

Namun, sebelum membahas ide menarik untuk merenovasi rumah subsidi bagian depan Anda, ada baiknya Anda juga mengetahui kondisi seperti apa yang membuat rumah subsidi tidak boleh direnovasi.

Renovasi Rumah Subsidi yang Tidak Diperbolehkan

Adapun rumah subsidi tidak boleh untuk dilakukan proses renovasi pada kondisi sebagai berikut:

1. Mengubah Fasad Rumah

Jangan pernah mengubah desain fasad rumah subsidi meskipun ingin tampilan depan rumah yang berbeda dari rumah lainnya. Pasalnya, spesifikasi fasad rumah subsidi ini telah diatur dalam peraturan perundang-undangan.

2. Belum Melewati Tahun ke 5

Berdasarkan peraturan, renovasi rumah subsidi secara besar-besaran hanya boleh dilakukan jika debitur sudah menjalani kredit lima tahun ke atas.

Jadi, semua renovasi dan perbaikan rumah subsidi hanya boleh Anda lakukan apabila telah melewati batas waktu masa kredit

3. Menambah Jumlah Lantai

Menambah lantai bangunan pada rumah subside diizinkan hanya jika masa kredit debitur telah mencapai kurang lebih 5 tahun jalan.

Baca juga: Cara Renovasi Menjadi Dua Lantai Tanpa Membongkar Bangunan Awal

4. Menambah Luas Bangunan

Anda hanya boleh melakukan renovasi rumah subsidi untuk melakukan perluasan luas bangunan menjadi 30 sampai dengan 32m2 tergantung denah rumah subsidi yang Anda beli.

Walaupun rumah subsidi ini tidak terlalu luas dan sudah dibatasi pemerintah dengan ukuran 32m2, namun bukan berarti Anda tidak bisa menyulapnya menjadi lebih indah. Yuk simak berbagai macam ide di bawah ini untuk menjadikan bagian dari depan rumah Anda menarik dan enak untuk dipandang.

Ide Renovasi Rumah Subsidi Bagian Depan

Ada banyak hal yang bisa dilakukan agar halaman depan rumah yang terbatas tetap terlihat menarik dan estetik. Beberapa diantaranya juga bisa dikerjakan dengan mudah. Inilah berbagai macam ide untuk merenovasi rumah subsidi Anda menjadi lebih bagus dan menarik.

1. Membangun Pagar

Ide renovasi rumah subsidi bagian depan yang pertama adalah membangun pagar. Rata-rata rumah bersubsidi dibangun oleh pengembang tanpa pagar rumah.

Jangan takut untuk membuat pagar karena masih diperbolehkan berdasarkan peraturan pemerintah, selama Anda tidak mengubah tampilan bangunan rumah subsidi Anda. Sebagai informasi tambahan yang tidak boleh Anda lakukan sesuai aturan adalah memperluas lahan karena telah aturannya menyebutkan bahwa rumah bersubsidi tidak boleh memiliki luas tanah melebihi 200 meter persegi.

Jadi, untuk merenovasi rumah subsidi Anda dapat membangun pagar ya.

Baca juga: 3 Aksesoris Pagar Besi Hollow Untuk Mempercantik Pagar

2. Modifikasi Pagar Agar Terlihat Minimalis

Masih seputar pagar, renovasi rumah subsidi akan terlihat makin menarik dengan memodifikasi pagarnya. Untuk ukuran rumah subsidi, pagar yang terlalu tinggi bisa membuat kesan yang terlalu tertutup pada rumah.

Anda dapat menggunakan pagar dengan ketinggian setengah untuk memberikan kesan minimalis pada keseluruhan rumah. 

Selain memberikan ruang privasi pada rumah, pagar ini juga bisa menjadi sebuah pengamanan ekstra selain penjagaan pada perumahan cluster yang sering dijadikan lokasi dari rumah subsidi.

Jika ingin modifikasi lebih lanjut, Anda bisa memilih model pagar yang beragam. Mulai dari model yang lurus, diagonal, atau yang berornamen unik. Tambahan elemen kayu atau kuningan juga bisa semakin mempercantik tampilan depan dari hunian Anda.

Baca juga: Cara Renovasi Menjadi Dua Lantai Tanpa Membongkar Bangunan Awal

3. Percantik Teras dengan Berbagai Macam Tanaman

Setelah membangun pagar, ide renovasi rumah subsidi bagian depan selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan sisa lahan kosong. Anda bisa menciptakan sebuah ruang yang bisa diisi dengan berbagai macam hal. Salah satunya adalah tanaman hidup yang hijau dan juga unik. 

Ciptakan taman kecil dengan berbagai macam tanaman favorit. Area yang bisa ditempati tanaman tidak hanya pada lantai saja. Anda bisa menggantung tanaman atau menggunakan tanaman rambat pada dinding-dinding rumah.

Menempatkan tanaman di teras rumah subsidi Anda tentu bisa memberikan nuansa hijau yang segar untuk dilihat.

4. Mari Membuat Kebun Kecil

Ide renovasi rumah subsidi selanjutnya adalah membuat kebun kecil. Selain menggunakan tanaman yang ada di dalam pot, Anda juga bisa membuat taman kecil sebagai opsi memperindah tampilan depan rumah. Bisa dilakukan pada bagian dalam, ataupun bagian luar.

Untuk taman yang ada di luar, haruslah mengikuti aturan. Anda bisa menanam tanaman hias yang cocok di rumah. Berikan juga aksesoris tambahan seperti lampu taman kecil atau ornamen-ornamen lainnya yang bisa semakin memperbagus bagian depan dari rumah subsidi Anda.

5. Tambahkan Kanopi

Kanopi bisa menjadi ide renovasi rumah subsidi bagian depan Anda. Kanopi yang berfungsi untuk melindungi bagian depan rumah dari hujan dan panas matahari juga bisa menjadi elemen yang bisa mempercantik bagian depan rumah Anda.

Ada banyak pilihan bahan baku yang bisa digunakan untuk rumah subsidi Anda. Tinggal disesuaikan dengan keinginan dan selera Anda saja. Rumah terlihat lebih cantik, kendaraan yang terparkir juga semakin aman dari cuaca.

Baca Juga: Cara Membuat Kanopi dari Besi Hollow Supaya Hemat!

Berapa Biaya Renovasi Rumah Subsidi?

Jika Anda bertanya berapa biaya untuk renovasi rumah bersubsidi? tentu saja jawabannya akan beragam. Semua tergantung pemilihan material yang akan Anda gunakan.

Sebagai contoh, Anda ingin membuat pagar besi rumah maka Anda perlu menghitung kebutuhan pagar terlebih dahulu. Anda bisa menemukan caranya melalui artikel berikut ini "Cara Menghitung Harga Pagar Besi per Meter dengan Mudah".

Ada baiknya Anda juga menyiapkan RAB (Rencana Anggaran Biaya) agar Anda dapat memperkirakan estimasi biaya total yang dibutuhkan dalam renovasi rumah subsidi.

Baca juga: Biaya Renovasi Rumah per Meter

Itualah beberapa ide renovasi bagian depan dari rumah subsidi Anda. Semoga hal ini bisa menjadi inspirasi untuk mendapatkan hunian impian. Gunakan Floor Screed sebagai bahan dasar untuk renovasi rumah Anda. Apakah ada ide lainnya untuk renovasi rumah subsidi bagian depan?

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya