Atap & Lantai

10 Jenis Lantai Rumah yang Menarik untuk Anda Terapkan di Tahun 2024

Media
20 Des 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Lantai salah satu bagian dasar dari sebuah rumah yang menjadi tempat kita berpijak, meletakkan barang dan beraktivitas. Selain itu lantai juga berfungsi untuk memperindah dan membentuk karakter sebuah ruangan. Penting bagi kita untuk menentukan, memilih, dan memasang lantai yang sesuai dengan fungsi, kebutuhan, selera, dan anggaran kita.

Agar kita salah dalam memilih, sebaiknya kita mengetahui jenis material lantai apa saja yang cocok digunakan dalam rumah kita.


Apa Saja Jenis Lantai Rumah yang Dapat Anda Gunakan?

Berikut ini pilihan material lantai untuk lantai rumah:

1. Lantai Keramik

Lantai Keramik - Jenis Lantai Rumah Terbaik

Jenis lantai yang paling umum digunakan karena selain kuat, dan tahan lama, keramik memiliki banyak variasi dan warna, selain itu mudah dalam perawatannya. Keramik sangat cocok digunakan di kamar mandi, ruang cuci baju, dan dapur.

Baca Juga: 9 Jenis Keramik yang Paling Sering Dipakai pada Bangunan

2. Lantai Marmer dan Granit

Jika Anda sedang mencari material lantai yang menawarkan kesan elegan dan mewah, maka lantai granit dan marmer dapat menjadi pilihan Anda.

Keduanya merupakan material lantai batu alam. Hal ini membuat keduanya sudah dipastikan memiliki kekuatan dan daya tahan yang tinggi.

Walaupun begitu, keduanya memiliki kelemahan yang harus Anda pertimbangkan sebelum memilihnya. Salah satu kelemahan terbesarnya adalah pori-pori. Baik lantai marmer dan granit memiliki pori-pori yang besar yang membuatnya mudah menyerap noda dan air. Jika tidak sering dibersihkan warna cerah dan indah dari kedua jenis material ini akan bisa berubah.

Jika Anda berencana menggunakan material ini di tempat yang sering terkena air, seperti kamar mandi, maka ada baiknya Anda menggunakan jenis marmer, sementara Anda bisa menggunakan batu granit sebagai dinding.

3. Lantai Parket


Material lantai yang terbuat dari kayu, serbuk kayu ataupun bahan sintetis bermotif kayu. Lantai parket digemari karena memiliki nilai estetika, memberi kesan nyaman dan hangat. Namun meski banyak kelebihan dan menjadi pilihan banyak orang, Anda tetap perlu memperhatikan cara membersihkan lantai parket kayu dan perawatannya agar awet dan tahan lama. Secara umum, ada tiga jenis lantai parket:

  • Parket kayu solid yang terbuat dari kayu solid yang dipotong dan dibelah dengan ukuran tertentu

  • Parket laminating flooring yang terbuat dari bahan dasar serbuk kayu

  • Parket sintetis yang terbuat dari biji plastik yang diproses membentuk serat dan motif kayu

 4. Lantai Tegel

Material lantai yang sering kita temui pada rumah zaman dulu. Saat ini tegel sering digunakan sebagai bahan alternatif untuk memberikan nuansa vintage, retro dan etnik pada ruangan.

Baca Juga: Ikuti Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah di Aci Berikut Ini

5. Lantai Teraso


Material yang terbuat dari semen dan pasir, dan pada bagian atasnya dilapisi bahan keras yang terdiri atas pecahan granit, marmer, kaca atau batu yang diproses dengan mencampur bahan kemudian dicetak dan dibakar. Mirip dengan tegel, teraso saat ini digunakan sebagai material lantai yang memberi tampilan vintage dan antik.

6. Lantai Batu Alam

Lantai berbahan batu umumnya digunakan untuk bagian luar rumah atau outdoor. Material lantai ini awet dan kuat, memberikan kesan natural dan alami serta tidak memerlukan perawatan khusus.

7. Lantai Vinyl

Lantai Vinyl

Material lantai vinyl cukup popular sebagai alternatif material lantai terutama jika kita memiliki dana yang terbatas. Vinyl berbahan sintetis dan biasanya berbentuk lembaran. Permukaan lantai vinyl lebih halus dibandingkan lantai parket dan sisi bawahnya diberi lapisan perekat dan gabus sehingga saat dipijak terasa nyaman dan fleksibel. Pemasangan lantai vinyl sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

Baca Juga: Kelebihan dan Kekurangan Lantai Vinyl

8.  Lantai Acian Polos

Material lantai sering dijumpai pada toko, rumah tinggal, café atau resto.bergaya industrialis karena memberi kesan natural dan industrial. Meski hanya berupa acian polos, material lanta ini bisa menampilkan gaya modern sekaligus elegan. Perawatan lantai acian ini juga cukup praktis.

9. Lantai Karpet

Lantai karpet mungkin adalah salah satu jenis lantai yang beberapa dari Anda jarang dengar. Jenis lantai ini merupakan pilihan ideal bagi Anda yang ingin memberi kehangatan dan kenyamanan saat melangkah di sebuah ruangan.

Jenis material lantai satu ini juga cukup relatif mudah dalam segi pemasangan. Selain itu, harga jenis lantai rumah ini juga terjangkau yang membuatnya menjadi pilihan banyak orang.

Namun, sebagaimana karpet pada umumnya, jenis lantai rumah ini memiliki kelemahan dalam hal penyerapan air. Material lantai ini memiliki sifat menyerap air yang sangat kuat, yang merupakan sifat yang tidak Anda inginkan dari lantai rumah Anda. Mengapa? Karena hal tersebut akan membuat lantai sulit dibersihkan ketika terkena air atau noda dalam bentuk air.

Hal ini membuat jenis lantai rumah ini menjadi salah satu jenis material lantai yang membutuhkan perawatan yang sulit dan bahkan juga memakan banyak biaya.


10. Lantai Kayu


Jika Anda mencari lantai rumah yang menawarkan kesan alami, maka jenis lantai kayu adalah pilihan yang tepat untuk Anda. Lantai kayu memiliki banyak jenis dari bahan pembuatnya, tetapi umumnya Anda dapat menemukan 4 jenis di pasaran; jati, merbauk, oak, dan sonokeling.

Jenis lantai terbaik yang terakhir ini menawarkan berbagai macam kelebihan. Dari segi daya tahan, lantai kayu adalah salah satu jenis lantai yang cukup kuat. Lalu, lantai kayu juga dikenal tahan air yang membuatnya mudah dibersihkan ketika terkena air atau terkena noda dalam bentuk air.

Tetapi, jenis lantai rumah ini juga memiliki beberapa kekurangan yang harus Anda jadikan pertimbangan. Salah satu kekurangan lantai rumah satu ini adalah benda panas. Ketika lantai kayu menahan atau berkontak dengan benda panas dengan cukup lama, maka hal tersebut akan meninggalkan bekas yang cukup permanen. Lalu, material lantai rumah ini juga relatif cukup sulit dipasang.

Itulah dia beberapa material lantai yang dapat Anda pertimbangkan untuk memilih jenis lantai rumah Anda. Material lantai tidak hanya terbatas pada lantai keramik. Anda bisa menemukan berbagai jenis material lantai seperti lantai karpet, batu alam, kayu, teraso, dan lain-lain. Jenis lantai yang Anda pilih akan bergantung pada kesan atau sifat yang Anda inginkan.

Untuk membantu Anda memasang material lantai yang Anda inginkan, pastikan Anda menggunakan perekat ubin. Klopmart menyediakan berbagai bahan yang Anda butuhkan untuk merawat rumah Anda. Kunjungi Klopmart sekarang juga!

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya