Konstruksi

Inspirasi Warna Cat Ruang Tamu dengan Tema Scandinavian

Media
08 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Sedang bingung menentukan warna cat ruang tamu? Ruang tamu adalah salah satu ruangan yang penting di rumah. Letak ruang tamu yang berada di muka membuat ruangan ini seolah mewakili keseluruhan bangunan rumah Anda. Bisa dibilang, kesan pertama tamu terhadap rumah Anda ditentukan oleh ruang tamu. Untuk itu, Anda harus berhati-hati saat menentukan warna cat ruang tamu.

Jika Anda memang masih kebingungan mengecat ruang tamu, tema Scandinavian bisa dicoba. Tema Scandinavian dikenal sebagai tema interior rumah yang terkesan minimalis dan simpel. Tema seperti ini sangat mudah ditemukan di rumah-rumah di daerah Nordik (Swedia, Denmark, dan lain-lain). Berikut ini inspirasi warna cat ruang tamu dengan tema Scandinavian.

Mengenal Gaya Rumah Scandinavian

Sebelum membahas inspirasi ruang tamu dengan gaya Skandinavia, ada baiknya Anda mengetahui apa yang dimaksud dengan gaya Scandinavian. Dari namanya, gaya Skandinavia adalah gaya yang mencoba mengaplikasikan desain-desain rumah di negara Skandinavia, seperti Denmark, Swedia, dan Norwegia.

Secara lebih spesifik, rumah bergaya Skandinavia memiliki beberapa ciri. Misalnya, rumah bergaya umumnya menggunakan warna-warna netral dan terang, seperti putih. Lalu, desain interior rumah bergaya skandinavia juga didominasi oleh penggunaan material kayu, baik dari perabotan hingga dekorasi.

Baca juga: 5 Jenis Kayu Olahan Untuk Furniture yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

Ciri yang paling mencolok dari desain rumah satu ini adalah penggunaan jendela yang sangat besar. Hal ini ditujukan agar ruang-ruang seperti ruang keluarga dan juga dapur dapat mendapatkan cahaya alami sehingga dapat menimbulkan kesan hangat di pagi hari.

Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu Scandinavian

Pemilihan warna merupakan salah satu langkah penting dalam membangun ruang tamu bergaya skandinavia. Yang harus diperhatikan adalah gaya skandinavia condong ke arah netral dan terang. Berikut adalah beberapa rekomendasi warna cat ruang tamu skandinavia yang dapat Anda coba.

1. Putih nan Bersih

Ide utama dari tema Scandinavian adalah simpel dan minimalis. Gaya Scandinavian cenderung menggunakan warna-warna monokrom dan netral. Jika bisa, warna yang digunakan cukup satu saja. Berangkat dari ide ini maka Anda bisa memilih warna yang paling netral dari seluruh jenis warna yang ada: putih.

Warna putih sangat cocok untuk Scandinavian. Putih menimbulkan kesan yang simpel, sederhana, namun tetap terlihat elegan. Jangan takut ruang tamu Anda akan terlihat monoton jika menggunakan warna putih.

Coba hiasi dinding ruang tamu Anda dengan lukisan berwarna. Anda juga bisa memilih perabot dengan warna lain seperti coklat atau abu-abu. Hindari memilih warna yang terlalu kuat seperti merah terang karena bisa merusak keseimbangan ruang.

Baca juga: 5 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu Yang Sejuk

2. Hangat dan Tenanng Dengan Warna Tanah

Warna-warna yang ada pada palet tanah memang sangat cocok untuk digunakan sebagai cat rumah. Selain tidak terlalu mencolok, warna tanah juga menimbulkan kesan yang hangat dan nyaman. Ternyata, kelompok warna ini juga bisa diterapkan pada ruang tamu dengan tema interior Scandinavian.

Kuncinya adalah memilih warna yang lembut untuk menyesuaikan konsep utama Scandinavian: simpel dan minimalis. Anda bisa memilih warna pasir, warna almond, krem, soft pink, hingga muted peach. Warna-warna seperti ini bukan hanya sejalan dengan tema Scandinavian tetapi juga mudah dikombinasikan dengan warna lain yang lebih dominan. Anda bisa menggunakan warna dominan tersebut pada perabot atau hiasan dinding.

3. Inspirasi dari Alam

Selain warna-warna tanah, Anda juga bisa menggunakan warna yang identik dengan alam. Salah satu warna alam yang bisa digunakan untuk tema Scandinavian adalah warna hijau, tepatnya tone lush green atau yang senada. Warna hijau seperti lush green tidak terlalu mencolok namun tetap berkarakter. Jika Anda bisa memadukannya dengan perabot atau lantai yang tepat, kombinasi ini akan terlihat begitu menarik.

Anda bisa mengecat dinding dengan warna lush green. Untuk furnitur, Anda bisa memilih warna hijau yang lebih gelap untuk sofa atau kursi. Gunakan meja yang terbuat dari kayu untuk menghadirkan kesan natural dan sederhana.

Anda juga bisa menghias dinding dengan lukisan alam yang minimalis. Terakhir, lengkapi dengan jendela kaca besar karena tema Scandinavian sangat mengandalkan pencahayaan alami.

Itulah dia beberapa rekomendasi warna cat untuk ruang tamu scandinavian. Tema Scandinavian memang sangat cocok untuk rumah modern. Bagi Anda yang menyukai rumah minimalis dan terkesan lapang, tema Scandinavian ini sangat pas.

Tiga pilihan warna di atas bisa Anda gunakan untuk mewarnai ruang tamu bertema Scandinavian. Satu hal yang perlu Anda ingat adalah tema Scandinavian selalu minimalis dan simpel, maka hindarilah kombinasi warna yang mencolok dan sebisa mungkin jangan meletakkan terlalu banyak perabot.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya