Baut & Perkakas

Macam-Macam Meteran dengan Fungsinya untuk Berbagai Aktivitas Pengukuran

Media
19 Apr 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Ada berbagai macam-macam meteran untuk berbagai aktivitas pengukuran pada saat ini. Dari sekian banyak macam meteran yang tersedia, seharusnya Anda sudah menggunakan beberapa produknya dalam kehidupan sehari-hari. Alat ukur yang digunakan untuk mengukur panjang ini memegang peranan penting di dalam aktivitas manusia, termasuk untuk proses konstruksi bangunan. 

Jika tidak ada alat ukur yang layak, maka proses konstruksi bangunan tidak akan berjalan dengan maksimal. Bahan material yang digunakan perlu dicek secara lebih mendalam dengan alat ukur agar ukurannya sesuai kebutuhan. Itulah mengapa Anda bisa menambah wawasan tentang macam-macam meteran beserta fungsinya melalui informasi dari KlopMart di bawah ini. Berikut penjelasan selengkapnya hanya untuk Anda.

Mengenal Macam-Macam Meteran

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, keberadaan alat ukur di dalam kehidupan manusia sangat penting. Anda dapat menggunakan alat ukur ini dalam proses belajar, mengukur panjang, lebar, hingga tinggi, serta melaksanakan pembangunan konstruksi. 

Alat ukur yang bermacam-macam ini memang tidak semuanya bisa digunakan untuk semua proses pengukuran panjang. Ada beberapa alat yang memang digunakan khusus untuk satu aktivitas tertentu saja. Fungsi dari masing-masing alat ukur ini memang berbeda. Ditambah lagi dengan tingkat ketelitian yang berbeda-beda.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Obeng dan Fungsinya

Melihat bagaimana alat ukur memegang peranan penting dalam konstruksi bangunan, di bawah ini terdapat penjelasan dari masing-masing macam meteran yang dapat digunakan. Berikut informasinya. 

1. Penggaris

Siapa yang tidak pernah mendengar atau menggunakan penggaris? Dapat dipastikan semua orang pernah menggunakan penggaris di dalam aktivitasnya selama ini. Alat ukur ini terbukti menjadi macam meteran pertama yang pernah digunakan. Biasanya penggaris digunakan untuk aktivitas belajar mengajar. 

Ukuran penggaris juga beragam dengan produk paling normal digunakan memiliki panjang 30 cm. Kemudahan dalam proses penggunaannya membuat penggaris sangat mudah ditemukan. Penggaris dapat digunakan untuk mengukur benda dengan dimensi panjang yang relatif pendek, seperti kertas, barang-barang berukuran kecil, lantai ubin, hingga yang lainnya. 

Selain itu ada beberapa bentuk atau jenis dari penggaris. Dimulai dari penggaris lurus, penggaris siku-siku, penggaris busur, dan penggaris segitiga. Setiap jenis penggaris ini memiliki kegunaan berbeda-beda tergantung kebutuhan. Namun setidaknya tetap dapat mengukur panjang, lebar, dan tinggi suatu barang dengan mudah dan cepat.

Baca juga: Daftar Lengkap Ukuran Kunci Inggris Dari yang Terkecil Sampai yang Terbesar

2. Meteran

Penggaris dikenal sebagai alat ukur yang paling banyak dan mudah digunakan. Selain penggaris, terdapat meteran sebagai alat ukur meteran yang juga termasuk tidak asing untuk digunakan. Meteran atau dikenal juga dengan sebutan pita ukur ini memiliki ukuran panjang dari 25 hingga 50 meter. 

Produk meteran ini memiliki berbagai macam. Terdapat produk yang disebut meteran gulung, yakni alat meteran yang dapat digulung menggunakan tangan sendiri. Selain itu ada juga meteran tangan karena dapat menggulung sendiri secara otomatis setelah selesai digunakan. 

Melihat betapa panjangnya ukuran alat meteran, fungsinya sudah pasti jauh lebih banyak dan bermanfaat dalam konstruksi bangunan jika dibandingkan dengan penggaris. Proses konstruksi bangunan sangat sering menggunakan meteran. Khususnya untuk mengukur material-material bangunan yang akan digunakan. Meteran juga dapat digunakan untuk mengukur panjang ubin, jalan, lapangan, dan lainnya. 


3. Meteran Laser

Terdapat versi upgrade dari alat meteran yang sebelumnya dibahas. Benar sekali, terdapat meteran yang memanfaatkan teknologi laser. Bagaimana cara kerja dari teknologi laser dalam alat meteran ini?

Cara kerja meteran laser cukup mudah. Teknologi laser yang digunakan memanfaatkan sinar ultrasonik untuk langsung mengukur bidang material atau konstruksi tersebut. Informasi dimensi panjang yang dibutuhkan oleh para pekerja dapat langsung diketahui dengan meteran laser ini. Tingkat ketelitiannya termasuk sangat akurat dibandingkan dengan alat meteran lainnya. 

Meteran laser tidak hanya dapat digunakan untuk mengukur panjang dari suatu bidang konstruksi saja, melainkan juga dapat dimanfaatkan untuk menghitung volume dan luas. Sangat serbaguna, bukan? Keunggulan ini membuat meteran laser sangat lazim digunakan dalam pembangunan konstruksi bangunan.

Baca juga: 6 Ukuran Kawat Bendrat dan Kodenya yang Harus Anda Ketahui

4. Mikrometer Sekrup

Selanjutnya ada alat ukur bernama mikrometer sekrup. Alat ini mampu mengukur besar panjang dengan jauh lebih presisi dibandingkan alat-alat lainnya. Bahkan tingkat ketelitian mikrometer sekrup hingga 0,01 mm. 

Lebih hebatnya lagi, mikrometer sekrup dapat digunakan pula untuk mengukur diameter, ketebalan, hingga panjang dari benda-benda dengan ukuran kecil. Dimulai dari lebar kertas, kawat, kabel, aluminium, hingga lempeng baja

Bentuk dari mikrometer sekrup sendiri memang terhitung asing. Cara penggunaannya pun perlu dipelajari dengan lebih dalam karena memanfaatkan teknologi juga. Namun ketika sudah digunakan, maka mikrometer sekrup sangat bermanfaat dalam konstruksi bangunan.


5. Jangka Sorong

Jangka sorong menjadi alat ukur terakhir yang dibahas di dalam artikel ini. Penggunaan jangka sorong termasuk tidak asing di dalam proses konstruksi bangunan. Bentuk dari jangka sorong termasuk tidak asing dengan tingkat ketelitian mencapai seperseratus milimeter.

Alat ukur ini berfungsi untuk mengukur diameter luas, diameter dalam, hingga mengukur kedalaman dari suatu benda. Jangka sorong sendiri memiliki dua jenis, yaitu digital dan manual. Untuk mendapatkan hasil paling akurat, tentu saja keduanya memiliki keunggulan masing-masing. Anda perlu memiliki keahlian tersendiri di dalam menggunakan jangka sorong agar mendapatkan hasil paling tepat.

Dari sekian banyak alat ukur yang telah dijelaskan di atas, kira-kira produk mana saja yang telah Anda pergunakan selama ini?

KlopMart sendiri jual meteran gulungan dengan panjang sesuai kebutuhan proses konstruksi bangunan. Meteran Sherlock dari KlopMart sudah sesuai dengan British Standard Tools sehingga memiliki kualitas terbaik.

Semoga informasi macam-macam meteran dari KlopMart ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya