Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu dengan Tema Scandinavian

Sedang bingung menentukan warna cat ruang tamu? Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang penting di rumah. Letak ruang tamu yang berada di muka membuat ruangan ini seolah mewakili keseluruhan bangunan rumah Anda. Bisa dibilang, kesan pertama tamu terhadap rumah Anda ditentukan oleh ruang tamu. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat menentukan warna cat ruang tamu.     

Jika Anda memang masih kebingungan mengecat ruang tamu, tema Scandinavian bisa dicoba. Tema Scandinavian dikenal sebagai tema interior rumah yang terkesan minimalis dan simpel. Tema seperti ini sangat mudah ditemukan di rumah-rumah di daerah Nordik (Swedia, Denmark, dan lain-lain). Berikut ini inspirasi warna cat ruang tamu dengan tema Scandinavian.

Putih nan bersih

Ide utama dari tema Scandinavian adalah simpel dan minimalis. Gaya Scandinavian cenderung tidak melakukan kombinasi warna yang mencolok. Jika bisa, warna yang digunakan cukup satu saja. Berangkat dari ide ini maka Anda bisa memilih warna yang paling netral dari seluruh jenis warna yang ada: putih.

Warna putih sangat cocok untuk Scandinavian. Putih menimbulkan kesan yang simpel, sederhana, namun tetap terlihat elegan. Jangan takut ruang tamu Anda akan terlihat monoton jika menggunakan warna putih. Coba hiasi dinding ruang tamu Anda dengan lukisan berwarna. Anda juga bisa memilih perabot dengan warna lain seperti coklat atau abu-abu. Hindari memilih warna yang terlalu kuat seperti merah terang karena bisa merusak keseimbangan ruang.

Hangat dan tenang dengan warna tanah

Warna-warna yang ada pada palet tanah memang sangat cocok untuk digunakan sebagai cat rumah. Selain tidak terlalu mencolok, warna tanah juga menimbulkan kesan yang hangat dan nyaman. Ternyata, kelompok warna ini juga bisa diterapkan pada ruang tamu dengan tema interior Scandinavian.

Kuncinya adalah memilih warna yang lembut untuk menyesuaikan konsep utama Scandinavian: simpel dan minimalis. Anda bisa memilih warna pasir, warna almond, krem, soft pink, hingga muted peach. Warna-warna seperti ini bukan hanya sejalan dengan tema Scandinavian tetapi juga mudah dikombinasikan dengan warna lain yang lebih dominan. Anda bisa menggunakan warna dominan tersebut pada perabot atau hiasan dinding.

Inspirasi dari alam

Selain warna-warna tanah, Anda juga bisa menggunakan warna yang identik dengan alam. Salah satu warna alam yang bisa digunakan untuk tema Scandinavian adalah warna hijau, tepatnya tone lush green atau yang senada. Warna hijau seperti lush green tidak terlalu mencolok namun tetap berkarakter. Jika Anda bisa memadukannya dengan perabot atau lantai yang tepat, kombinasi ini akan terlihat begitu menarik.

Anda bisa mengecat dinding dengan warna lush green. Untuk perabot, Anda bisa memilih warna hijau yang lebih gelap untuk sofa atau kursi. Gunakan meja yang terbuat dari kayu untuk menghadirkan kesan natural dan sederhana. Anda juga bisa menghias dinding dengan lukisan alam yang minimalis. Terakhir, lengkapi dengan jendela kaca besar karena tema Scandinavian sangat mengandalkan pencahayaan alami.                

Tema Scandinavian memang sangat cocok untuk rumah modern. Bagi Anda yang menyukai rumah minimalis dan terkesan lapang, tema Scandinavian ini sangat pas. Tiga pilihan warna di atas bisa Anda gunakan untuk mewarnai ruang tamu bertema Scandinavian. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah tema Scandinavian selalu minimalis dan simpel, maka hindarilah kombinasi warna yang mencolok dan sebisa mungkin jangan meletakkan terlalu banyak perabot.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
08 Okt 2019

Related Article