Download Klopmart App

Pusat Bantuan

PILIHAN MATERIAL LANTAI UNTUK RUMAH ANDA

Lantai salah satu bagian dasar dari sebuah rumah yang menjadi tempat kita berpijak, meletakkan barang dan beraktivitas. Selain itu lantai juga berfungsi untuk memperindah dan membentuk karakter sebuah ruangan. Penting bagi kita untuk menentukan, memilih, dan memasang lantai yang sesuai dengan fungsi, kebutuhan, selera, dan anggaran kita. Agar kita salah dalam memilih, sebaiknya kita mengetahui jenis material lantai apa saja yang cocok digunakan dalam rumah kita. Berikut ini pilihan material lantai untuk lantai rumah:

 

 

Keramik

Material lantai yang paling umum digunakan karena selain kuat, dan tahan lama, keramik memiliki banyak variasi dan warna, selain itu mudah dalam perawatannya. Keramik sangat cocok digunakan di kamar mandi, ruang cuci baju, dan dapur.

 

Marmer dan Granit

Material lantai yang memberi kesan mewah dan elegan. Marmer dan granit terbuat dari batu alam asli yang tahan lama dan kuat serta memiliki corak dan warna yang alami. (baca selengkapnya di Marmer & Granit)

 

 

Parket

Material lantai yang terbuat dari kayu, serbuk kayu ataupun bahan sintesis bermotif kayu. Lantai parket digemari karena memiliki nilai estetika, memberi kesan nyaman dan hangat. Secara umum, ada tiga jenis lantai parket:

  • Parket kayu solid yang terbuat dari kayu solid yang dipotong dan dibelah dengan ukuran tertentu
  • Parket laminating flooring yang terbuat dari bahan dasar serbuk kayu
  • Parket sintesis yang terbuat dari biji plastik yang diproses membentuk serat dan motif kayu

 

Tegel

Material lantai yang sering kita temui pada rumah zaman dulu. Saat ini tegel sering digunakan sebagai bahan alternatif untuk memberikan nuansa vintage, retro dan etnik pada ruangan.

 

 

Teraso

Material yang terbuat dari semen dan pasir, dan pada bagian atasnya dilapisi bahan keras yang tediri atas pecahan granit, marmer, kaca atau batu yang diproses dengan mencampur bahan kemdian dicetak dan dibakar. Mirip dengan tegel, teraso saat ini digunakan sebagai material lantai yang memberi tampilan vintage dan antik.

 

Batu Alam

Lantai berbahan batu umumnya digunakan untuk bagian luar rumah atau outdoor. Material lantai ini awet dan kuat, memberikan kesan natural dan alami serta tidak memerlukan perawatan khusus.

 

 

Vinyl

Material lantai vinyl cukup popular sebagai alternatif material lantai terutama jika kita memiliki dana yang terbatas. Vinyl berbahan sintesis dan biasanya berbentuk lembaran. Permukaan lantai vinyl lebih halus dibandingkan lantai parket dan sisi bawahnya diberi lapisan perekat dan gabus sehingga saat dipijak terasa nyaman dan fleksibel. Pemasangan lantai vinyl sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri dengan mudah.

 

Acian Polos

Material lantai sering dijumpai pada toko, rumah tinggal, café atau resto.bergaya indutrialisme karena memberi kesan natural dan industrial. Meski hanya berupa acian polos, material lanta ini bisa menampilkan gaya modern sekaligus elegan. Perawatan lantai acian ini juga cukup praktis.


Cek harga klik disini

Related Article