Tips & Trik

9 Tips Memilih Corak Keramik Kamar Mandi

Media
01 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Anda pasti dihadapkan dengan corak keramik kamar mandi yang bervariasi ketika berbelanja di toko bangunan. Kondisi tersebut sangat menantang karena Anda harus teliti dalam memilih desain keramiknya. Tidak jarang kegiatan belanja ini menghabiskan waktu lebih lama lantaran hanya berkutat pada pemilihan corak keramik yang tepat.

Lantas, bagaimana cara memilih keramik kamar mandi dengan benar supaya desainnya sesuai impian Anda? Baca artikel Klopmart ini sebagai panduan Anda.

9 Tips Memilih Corak Keramik Kamar Mandi untuk Hunian Anda

Ada baiknya Anda melakukan persiapan sebelum memilih keramik kamar mandi. Persiapan ini juga bahkan harus dilakukan jauh sebelum membangun kamar mandi impian. Alasannya, pemilihan keramik kamar mandi tidak terbatas pada corak atau desainnya. Anda pun harus menentukan anggaran, jumlah, dan ukuran keramik kamar mandi yang akan dipasang.

Jika Anda berencana membangun atau merenovasi kamar mandi dengan mengganti keramiknya, ikutilah langkah-langkah menentukan corak keramik yang tepat di bawah ini.

1. Mulai dengan Menentukan Anggaran

Anda harus menentukan anggaran pemasangan keramik dahulu sebelum membelinya. Anggaran ini berguna untuk menghindari biaya yang tidak diperlukan ketika memasang keramik. Untuk menentukan anggarannya, mulailah dengan mengukur dinding dan lantai kamar mandi, kemudian tentukan jumlah keramik yang ingin dibeli. Tambahkan juga beberapa peralatan penting, termasuk cat keramik sebagai bahan perekatnya.

2. Tentukan Gaya Ruangan

Keramik tersedia dalam berbagai pilihan desain, warna, dan motif. Model keramik yang tepat bergantung pada gaya kamar mandi Anda. Contohnya, Anda bisa memilih motif geometri pada kamar mandi bergaya modern. Jika ingin gaya seperti di hotel, Anda bisa memilih keramik mosaik alam, finishing glossy, dan berwarna netral. Apapun pilihannya, sesuaikan gaya kamar mandi Anda dengan desain rumah secara keseluruhan.

3. Pilih Preferensi Ukuran Keramik

Keramik juga tersedia dalam berbagai ukuran, jadi Anda harus teliti dalam memilihnya. Indikator ukuran juga menentukan jumlah keramik yang akan dibeli sehingga cukup untuk kamar mandi Anda. Ukuran keramik terpopuler berkisar pada 20x20 cm atau 30x30 cm, tetapi ada juga yang memilih ukuran yang lebih besar atau lebih kecil. Anda bisa memilih bentuk segi enam ukuran 45x45 cm agar keramiknya membentuk pola sarang lebah yang cantik ketika dipasang.

Baca juga: Cara Menghitung Keramik untuk Kebutuhan Lantai Rumah Anda

4. Pilih Skema Warna

Warna keramik yang tepat akan menambah kenyamanan pada kamar mandi Anda. Selain itu, suasana ruangan juga ditentukan dari warna yang digunakan. Rata-rata orang memilih putih atau warna netral, tetapi tidak ada salahnya memilih warna lain yang tidak kalah menarik. Jika ingin memadukan warnanya, gunakan kombinasi yang tepat agar warnanya tidak saling bertabrakan. Hindari warna gelap apabila ruangan terlalu kecil karena bisa menimbulkan kesan suram.

5. Pilih Keramik untuk Lantai Dahulu

Anda sudah memilih ukuran dan skema warna keramik, sekarang saatnya memilih corak keramik lantai. Anda bisa memilih keramik yang lebih besar di lantai agar natnya kecil dan tidak banyak noda yang menempel. Pilih corak keramik yang tepat sesuai gaya ruangan yang sudah ditentukan sebelumnya. Jangan lupa untuk melakukan slip test untuk mengetahui tingkat kelicinannya. Langkah ini penting, apalagi Anda sedang membangun kamar mandi untuk anak.

Baca juga: 8 Warna Keramik Kamar Mandi yang Tidak Mudah Kotor

6. Tentukan Keramik Dindingnya

Ilustrasi Keramik Dinding Kamar Mandi

Tidak seperti keramik lantai, keramik dinding bisa didesain dengan berbagai corak dan gaya agar tampilan kamar mandinya tidak monoton. Keramik lantai dan dinding dipasang dengan corak atau warna yang sama, tetapi Anda bisa memilih paduan yang berbeda.

Pilihlah corak keramik dinding yang tepat karena bisa menentukan suasana ruangan secara keseluruhan. Tentukan juga jika Anda ingin memajang keramik di seluruh dinding atau hanya sebagiannya.

7. Hindari Memilih Lebih dari Tiga Desain

Apabila Anda ingin memadukan keramik, batasi pilihan keramik maksimal tiga sehingga suasana ruangannya tidak terlalu ramai. Pemilihan padu padan desain keramik merupakan langkah serius dan tidak boleh disepelekan.

Jika salah memilih paduannya, tampilan kamar mandi Anda menjadi tidak menarik dan mengurangi kenyamanan penghuni rumah saat memakai ruangannya. Selain itu, harga keramik dengan tiga desain tentu akan jauh lebih mahal, jadi Anda harus lebih bijak dalam memadukan keramik.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

8. Pilih Bentuk Keramik

Bentuk keramik juga merupakan salah satu indikator penting dan tidak boleh dilewatkan. Perbedaan bentuk dapat menentukan layout pemasangan keramik yang ingin ditentukan nantinya. Banyak orang masih memilih bentuk persegi supaya lebih aman, padahal bentuk lainnya justru membuat kamar mandi terlihat lebih indah dan menarik.

Selain bentuk segi enam yang dijelaskan sebelumnya, Anda bisa memilih variasi lainnya, seperti segitiga, persegi panjang kecil, berlian, segi enam panjang, dan sebagainya.

9. Tentukan Layout Pemasangan Keramik

Terakhir, jangan lupa untuk menentukan layout pemasangan keramiknya. Banyak sekali pilihan layout yang bisa menjadi inspirasi, contohnya: 

  • Running bond yang menyerupai susunan batu bata dan memiliki nat cukup lebar.

  • Layout tersusun (stacked), yakni keramik disusun secara teratur menyerupai barisan.

  • Herringbone, yaitu susunan keramik menyerupai anyaman keranjang yang cantik dan memiliki warna nat yang sama.

Berkreasilah memilih layout kamar mandi yang tepat dengan menggunakan bentuk serta corak keramik yang berbeda. Langkah ini akan membuat tampilan kamar mandi Anda terlihat lebih indah dan unik.

Contoh Motif Keramik Kamar Mandi

1. Motif Keramik Kamar Mandi Kotak-Kotak


2. Motif Keramik Kamar Mandi Elegan dengan Warna Hitam Putih


3. Keramik Kamar Mandi Minimalis Corak Marmer


Kesimpulan

Setelah memilih corak keramik, jangan lupa untuk menyiapkan peralatan penting untuk pemasangannya. Salah satunya cat keramik kamar mandi PROPAN yang mudah diaplikasikan hanya menggunakan kuas atau rol.

Yuk dapatkan segera cat keramik kamar mandi PROPAN yang akan membuat tempelan keramik Anda lebih rata sehingga tidak ada satu bagian pun yang menonjol.

Dapatkan produknya sekarang juga dan rasakan kemudahan berbelanja bahan bangunan secara online hanya di Klopmart. Produk kami siap dikirimkan ke lokasi pembangunan, jadi Anda tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengaplikasikan corak keramik kamar mandi impian di rumah.

Sumber artikel:

  • https://bathtubber.com/choosing-bathroom-tile/ 

  • https://discount.com.au/tiles/5-crucial-steps-to-make-when-choosing-bathroom-tiles/

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/keramik-kamar-mandi-minimalis-77216

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya