5 Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Cat Mengelupas

Bagaimana cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas? Kedua masalah ini menjadi satu kesatuan yang membuat penampilan tembok rumah Anda menjadi tidak sedap dipandang. Bahkan bisa merusak bagian lainnya serta membuat kotor. Ingin tahu bagaimana cara mengatasi masalah ini? Simak rangkumannya di bawah ini.
 

1. Cara Mengatasi Tembok Lembab dan Cat Mengelupas dengan Cek Atap Rumah

Cara pertama dan wajib untuk dilakukan sebagai langkah awal adalah mengecek atap rumah Anda. Biasanya di bagian dinding yang lembab, ada kebocoran atap sehingga bisa merembes masuk ke dalam tembok. Inilah yang membuat tembok menjadi lembab sehingga lama kelamaan cat pasti mengelupas juga. 

Kalau memang sudah terbukti ada kebocoran pada bagian atap, jangan dibiarkan begitu saja. Selain pasti akan terus bocor ketika hujan datang, tembok Anda akan semakin rusak. Sebaiknya segera perbaiki atap yang bocor. Jangan lakukan langkah ini sendiri. Lebih disarankan memanggil tukang yang sudah ahli agar pekerjaan berjalan lancar dengan hasil maksimal.
 

2. Buat Sirkulasi Udara

Selain masalah bocor, kurangnya sirkulasi udara di dalam satu ruangan dapat membuat cat tembok menjadi rusak. Kerusakan yang muncul biasanya berjamur. Apalagi ditambah tembok yang lembab. Hanya tinggal menunggu saja jamur muncul di tembok tersebut.

Anda sebaiknya perhatikan bagaimana sirkulasi udara setiap ruangan. Jika memang ruangan sedang tidak digunakan, jangan ragu untuk membuka pintunya dalam waktu beberapa jam agar ada pergantian udara yang maksimal.
 

3. Membersihkan Cat Terkelupas

Cara selanjutnya untuk membuat penampilan tembok kembali sempurna adalah membersihkan cat yang terkelupas. Anda bisa membersihkannya dengan cairan paint remover. Cairan ini sangat bagus untuk menjadi langkah awal dalam pengecatan ulang serta pembersihan tembok. 

Kandungan kimia yang ada di dalam paint remover mampu merontokkan sisa cat lama sehingga Anda dapat menggantinya dengan cat baru. Jika sudah memberikan paint remover, langsung sikat dengan kasat agar pengelupasan bisa terjadi secara optimal.

Ingat, tetap jaga diri dengan menggunakan sarung tangan dan masker dalam proses membersihkan cat terkelupas menggunakan paint remover.
 

4. Amplas Dinding

Untuk dapat kembali melakukan pengecatan ulang, Anda perlu mengamplas dinding terlebih dahulu. Biasanya, dinding yang menjadi bekas bagian cat terkelupas memiliki permukaan kasar. Agar kembali halus, amplas secara terus menerus hingga mendapatkan hasil yang diinginkan. 

Bagaimana jika ada dinding yang bolong? Tambahkan sedikit semen putih untuk menambal bagian tersebut. Semen putih memiliki proses pengeringan yang lebih cepat ketika digunakan. Oleh karena itu, gunakan semen putih agar bisa langsung menuju ke tahap terakhir.

5. Cat Dinding dengan Cat Waterproof

Ya, cara terakhir dalam cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas adalah menggunakan cat waterproof. Cat ini bisa Anda gunakan sebagai lapisan dasar agar kualitas ketahanan dinding lebih baik. Tidak jadi mudah lembab dan mengelupas. Selain itu dapat menjauhkan ancaman jamur juga.

Jika sudah memberikan cat waterproof, Anda baru dapat menambahkan cat warna lain sesuai keinginan. Mudah, bukan?

Untuk pemilihan cat waterproof sendiri, sebaiknya jangan sembarangan. Anda harus menggunakan cat waterproof dengan kualitas terbaik dan sudah terbukti hasil kerjanya. Klopmart memberikan rekomendasi No Drop sebagai cat pelapis anti bocor dengan teknologi waterproof terdepan. Anda dapat langsung membeli No Drop dari berbagai ukuran bersama Klopmart. Dengan informasi cara mengatasi tembok lembab dan cat mengelupas, cek harga cat No Drop di Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
26 Mar 2021

Related Article