Lampu & Listrik

Jenis-Jenis Kabel Listrik dan Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Media
19 Nov 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Jika kita ke toko bahan bangunan atau toko perlengkapan listrik, kita akan menemui berbagai macam jenis kabel listrik dijual di sana.

Kabel digunakan untuk menghantarkan aliran listrik dari sumber listrik menuju ke perangkat pengguna listrik, sehingga perangkat tersebut dapat bekerja dengan baik sesuai fungsinya.

Dari berbagai jenis kabel listrik yang dijual, berdasarkan tegangannya, dapat dikelompokkan menjadi:

  • Kabel listrik tegangan rendah
  • Kabel listrik tegangan menengah
  • Kabel listrik tegangan tinggi

Kita dapat melihat bahwa kabel listrik ada yang memiliki pembungkus, ada yang telanjang tanpa pembungkus. Kali ini kita akan membahas kabel listrik dengan pembungkus yang umum digunakan di dalam rumah tinggal.


Bentuk Fisik Kabel Listrik

1. Isolator

Ini adalah bagian pembungkus kabel yang tidak menghantarkan listrik. Isolator umumnya dibuat dari bahan termoplastik. Fungsinya adalah untuk melindungi kabel supaya tidak terpapar oleh pengaruh alam di sekelilingnya. Isolator juga berfungsi melindungi perangkat agar tidak mengalami hubungan pendek. Pembungkus ini juga melindungi kita dari tersengat aliran listrik yang mengalir dalam kabel. Semakin baik kualitas isolatornya, biasanya semakin baik kualitas kabel dalam menghantarkan listrik dan semakin panjang pula usia pakainya.

2. Konduktor

ini adalah bagian kabel yang berfungsi menghantarkan aliran listrik. Biasanya bagian ini dibuat dari tembaga ataupun aluminum. Kemampuan setiap jenis konduktor dalam menghantarkan listrik tergantung dari jenis konduktornya dan nilai ini disebut dengan Kemampuan Hantar Arus atau disingkat menjadi KHA.

Baca juga: 8 Cara Menyambung Kabel Listrik Sendiri

Jenis-jenis Kabel Listrik dan Fungsinya

1. Kabel NYA

Kabel listrik hanya memiliki satu inti kabel yang terdiri dari kabel tembaga tunggal ini berdiameter 1.5 – 2.5 mm dan memiliki isolator berbahan PVC. Biasa digunakan di dalam instalasi listrik rumah tinggal. Isolator pembungkus kabel NYA diberi warna merah, kuning, biru dan hitam untuk memudahkan pemasangan jalur jaringan instalasi listrik. Karena pembungkus ini hanya satu lapisan tipis, maka kabel ini mudah rusak karena faktor cuaca maupun karena digerogoti oleh tikus. Untuk menghindari kerusakan tersebut sebaiknya jalur jaringan listrik dilindungi dengan pipa PVC. Tegangan nominalnya sekitar 400 - 690 (600) V.

2. Kabel NYM

Kabel ini memiliki konduktor atau inti kabel tunggal lebih dari satu dan masing-masing dilapisi dengan isolator dengan warna berbeda. Inti-inti kabel ini kemudian bersama-sama dibungkus dengan serat PVC dan bagian luarnya dilapisi dengan selubung PVC. Karena perlindungan berlapis ini, kabel NYM cukup kuat untuk digunakan pada lingkungan yang lembab dan basah. Tegangan nominalnya 230 - 400 (300) V.

3. Kabel NYY

Kabel ini memiliki inti kabel serabut lebih dari satu dan masing-masing dilapisi dengan isolator dengan warna berbeda. Lapisan selubungnya tebal dan kuat serta diberi lapisan anti gigitan tikus. Karena itu kabel ini dapat dipendam di dalam tanah. Jika terdapat risiko terkena gangguan mekanis, sebaiknya jaringan jalur kabel dilindungi dengan pipa.

4. Kabel NYAF

Kabel ini secara awam mirip dengan kabel NYA, hanya memiliki satu inti kabel, tetapi berupa serabut bukan tunggal. Isolasinya tipis dan juga diberi warna berbeda. Kabel NYAF ini lebih fleksibel dibandingkan kabel NYA, sehingga cocok digunakan pada belokan-belokan jaringan listrik. Seperti kabel NYA, kabel NYAF ini perlu diberi pelindung pipa. Tegangan nominal 300 – 500 V.

5. Kabel NYMHY

Kabel ini memiliki beberapa inti kabel serabut yang masing-masing dilapisi isolator dengan warna berbeda. Kabel ini memiliki selubung dalam dan luar dari PVC. Cukup fleksibel dan kuat untuk tegangan listrik nominal 300 – 500 V.

6. Kabel NYYHY

Kabel ini juga memiliki beberapa inti kabel serabut yang masing-masing dilapisi isolator dengan warna berbeda. Kabel ini hanya memiliki selubung luar PVC dan sangat fleksibel. Cocok untuk digunakan pada perangkat listrik portabel seperti mesin bor, mesin las, mesin gerinda, dan sebagainya. Tegangan nominal berkisar antara 450 – 750 V.

7. Kabel NYRGbY/NYBY

Kabel dengan insulator yang cukup kuat dan memiliki lapisan pita serat baja galvanis di antara selubung dalam dan selubung luarnya yang terbuat dari PVC. Kabel ini dapat dipendam tanpa perlindungan tambahan. Tegangan nominalnya 0.6 - 1 (1.2) kV.

8. Kabel NYCY

Kabel yang dirancang untuk digunakan dipendam dalam tanah ataupun jaringan di luar ruangan atau outdoor installation. Memiliki lapisan pita serabut tembaga yang kuat di antara selubung dalam dan selubung luarnya yang terbuat dari PVC.

Ini sebagian kabel yang sering dijumpai dalam instalasi listrik rumah. Masih ada beberapa jenis kabel untuk penggunaan jaringan listrik besar dan industri.

Bagaimana? Apakah Anda sudah memahami jenis kabel listrik serta fungsinya? Jika sudah paham, berarti Anda sudah aman untuk memasang kabel sendiri di rumah. Gunakan kabel Eterna NYM yang hadir dengan ukuran yang bervariasi sehingga Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan kelistrikan di rumah. 


Klopmart menjual kabel Eterna Jakarta yang murah dan mudah didapatkan secara online. Anda tidak perlu khawatir mengenai biaya pengirimannya karena Klopmart menyediakan layanan belanja bahan bangunan online dan gratis ongkir.

Hubungi kami atau klik tautannya sekarang juga untuk mendapatkan kabel listrik serbaguna ini. Setelah mendapatkan produknya, jangan lupa untuk memasang sesuai arti warna kabel listrik yang telah dibahas di artikel ini, ya.

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya