Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi dan Daftar Ukurannya

Apakah Anda sedang ingin mencari tahu berapa ukuran keramik kamar mandi untuk di rumah? Melalui artikel ini, Anda akan menemukan informasi lengkapnya yang sudah Klopmart sediakan secara khusus mengenai berbagai ukuran keramik pada kamar mandi.

Penggunaan keramik di kamar mandi perlu diperhatikan secara lebih rinci mulai dari corak keramik dan perhitungan ukurannya, hingga jenis keramik yang akan digunakan. Banyak orang yang mengabaikan hal ini karena menilai kamar mandi tidak terlalu penting untuk diperhatikan.

Hampir sebagian besar pemilik rumah hanya berfokus pada desain interior ruang tamu, ruang makan, hingga kamar saja. Padahal, jika ditelaah kembali, kamar mandi menjadi salah satu ruangan dengan tingkat intensitas penggunaan yang cukup tinggi dibandingkan dengan ruang lainnya.

 

Dalam sehari, Anda tentu akan menggunakan kamar mandi berkali-kali, bukan? Apa jadinya bila kamar mandi memiliki desain yang tidak baik dan penggunaan keramik yang asal-asalan? Kamar mandi Anda tentu akan tidak nyaman untuk digunakan.

Selain kenyamanan, Anda juga perlu memperhatikan keamanan kamar mandi itu sendiri. Pemilihan bahan material keramik yang kurang tepat akan membuat permukaannya licin sehingga berpotensi untuk menimbulkan kecelakaan. Hal ini tentu saja sangat membahayakan sehingga Anda perlu melakukan pemilihan keramik dan perhitungan ukuran dengan tepat.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

Pada pembahasan di bawah ini, Anda akan mempelajari berbagai ukuran keramik kamar mandi dan juga cara menghitung berapa banyak keramik yang dibutuhkan berdasarkan ukuran kamar mandinya. 

Berapa Ukuran Keramik Kamar Mandi?

Ukuran keramik kamar mandi untuk lantai dan dinding berbeda. Untuk itu, Anda dapat memahami ukuran keramik lantai kamar mandi terlebih dahulu.

1. Ukuran Keramik Kamar Mandi

Umumnya, keramik lantai kamar mandi memiliki ukuran 20x20 cm dan juga 25x25 cm. Ukuran ini sangat cocok untuk diaplikasikan pada kamar mandi dengan konsep dan ukuran ruangan yang minimalis.

Sedangkan untuk ukuran kamar mandi yang luas, Anda dapat memilih keramik lantai dengan ukuran 40x40 cm. Ada juga keramik lantai kamar mandi yang berukuran 60x60 cm yang dapat dipilih sesuai dengan selera.

2. Ukuran Keramik Kamar Mandi

Selanjutnya, keramik dinding kamar mandi memiliki ukuran standar yaitu 20x25 cm atau 20x40 cm. Ukuran ini menyesuaikan dengan ukuran standar keramik lantai kamar mandi. 

Kamar mandi yang berukuran luas dapat menggunakan keramik dinding berukuran 25x40 cm. Lalu, Anda dapat mengombinasikannya dengan keramik berukuran 5x5 cm atau bermotif mosaik agar desain kamar mandi tidak terlalu monoton atau membosankan.

Desain keramik mosaik tersebut dapat diaplikasikan pada bagian tengah dinding, atas, atau bawah. Anda juga bisa mengaplikasikan desain keramik tersebut sebanyak setengah area dinding ke bawah, lalu dipadukan dengan keramik bermotif sederhana dengan warna netral pada bagian tengah ke atas.

Baca juga: 7 Desain Keramik Kamar Mandi yang Unik dan Menarik untuk Anda

Bagaimana Cara Menghitung Kebutuhan Keramik Kamar Mandi?

Setelah mengetahui berapa ukuran keramik kamar mandi yang biasa dijual di pasaran, selanjutnya Anda perlu mengetahui cara menghitung keramik kamar mandi yang dibutuhkan. Cara pengukuran ini dapat membantu Anda dalam menentukan jumlah keramik yang tepat agar tidak berlebihan ataupun kekurangan.

Cara perhitungannya akan kami bagi ke dalam 2 bagian yaitu perhitungan keramik lantai dan keramik dinding.

1. Cara Menghitung Keramik Lantai Kamar Mandi

Pertama-tama, Anda akan memahami cara perhitungan banyaknya keramik lantai yang dibutuhkan terlebih dahulu.

  • Dalam menghitung keramik lantai, Anda perlu menghitung panjang dan lebar ruangan kamar mandi terlebih dahulu. Misalnya, kamar mandi Anda memiliki panjang 1,5 m dan lebar 1,5 m. Dari luas ruangannya, Anda dapat menggunakan keramik lantai berukuran 20x20 cm karena bentuk ruang kamar mandinya kotak sehingga akan lebih mudah jika menggunakan keramik lantai berukuran kotak juga.
  • Dari panjang dan lebarnya, Anda mendapatkan total luas kamar mandi yaitu 1,5 m x 1,5 m = 2,25 m2.
  • Selanjutnya, hitung faktor keamanan sebanyak 3% dari total luas kamar mandi untuk mendapatkan perhitungan keramik lantai cadangan yang dibutuhkan. Jika dihitung, maka hasil perhitungan faktor keamanan yang didapat sebesar 0,0675m2, lalu jumlahkan dengan luas total kamar mandi. Maka hasil akhirnya adalah 2,3175 m2.
  • Biasanya, keramik kamar mandi dijual dalam bentuk dus dan setiap dusnya berisi kurang lebih 25 buah keramik yang jika ditotalkan akan mencapai 1 m2. Berarti dari hasil di atas, Anda membutuhkan setidaknya 2 setengah dus keramik untuk lantai kamar mandi.

2. Cara Menghitung Keramik Dinding Kamar Mandi

  • Cara perhitungan keramik dinding kamar mandi lebih kompleks dibandingkan dengan perhitungan keramik lantainya. Hal ini dikarenakan dalam perhitungan keramik dinding, Anda perlu menghitung keliling dinding yang dikurangi dengan ukuran pintu kamar mandi. Misalnya, dinding kamar mandi Anda memiliki lebar 1,5 m dan berukuran kotak. Lalu, lebar pintu sekitar 0,7 m. Maka jika dihitung kelilingnya menjadi 1,5 + 1,5 + 1,5 + (1,5 - 0,7) menjadi 5,3 m.
  • Setelah didapat kelilingnya, maka kalikan dengan tinggi dinding yaitu 1,5 m untuk mendapatkan total luasnya. Jadi, luas dinding kamar mandi Anda adalah 7,95 m2.
  • Sama seperti pada perhitungan keramik lantai, Anda juga perlu menghitung faktor keamanan sebesar 3%. Bila dihitung, maka total faktor keamanan keramik dinding yang didapat adalah 0,2385 m2. Lalu, jumlahkan dengan luas dinding kamar mandi, hasil akhir yang didapatkan ialah 8,1885 m2. Dari sini dapat dilihat jika Anda membutuhkan setidaknya 8 atau 9 dus keramik dinding.

Hasil perhitungan di atas juga dapat membantu Anda dalam menghitung berapa banyak cat keramik yang dibutuhkan. Anda dapat mengecat keramik kamar mandi sesuai dengan selera. Maka dari itu, Anda bisa langsung menggunakan cat keramik kamar mandi Propan.

Cat keramik kamar mandi Propan tidak hanya dapat memberikan warna yang menarik, namun juga menjaga kualitas keramik kamar mandi Anda. Jadi, kamar mandi Anda akan terlihat rapi dan terawat dalam waktu yang lama. Tertarik untuk menggunakan cat keramik kamar mandi Propan? Hubungi Klopmart untuk melakukan pemesanan sesuai dengan ukuran keramik kamar mandi yang Anda butuhkan.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya