Atap & Lantai

Fungsi Nat Keramik dan Teknik Pemasangannya

Media
10 Jul 2020

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Hampir semua aktivitas di dalam ruangan pasti akan bersentuhan dengan lantai. Dengan kata lain, kontak antara kaki Anda dan lantai pun cukup dominan. Itulah kenapa keberadaan dan fungsi lantai sudah seharusnya menjadi prioritas. Umumnya, mayoritas orang menggunakan keramik untuk lantai ruangan. Memang, keramik tersebut biasanya sudah dilengkapi dengan pelapis lantai. Namun, ada satu komponen lain yang tidak boleh dilupakan saat pemasangan keramik, yaitu nat. Fungsi nat pada keramik dapat mengoptimalkan kenyamanan pijakan Anda di suatu ruangan.
 

Apa itu nat

Coba lihat lantai Anda, pasti ada celah atau ruang kecil di antara bidang-bidang keramiknya, bukan? Nah, ruang-ruang di antara keramik tersebut diisi oleh nat yang fleksibel. Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya, kenapa celah di antara keramik tidak diisi oleh semen biasa? Mengingat bahwa semen memiliki sifat yang cenderung keras, bisa-bisa keramik pada lantai akan mudah retak dan pecah jika terjadi pergerakan di atasnya. Hal ini berbeda dengan sifat nat yang relatif lebih fleksibel mengingat bahan pengisinya adalah mortar instan.
 

Fungsi nat

Lalu, apa sebenarnya fungsi nat pada keramik? Apakah hanya menjadi pengisi untuk celah-celah di antara keramik pada lantai?
 

1. Menambah estetika keramik

Penggunaan nat keramik dapat memberikan nilai keindahan tersendiri. Perlu kamu ketahui bahwa nat tidak hanya hadir dalam warna basic seperti putih atau abu-abu. Ada juga nat dengan isi mortar instan berwarna lain. Anda pun bisa memilih nat dalam warna yang sesuai dengan keramik.


2. Mencegah rembesnya air

Dapat juga berfungsi sebagai waterproofing khususnya di area atau ruangan yang basah seperti kamar mandi dan dapur.
 

3. Mencegah serangga masuk

Nat dapat mengoptimalkan perekat keramik untuk mencegah masuknya serangga ke rumah, karena jika tidak menggunakan nat maka akan ada celah-celah kecil antar keramik yang akan digunakan sebagai alas rumah.

Baca juga: Merk Nat Keramik Terbaik untuk Hunian Anda
 

Teknik memasang nat keramik

Agar fungsi nat pada keramik bisa optimal, pemasangannya pun harus tepat agar keramik tidak mudah lepas. Secara umum, ada tiga jenis cara menggunakan nat pada keramik yang bisa Anda terapkan, yaitu:
 

1. Open joint

Pemasangan keramik dengan ukuran nat melebihi 3 mm, biasanya diterapkan pada lantai dua agar lantai keramik tidak mudah memuai.
 

2. Closed joint

Pemasangan keramik dengan ukuran nat tidak lebih dari 3 mm, biasanya diterapkan untuk pemasangan keramik pada dinding atau lantai yang tingkat porositasnya cenderung rendah.
 

3. Expansion joint

Pemasangan keramik dengan menyambungkan nat untuk mengantisipasi terjadinya pergeseran struktur yang berpotensi mengakibatkan lantai menggelembung.

Baca juga: Cara Pasang Keramik Sendiri di Rumah yang Tepat
 

Tips memasang nat keramik

Dalam pemasangan nat pada keramik, ada sejumlah tips yang sebaiknya Anda perhatikan agar nantinya nat dapat berfungsi secara optimal. Berikut beberapa tipsnya:
 

1. Perhitungkan jarak antar keramik

Perhatikan celah atau ruang antara keramik karena dapat berpengaruh pada kekuatan nat itu sendiri.
 

2. Pertimbangkan pengisian nat

Pada pengisian nat untuk lantai, misalnya, Anda dianjurkan memasang nat dengan ketebalan sekitar 3 mm. Sedangkan pada dinding, ketebalan nat sekitar 5 mm. Perbedaan ketebalan nat ini dapat berpengaruh pada proses pembersihan keramik.


3. Tunggu kering dan bersihkan

Setelah memasang nat, tunggu beberapa saat hingga nat mengering sebelum Anda membersihkan permukaan keramik. Bersihkan sisa nat pada keramik dengan mengelapnya sebanyak dua hingga tiga kali menggunakan kain lap bersih.

Penting untuk memahami bahwa nat pada keramik memiliki peran yang signifikan dalam menjaga kekuatan dan keindahan lantai serta dinding. Nat keramik tidak hanya berfungsi sebagai pengisi celah antar keramik, tetapi juga memiliki beberapa fungsi penting lainnya, seperti menambah estetika, mencegah rembesan air, dan mencegah masuknya serangga. Teknik memasang nat keramik juga memiliki variasi tergantung pada kebutuhan dan jenis keramik yang digunakan, seperti open joint, closed joint, dan expansion joint.

Dengan memperhatikan tips dan teknik pemasangan yang tepat, serta menggunakan nat berkualitas baik, Anda dapat memastikan bahwa nat keramik berfungsi secara optimal dalam menjaga kekuatan dan keindahan lantai serta dinding rumah Anda.

Agar fungsi nat bisa awet, pastikan saja Anda menggunakan nat dengan kualitas baik. Anda bisa mendapatkannya secara online melalui situs Klopmart.com.

Baca juga: 5 Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah Diaci

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya