Atap & Lantai

5 Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah Di Aci Agar dengan Benar

Media
02 Mei 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mungkin Anda masih bingung bagaimana cara pasang keramik lantai yang sudah di aci. Padahal, untuk bisa memasang keramik ini Anda hanya perlu teliti. Jadi, siapkan alat dan bahan yang Anda butuhkan dan ikuti langkah atau cara berikut ini untuk bisa memasang lantai dengan mudah. Yuk mari kita mulai.

Cara Pasang Keramik Lantai yang Sudah di Aci

Ubin keramik menjadi penutup lantai yang disukai untuk berbagai macam ruangan seperti kamar mandi, dapur, dan berbagai tempat lainnya. Daya tahan terhadap air dan kemudahan dalam memasangnya menjadi alasan mengapa banyak sekali pemilik rumah yang menginginkan lantai dari keramik. Walaupun banyak pemilik rumah menyewa profesional, pemasangan lantai keramik ini juga bisa dikerjakan sebagai proyek do-it-yourself yang dapat diselesaikan pemilik rumah dengan murah dan relatif mudah.

Pemasangan ubin lantai yang sukses akan didasari dengan persiapan yang baik. Dengan lantai yang sudah di aci, tata letak yang sudah direncanakan, serta semua alat dan bahan yang sudah disiapkan, proses pemasangan ubin lantai akan lebih sederhana. Ikuti langkah-langkah berikut ini.
 

1. Ukur Luas dengan Tepat

Lakukan pengukuran terhadap lantai yang akan dipasangkan keramik. Untuk mempermudah proses pengukuran keramik yang dibutuhkan ini Anda bisa menggunakan meteran dan pensil yang digunakan dalam menandai. Gunakan juga benang untuk penanda ukuran yang lebih mudah. Benang ini juga memiliki manfaat yang cukup krusial karena menentukan tingkat kelurusan dari pemasangan keramik, sekaligus memberikan jarak yang pas antar keramik.


 

2. Simulasikan Tata Keramik

Coba tata keramik tanpa menggunakan perekat. Dengan begitu Anda akan bisa mengetahui kebutuhan keramik yang akan digunakan nantinya. Apalagi jika keramik yang digunakan memiliki motif atau pola. Lakukan dengan teliti mulai dari pemasangan yang paling pojok sampai pemasangan keramik terakhir. Catat atau foto agar bisa mempermudah Anda nantinya.
 

3. Rendam Keramik dengan Air

Perendaman keramik ini tidak perlu lama-lama. Manfaatnya akan menciptakan keramik yang lebih elastis, kuat dan juga tidak mudah pecah. Hal ini dikarenakan pori-pori dalam keramik menjadi lebih lebar dan menyerap air dengan baik. Keramik akan bisa kering dengan lebih baik dan juga terhindar dari genangan air.

Baca juga: Cara Pasang Keramik Sendiri di Rumah yang Tepat
 

4. Pasang Keramik Menggunakan Semen

Buat adonan untuk olesan keramik dengan mencampurkan air dan semen. Oleskan pada keramik satu persatu sebelum memasangnya pada tempat yang sudah ditentukan sebelumnya. Manfaatkan papan aplikator untuk memudahkan proses pengaplikasian semen sehingga tidak terlalu tebal dan memiliki ketinggian yang sama antar keramik. Tempelkan keramik secara perlahan dengan sedikit tekanan. Beri tekanan di atas keramik agar menempel dengan sempurna menggunakan pemberat yang aman.
 

5. Aplikasikan Nat

Untuk finishing, aplikasian nat untuk keramik. Cukup oleskan pada bagian tepi keramik sekaligus mengisi bagian sambungan antar keramik yang kosong. Fungsi nat ini cukup penting untuk menghindari adanya genangan air dan membuat air mudah menyerap lebih baik. Perhatikan pengisian nat ini agar selalu rapi dan tidak berongga. Diamkan maksimal 15 menit agar mengering sempurna. Bersihkan sisa-sisanya menggunakan spons.

Itu dia langkah-langkah yang bisa Anda ikuti ketika ingin memasang lantai keramik pada ruangan di rumah Anda. Bila dilakukan dengan teliti, maka Anda akan bisa memasang keramik dengan rapi. Semoga informasi mengenai cara pasang keramik lantai yang sudah diaci ini bisa membantu Anda, jika Anda mencari aci yang bagus maka silahkan cek harga mu 200 di Klopmart sekarang juga!

Baca juga: Cara Mudah Pasang Keramik Lantai Dengan Semen Keramik

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya