Mengetahui Ukuran Cakar Ayam yang Dibutuhkan

Ketika Anda ingin membangun sebuah rumah atau bangunan, maka salah satu hal yang perlu diperhitungkan dengan teliti adalah ukuran cakar ayam. Anda tentu sudah sering mendengar tentang cakar ayam, namun Klopmart akan membahas secara singkat mengenai apa itu pondasi cakar ayam dan bagaimana cara menghitung ukuran cakar ayam dengan tepat.
 

Apa Itu Cakar Ayam?

Pondasi cakar ayam merupakan kerangka pondasi atau kerangka yang dibuat paling awal sebagai sebuah pondasi yang mencengkeram tanah seperti bentuk kaki ayam. Fakta uniknya, pondasi cakar ayam ini ditemukan dari seorang profesor yang bernama Prof. Dr. Ir. Sedijatmo ketika beliau ingin membangun sebuah menara di tanah rawa.

Saat ingin membangun menara tersebut, beliau mendapatkan sebuah masalah karena struktur tanah yang tidak stabil dan jika menggunakan pondasi bangunan pada umumnya akan sangat sulit untuk dilakukan. Oleh karena itu, Prof. Dr. Ir. Sedijatmo membuat sebuah ide untuk membuat pondasi cakar ayam.

Pondasi cakar ayam ini memiliki karakteristik di mana pipa beton akan merekat dan menyatu. Kemudian, pipa-pipa tersebut akan ditancapkan ke dalam tanah persis seperti bentuk cengkeraman ayam.

Baca juga: 10 Jenis Pondasi Rumah Terpopuler
 

Cara Menghitung Ukuran Cakar Ayam yang Dibutuhkan

Penggunaan cakar ayam dalam membangun suatu rumah atau bangunan tentu akan bervariasi. Namun, Anda dapat mencoba untuk menghitung volume pondasi cakar ayam terlebih dahulu sebelum menentukan berapa besar cakar ayam yang dibutuhkan dengan rumus berikut ini:

Volume Pondasi Cakar Ayam = Lebar Pile Cap x Panjang Pile Cap x Tebal Pile Cap

Setelah mengetahui rumus volume cakar ayar di atas, berikut ini ukuran cakar ayam yang bisa Anda gunakan sesuai dengan volume dan ukuran rumah atau bangunan, yaitu:

  • Cakar ayam dengan ukuran 40×40 
  • Cakar ayam dengan ukuran 50 X 50 
  • Cakar Ayam dengan ukuran 60 x 60 
  • Cakar Ayam dengan ukuran 70 x 70 
  • Cakar Ayam dengan ukuran 80 x 80 
  • Cakar Ayam dengan ukuran 100 x 100
     

Mengenal Berbagai Bentuk Cakar Ayam

Dalam menggunakan pondasi cakar ayam, Anda juga perlu mengetahui berbagai bentuk konstruksi yang biasa digunakan untuk membuat pondasi cakar ayam. Berikut ini terdapat 3 bentuk konstruksi pondasi cakar ayam yang biasa digunakan, yaitu:
 

Cakar Ayam Tengah

Pondasi cakar ayam ini memiliki bagian tengah yang  sedikit lebih tinggi dibandingkan bagian lainnya.
 

Cakar Ayam Sudut

Pondasi cakar ayam ini digunakan pada sudut-sudut bangunan karena bentuknya yang meninggi di bagian tengah samping dan agak menurun di bagian lawan arahnya.
 

Cakar Ayam Pinggir

Pondasi cakar ayam ini mirip dengan cakar ayam sudut, namun yang membedakan adalah posisi tingginya yang lebih rata dibandingkan cakar ayam sudut.
 

Kelebihan Menggunakan Pondasi Cakar Ayam

Setelah mengetahui seluruh informasi mengenai cakar ayam, maka selanjutnya Anda perlu Memahami kelebihan pondasi cakar ayam. Dengan pondasi cakar ayam, bangunan yang Anda buat dapat:

  • Berdiri di atas tanah karena pondasi cakar ayam dapat mencengkeram tanah dengan kuat meski di tanah lunak sekalipun
  • Berdiri dengan kuat karena konstruksinya yang mencengkeram dibandingkan pondasi lainnya
  • Anda dapat membangun rumah atau bangunan lainnya di manapun karena pondasi cakar ayam cocok untuk segala jenis tempat

Jadi, itulah informasi mengenai ukuran cakar ayam yang dapat Klopmart berikan dan apabila Anda membutuhkan lem besi untuk membuat pondasi cakar ayam, langsung cek harga lem besi yang tersedia melalui website Klopmart sekarang juga.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Agu 2021

Related Article