Kenali 10 Jenis Pondasi Rumah Terpopuler

Jenis pondasi rumah sangat memengaruhi ketahanan konstruksi bangunan rumah. Maka dari itu, memilih pondasi selalu menjadi tahapan awal dalam pembangunan rumah. Namun, sebelum memilih, perlu diketahui bahwa pondasi rumah ada beragam jenisnya. Nah, artikel ini akan membahas tentang jenis-jenis pondasi rumah yang sering digunakan. Berikut penjelasannya.

Pondasi rumah tipe dangkal

Menurut fungsinya, jenis-jenis pondasi untuk rumah dibagi menjadi dua, yaitu tipe dangkal dan tipe dalam. Untuk tipe dalam sendiri, biasanya disusun pada tingkat kedalaman yang rendah, yakni hanya sekitar sepertiga dari total panjang pondasi dan kedalaman maksimal sejauh 3 meter. Pondasi tipe ini hanya cocok untuk daerah dengan permukaan tanah yang kuat. Pondasi tipe dangkal sendiri kemudian dibagi menjadi tujuh, yaitu:

1. Pondasi tapak

Pondasi tapak atau pad foundation adalah pondasi yang menggunakan struktur beton bertulang dengan ketebalan seragam, umumnya dipakai untuk mendukung titik beban tunggal pada bangunan rumah. Pondasi tapak berbeda dengan pondasi cakar ayam.

2. Pondasi jalur

Selanjutnya ada pondasi jalur. Pondasi ini terkadang disebut sebagai strip foundation, umumnya digunakan pada bangunan yang memiliki susunan beban memanjang. Pondasi jalur dibuat dengan kolom trapesium (atau persegi) dari campuran pecahan batu dan cor tanpa tulang yang disusun dalam kolom memanjang.

3. Pondasi rakit

Jenis-jenis pondasi selanjutnya adalah pondasi rakit raft foundation yang digunakan pada bangunan dengan area luas. Fungsinya adalah membagi beban bangunan agar lebih menyebar. Detail pondasi dibuat dari plat beton besar yang dilengkapi kolom-kolom bergaris. Biasanya, pondasi rakit digunakan pada tanah lunak yang ketahanannya rendah.

4. Pondasi sumuran

Berikutnya ada pondasi sumuran (cyclops beton). Jenis pondasi satu ini memiliki bentuk bulat dan menggunakan beton berdiameter 60-80 cm. Pondasi sumuran biasanya diletakkan pada kedalaman 1-2 meter di dalam tanah. Setelah ditanam dalam tanah, barulah pondasi diisi dengan campuran cor beton dan batu kali yang ditambah elemen pembesian.

5. Pondasi umpak

Kelebihan pondasi jenis ini terletak pada ketahanannya terhadap guncangan. Pondasi umpak memang memiliki mekanisme khusus yang dapat menyeimbangkan bangunan saat terjadi guncangan. Pemasangan pondasi umpak adalah pada permukaan tanah yang dipadatkan dan diikat dengan sloof (biasanya juga ditambah batu kali).

6. Pondasi plat beton lajur

Plat beton lajur juga termasuk jenis-jenis beton rumah, yang dibuat dari beton bertulang dengan tingkat kepadatan tinggi. Dengan model berlajur, pondasi ini memiliki kekuatan yang baik dalam menahan beban. Kelebihan lain dari pondasi plat beton lajur adalah harganya yang relatif lebih terjangkau.

7. Pondasi Strauss pile

Terakhir ada pondasi Strauss pile. Pondasi ini dibuat dengan menggali dan mengebor tanah. Pengeboran pun dilakukan secara manual dengan tenaga manusia. Proses yang sulit ini membuat kedalaman Strauss pile terbatas, yakni sekitar 4-10 meter dengan diameter 20-30 cm saja.

Pondasi tipe dalam

Selain pondasi tipe dangkal, ada juga jenis-jenis pondasi tipe dalam. Pondasi ini umumnya digunakan pada permukaan tanah yang tidak terlalu kokoh. Berikut adalah jenis pondasi tipe dalam yang sering digunakan dalam pembangunan rumah: 

1. Pondasi tiang pancang

Pondasi ini terbuat dari beton yang langsung ditancapkan ke tanah. Umumnya, pondasi tiang pancang diaplikasikan pada tanah dengan kandungan air tinggi seperti tanah rawa. Material yang digunakan untuk pondasi tiang pancang adalah kayu besi, baja, hingga beton bertulang.

2. Pondasi Piers

Pada jenis-jenis pondasi Piers, struktur pondasi dipasang dalam galian tanah. Pondasi ini dibuat dari beton jenis precast berbentuk persegi panjang dalam berbagai ukuran. Namun, terkadang ada juga pondasi Piers yang berbentuk bulat.

3. Pondasi Caissons

Terakhir ada pondasi Caissons. Untuk merancang pondasi ini diperlukan pengeboran atau pengerukan tanah, baik dengan metode manual atau terkadang hidrolis. Barulah kemudian pondasi beton dipasang dengan dicor pada galian tanah. 

Jenis-jenis pondasi untuk rumah ternyata sangat beragam. Masing-masing pun memiliki kelebihan dan kekurangan serta tergantung dengan jenis batu untuk pondasi rumah. Anda tinggal menyesuaikannya dengan situasi dan kondisi. Untuk seluruh kelengkapan konstruksi rumah, Anda bisa mendapatkannya di KlopMart, pusat belanja bahan konstruksi bangunan terlengkap. Mulai dari semen, mortar, hingga besi beton, semuanya tersedia. 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
17 Jan 2021

Related Article