Ukuran Kedalaman Pondasi Cakar Ayam Rumah 2 Lantai yang Tepat

Pondasi cakar ayam merupakan jenis konstruksi bangunan asli Indonesia yang sudah mendunia karena kekuatannya. Konstruksi ini banyak digunakan dalam pembangunan lantaran bisa diaplikasikan pada kondisi tanah yang rawan runtuh. Semakin besar kedalaman pondasi cakar ayam 2 lantai yang ditempatkan, semakin kokoh pula bangunan tersebut.

 

Pertanyaannya, berapa meter kedalaman pondasi yang ideal untuk membangun rumah dua lantai? Bagi Anda yang ingin membangun rumah dua lantai, ada baiknya mengenali dulu mengenai ukuran pondasi yang tepat sebelum mulai mengeksekusi bangunannya.

Keunggulan dan Kelemahan Pondasi Cakar Ayam

Sejak berusia sekolah dasar, kita pun sudah dibekali dengan pengetahuan bahwa pondasi adalah bagian konstruksi yang penting dalam membangun gedung atau rumah. Bukan tanpa alasan hal ini diajarkan, sebab banyak sekali manfaat pondasi untuk sebuah bangunan. Malahan, pembangunan pondasi rumah juga merupakan langkah pertama yang harus dilakukan oleh kontraktor.

 

Baca Juga: 10 Jenis Pondasi Rumah Populer Yang Aman Digunakan

 

Pondasi cakar ayam adalah salah satu dari tiga jenis pondasi yang umum digunakan di Indonesia, selain pondasi batu kali dan pondasi menerus. Faktanya, pondasi cakar ayam tidak hanya digunakan untuk membangun rumah dan gedung, tapi juga untuk konstruksi lainnya, bahkan digunakan untuk mendirikan bandara.

 

Mengapa pondasi cakar ayam lebih sering dipilih untuk mendirikan bangunan di Indonesia? Alasannya sederhana, pondasi ini cocok untuk digunakan di struktur tanah jenis apapun, bahkan tanah Indonesia yang rawan gempa. Intinya, pondasi ini mampu mencengkeram tanah, jadi tetap kuat menahan bangunan dalam waktu yang lama.

 

Baca Juga: Bangunan Tahan Gempa, Mungkinkah?

 

Pondasi cakar ayam juga tidak memerlukan sistem drainase karena terbuat dari beton padat tanpa rongga. Ini adalah keunggulan kedua, sebab waktu pembangunan pondasi pun bisa dipersingkat dan tidak memakan waktu yang lama seperti kedua jenis pondasi lainnya.

 

Ada harga, ada kualitas, begitulah jargon yang bisa dicap untuk pondasi cakar ayam ini. Agar bisa menghasilkan konstruksi yang kuat dan tahan lama, pondasi cakar ayam harus menggunakan besi tulangan yang berkualitas. Tidak heran jika pondasi ini sering ditemukan pada proyek besar, seperti membangun jalan raya atau bandara.

Ukuran Plat dan Kedalaman Pondasi Cakar Ayam 2 Lantai yang Ideal

Bukan berarti Anda tidak bisa menggunakan pondasi cakar ayam untuk membangun rumah dua lantai. Malah lebih bagus jika pondasi ini menjadi pilihan dalam membangun rumah, apalagi jika lokasinya berada di tanah yang rawan gempa atau kurang kuat.

 

Perhatikan dulu beberapa ketentuan ukuran dalam membangun pondasi cakar ayam untuk rumah dua lantai. Jangan sampai salah hitung ukurannya, agar bisa menyesuaikan anggaran pembangunan rumah idaman Anda.

1. Plat Pondasi Cakar Ayam untuk 2 Lantai

Umumnya, pondasi cakar ayam dibangun dengan menggunakan plat berbentuk segi empat sama sisi. Minimal gunakan plat ukuran 1 x 1 meter untuk membangun rumah dua lantai. Proses pembuatan platnya memang memakan waktu yang cukup lama, tapi Anda bisa membeli plat langsung jadi di beberapa toko bangunan, termasuk Klopmart.

2. Kedalaman Pondasi Cakar Ayam untuk 2 Lantai

Untuk kedalamannya, Anda harus menggali tanah sedalam 1 meter untuk menempatkan pondasinya. Semakin lemah struktur tanahnya, semakin dalam galian tanah yang dibutuhkan. Maksimum ukuran galian tanah yang bisa dicapai oleh pondasi cakar ayam adalah 4 meter, itu sudah bisa digunakan di struktur tanah yang bersifat rawan.

 

Setelah menentukan ukuran plat pondasi cakar ayam 2 lantai, sekarang saatnya mencari besi beton ulir untuk membuatnya. Sebelumnya, Anda harus melakukan riset dulu harga besi beton ulir di pasaran, sehingga tidak melebihi estimasi anggaran yang ada.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
22 Okt 2021

Related Article