7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

Ada banyak pilihan jenis keramik kamar mandi yang indah untuk melengkapi interior dari kamar mandi di rumah Anda. Jenis keramik kamar mandi yang Anda pilih tidak hanya harus terlihat indah, tetapi juga harus memiliki tekstur yang tidak licin agar orang-orang yang menggunakan kamar mandi tidak mudah terpeleset.

Pada artikel ini, kami akan membahas mengenai jenis-jenis keramik kamar mandi yang tidak licin dan dapat membuat kamar mandi di rumah Anda menjadi jauh lebih indah. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

Baca juga: Cara Ampuh Membersihkan Keramik Kamar Mandi yang efektif

5 Tips Memasang Keramik Lantai

Tips Memasang Keramik Anti Terpeleset

Sebelum memilih keramik lantai kamar mandi yang akan digunakan, ada baiknya Anda tahu langkah-langkah untuk memasangnya. Yuk. simak penjelasannya berikut ini.

1. Pengukuran

Langkah pertama yang harus dilakukan saat proses pemasangan keramik lantai adalah pengukuran. Dengan pengukuran Anda jadi lebih tahu luas ruangan kamar mandi yang dapat disesuaikan dengan jumlah dan ukuran keramik yang akan digunakan.

2. Pemilihan Keramik

Langkah selanjutnya yang dapat Anda lakukan adalah pemilihan keramik. Pililah keramik sesuai kebutuhan dan keamanan Anda. Jika area yang sering terkena air dan licin, seperti pada bagian shower, sebaiknya Anda menggunakan keramik yang memiliki tekstur kasar sehingga tidak menyebabkan Anda terpeleset.

3. Merendam Keramik Sebelum Dipasang

Sebelum proses pemasangan sebaiknya Anda merendam keramik dalam air terlebih dahulu. Dengan merendamnya maka pori-pori keramik akan menyerap air sehingga membuat keramik menjadi lebih lentur dan tidak licin saat dipasang dan proses pemasangan akan menjadi lebih cepat serta tidak mudah pecah.

4. Melapisi dengan Nat Keramik

Saat proses pemasangan keramik ada baiknya Anda membuat celah yang diisi dengan semen atau perekat yang dinamakan nat keramik. Celah ini berfungsi untuk mencegah adannya rembesan air yang masuk ke dalam keramik.

5. Menyesuaikan dengan Dinding

Langkah terakhir yang dapat Anda lakukan adalah menyesuaikan keramik dengan dinding. Penyesuaian ini diperlukan agar keramik dapat dipasang dalam posisi yang tepat dan mencegah adanya penekanan antara dinding dan keramik lantai.

Baca juga: 7 Warna Keramik Kamar Mandi yang Bagus

7 Rekomendasi Jenis Keramik Lantai Kamar Mandi

Jenis Lantai Keramik Kamar Mandi

Berikut ini beberapa jenis keramik kamar mandi pilihan yang memiliki pola indah dan tekstur yang tidak licin:

1. Keramik Motif Batu Alam

Tidak masalah jika dinding kamar mandi yang digunakan di rumah Anda menggunakan keramik biasa, tetapi yang penting adalah pilihan keramik pada lantai yang digunakan. Rekomendasi jenis keramik kamar mandi yang pertama berasal batu alam yang memiliki warna natural dan tekstur yang tidak licin.

Tekstur dari keramik kamar mandi batu alam ini biasanya tidak rata dan terkesan kesat. Selain itu, jenis keramik kamar mandi ini juga tidak mudah licin hanya karena tersiram air dan sabun. Jadi, Anda tidak perlu sering membersihkan jenis keramik kamar mandi ini, apalagi jika dibandingkan dengan yang jenis keramik kamar mandi yang lain.

2. Keramik Jenis Granit

Jenis keramik kamar mandi berbahan granit terkenal dengan permukaannya yang agak kasar dan tidak mudah licin saat terkena air dan sabun. Selain memiliki keunggulan anti slip, jenis keramik kamar mandi ini juga dapat menambah estetika dari kamar mandi, apalagi jika Anda menyukai nuansa klasik minimalis.

Untuk memberikan kesan yang mewah, Anda bisa menggunakan pilihan warna yang sama di seluruh ruangannya, lalu memadukannya dengan perabot dan perlengkapan kamar mandi berwarna putih. Anda juga dapat memodifikasi keramik menjadi bentuk miring horizontal atau vertikal agar bisa mendapatkan kesan yang lebih mewah.

3. Keramik Caspari

Jenis keramik kamar mandi caspari memiliki pola dekoratif yang terinspirasi dari seni pada abad pertengahan. Namun, untuk menciptakan kesan elegan, Anda membutuhkan kejelian agar tidak membuat kesalahan. Maka dari itu, sebaiknya serahkan pemasangan kepada ahlinya saja. Proses perawatan dari jenis keramik kamar mandi caspari ini tidak begitu sulit karena pola desain keramik ini sudah dirangkai agar tahan air dan tidak mudah licin.

Jenis keramik kamar mandi caspari sangat cocok dipadukan dengan dinding polos untuk menunjukkan kesan yang lebih elegan dan menawan. Selain itu, jenis keramik kamar mandi caspari juga memiliki tekstur agak kasar dan anti slip. Anda bisa memadukan keramik caspari ini dengan perabot dan perlengkapan kamar mandi berbahan kayu agar terlihat lebih mewah.

Baca juga: 10 Cara Menjaga Kebersihan Kamar Mandi dengan Efektif

4. Keramik Koral

Jenis keramik kamar mandi yang memiliki bahan koral merupakan salah satu pilihan favorit dari banyak orang. Tekstur dari jenis keramik kamar mandi yang berbahan koral memiliki tekstur yang kesat dan agak kasar, membuatnya tidak mudah licin walaupun banyak terkena air dan sabun.

Selain itu, jenis keramik kamar mandi yang berbahan koral juga memiliki warna natural yang cerah dan dapat membuat kamar mandi di rumah Anda menjadi lebih indah. Jika kamar mandi terlihat lebih indah, pastinya para penghuni rumah juga akan lebih nyaman ketika menggunakannya.

5. Keramik Tegel

Keramik tegel merupakan jenis lantai dengan motif hiasan kuno yang sudah ada sejak abad ke-13. Keramik tegel terbuat dari bahan semen dan keramik biasa yang digunakan sebagai bahan alternatif pelapis rumah.

Keramik tegel biasanya memiliki tekstur unik yang menyesuaikan dengan pola dari desainnya. Sebagai contoh, jika keramik tegel yang Anda pilih memiliki pola bunga, maka tekstur yang terasa juga akan seperti pola bunga tersebut. Berkat alasan tersebut, keramik tegel ini cocok digunakan di kamar mandi karena teksturnya kasar dan desainnya yang indah.

Baca juga: 9 Hiasan Kamar Mandi Sederhana Agar Lebih Nyaman dan Estetik

6. Keramik Berbahan Matte

Jenis keramik kamar mandi yang memiliki bahan dan konsep matte ini sangat cocok untuk rumah yang memiliki konsep minimalis dan eksklusif. Anda bisa memilih warna keramik abu-abu untuk menciptakan kesan yang lebih mewah.

Selain itu, tekstur dari jenis keramik kamar mandi berbahan matte ini terkesan kasar, membuat jenis keramik kamar mandi ini tidak mudah licin dan cocok untuk bagian dari kamar mandi yang sering basah, seperti bathtub dan shower.

7. Keramik Berbahan Rubber Laminating

Jenis keramik kamar mandi dengan lapisan karet, atau rubber laminating, sangat cocok untuk digunakan sebagai lantai kamar mandi karena bahannya terasa hangat, bertekstur anti slip, dan mudah dibersihkan. Biasanya, jenis keramik kamar mandi ini memiliki permukaan yang mengkilap dan sedikit lembut.

Jenis keramik kamar mandi ini juga sudah mulai populer di kalangan penyedia material bangunan di Indonesia. Maka dari itu, sekarang sudah cukup mudah untuk mencarinya jika Anda tertarik untuk menggunakannya sebagai lantai kamar mandi rumah Anda.

Kesimpulan

Demikian penjelasan mengenai tips dan rekomendasi jenis keramik kamar mandi untuk rumah Anda yang dapat kami sampaikan. Jika Anda sedang membangun kamar mandi dan membutuhkan cat keramik kamar mandi propan, Anda dapat menemukannya di Klopmart.

Selain material tersebut, Klopmart juga menyediakan bahan material lainnya untuk berbagai kebutuhan pembangunan rumah. Anda dapat memesannya secara online, dan barang pesanan akan dikirim langsung ke alamat yang Anda pilih. Semoga rekomendasi jenis keramik kamar mandi ini dapat membantu!

Sumber artikel:

  • https://www.dekoruma.com/artikel/32186/motif-jenis-keramik-kamar-mandi-ini-anti-terpeleset
  • https://www.ruparupa.com/blog/jenis-keramik-kamar-mandi-anti-licin/
  • https://www.popmama.com/life/home-and-living/faela-shafa/anti-terpeleset-ini-jenis-keramik-untuk-kamar-mandi
  • https://properti.kompas.com/read/2019/12/13/210545921/perhatikan-5-hal-saat-memasang-keramik-lantai-kamar-mandi?page=all
  • https://ambpi.com/cara-memasang-keramik-lantai-kamar-mandi-yang-benar/

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Jun 2022

Related Article