Home & Living

Yuk, Intip Kombinasi Cat Rumah yang Bisa Menjadikan Suasana Lebih Hidup!

Media
25 Sep 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Suasana rumah terasa membosankan? Mungkin Anda sebaiknya mempertimbangkan untuk mengecat kembali rumah. Dengan kombinasi cat rumah yang tepat, suasana tempat tinggal Anda bisa menjadi lebih hidup dalam sekejap. Bingung kombinasi warna seperti apa yang harus digunakan? Berikut beberapa inspirasi kombinasi cat rumah yang bisa Anda coba.

Kombinasi palet warna tanah

Jika Anda ingin membangkitkan suasana yang hangat di rumah, maka kombinasi palet warna tanah bisa dicoba. Palet warna tanah ini biasanya terdiri atas warna-warna dengan tone “hangat” seperti coklat, krem, merah, jingga, dan kuning. Kombinasi cat rumah seperti ini cocok untuk ruangan yang memiliki banyak perabot dari kayu.

Agar kombinasi cat seperti ini tidak mencolok warna, Anda bisa mengombinasikannya dengan warna netral seperti putih. Penggunaan warna netral ini tidak perlu terlalu banyak, Anda cukup memberikan sedikit aksen garis putih pada warna coklat. Cara lain adalah mengombinasikan warna yang lebih gelap dengan terang, misalnya jingga dengan kuning lembut.

Berani dengan hitam

Warna hitam adalah salah satu jenis warna yang paling sering dihindari saat mengecat rumah. Ada banyak pertimbangan mengapa warna hitam sering dihindari, alasan yang paling sering disebutkan adalah warna hitam bisa menimbulkan kesan suram. Selain itu, warna hitam juga lebih cepat menyerap panas sehingga dikhawatirkan bisa membuat suhu ruang meningkat.

Namun ternyata jika kombinasi warnanya tepat, warna hitam justru bisa membuat suasana rumah lebih hidup. Tema monokrom misalnya. Tema warna ini hanya menggunakan dua warna, yakni warna hitam dan putih. Warna hitam bisa dipakai sebagai warna dinding dan warna putih untuk seluruh perabotnya.

Anda juga bisa menjadikan dinding berwarna hitam sebagai “papan tulis” besar. Gunakan cat tembok khusus dengan hasil akhir matte. Dengan begitu dinding bisa berubah menjadi sebuah “papan tulis”, cocok untuk ruang bermain anak atau bahkan ruang kerja.

Kombinasi berpola

Biasanya, untuk menampilkan kombinasi warna orang cenderung bermain aman. Kombinasi warna ditampilkan dengan membedakan warna untuk masing-masing dinding. Padahal, Anda juga bisa menghadirkan kombinasi warna cat pada satu dinding saja. Kuncinya terletak pada permainan pola saja.

Anda bisa memilih pola triangular atau segitiga. Bagi dinding persegi Anda menjadi beberapa bagian dalam bentuk segitiga. Masing-masing segitiga kemudian diberi warna yang berbeda-beda. Warna yang digunakan tidak harus senada, Anda bisa juga bisa melakukan tabrak warna. Misalnya dinding dibagi menjadi empat buah segitiga. Segitiga pertama berwarna biru gelap, segitiga kedua biru muda, segitiga ketiga abu-abu, dan segitiga terakhir berwarna kuning.

Kombinasi palet warna alam

Alam bisa menjadi inspirasi yang menakjubkan untuk cat rumah Anda. Kombinasi warna-warna alam baik untuk digunakan di rumah karena mampu menghadirkan atmosfer yang menenangkan. Salah satu kombinasi cat rumah yang menggunakan palet warna alam adalah kombinasi warna hijau.

Warna hijau ada banyak sekali jenisnya. Ada yang cenderung lembut, tapi ada juga yang terlihat dominan. Untuk menghasilkan kombinasi yang indah, Anda dapat mengombinasikan warna hijau yang cenderung lembut seperti hijau pastel dengan warna hijau yang lebih dominan. Cara lain adalah mengombinasikan warna hijau dengan warna lain yang soft seperti krem.

Nah, itu dia beberapa inspirasi kombinasi warna cat rumah. Pada intinya, mengombinasikan warna cat rumah tidak memiliki “pakem” tertentu karena tidak ada yang benar dan salah. Anda tinggal menyesuaikan dengan fungsi ruang serta selera pribadi. Selamat mencoba!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya