Harga Besi Beton Ulir

Besi beton populer sebagai material konstruksi kokoh sekaligus tahan lama. Orang kerap mengenalnya sebagai besi tulang beton atau reinforcement steel bar. Tanpa material ini beton berisiko retak akibat guncangan kecil yang timbul dari sekitarnya.

Di pasaran Anda bisa menjumpai dua jenis besi beton, yakni besi polos (plain bar) dan besi ulir (deformed bar). Harga besi beton ulir jauh lebih mahal ketimbang besi polos karena perbedaan karakteristik keduanya.

Perbedaan paling nyata tampak pada kondisi permukaan. Permukaan licin dengan penampang bundar jadi ciri besi polos. Sementara, permukaan menyerupai sirip ikan atau sirip teratur seperti bambu dimiliki besi ulir.

Dibandingkan dengan besi beton polos, besi beton ulir lebih sering difungsikan sebagai tulangan beton. Proses rol pada permukaan besi mampu memperkuat ikatan antara beton dan tulangan. Bentuk ulir tersebut mampu meningkatkan daya lekat. Batang pun lebih ajeg dan menempel pada beton.

 

Jenis dan Harga Besi Beton Ulir

Besi ulir umumnya dijual dalam volume besar. Transaksi yang terjadi melibatkan distributor besar dan kontraktor. Satu hal yang perlu Anda tahu, ukuran besi beton telah ditentukan melalui SNI 2052: 2017 mengenai Baja Tulangan Beton yang umum dipakai dalam konstruksi beton.

Pedoman SNI besi beton memuat spesifikasi berupa jenis, ukuran, panjang, berat, dan toleransi penyimpangan (tol) dari standar yang telah ditetapkan. Maka, ukuran besi beton bakal berpengaruh terhadap harga, khususnya dari berapa diameter yang dimiliki.

Di pasaran Anda bisa menjumpai beberapa jenis besi beton ulir, seperti:

 

Besi beton ulir BAP SNI Tol 0,3 mm

Besi beton satu ini punya beberapa alternatif ukuran diameter. Tingkat toleransi penyimpangan ukuran sekitar 0,3 mm.

Itulah mengapa meski merek BAP sudah mengantongi SNI, harga per buahnya relatif murah. Anda bisa membelinya mulai dari ukuran 10 mm hingga 32 mm secara grosir.

 

Harga: mulai Rp100

 

Besi beton ulir Master Steel SNI Tol 0,1 mm

Berdiri sejak 1972, Master Steel jadi salah satu pionir industri baja dan rolling di Indonesia. Variasi produknya juga beragam, mulai dari beton bertulang, kawat baja, hingga besi beton ulir.

Umum digunakan pada berbagai proyek konstruksi di Indonesia, produk Master Steel pun sudah menembus pasar internasional. Tentu hal tersebut membuktikan kualitas besi beton yang tinggi.

Untuk jenis besi beton ulir, ada dua grade, yaitu BJTS 40 dan BJTS 50 dengan toleransi 0,1 mm dan variasi diameter 10mm hingga 32 mm. Semua besi beton Master Steel dirancang memiliki ketahanan terhadap gempa.

 

Harga: mulai Rp60.680  

 

Besi beton ulir Krakatau Steel SNI Tol 0,1 mm

Produsen besi terbesar di Indonesia dipegang oleh Krakatau Steel. Setiap produk yang dihasilkan sudah tentu mengantongi SNI. Namun, Anda harus jeli mengecek logo SNI, dimensi, dan harga jual besi beton Krakatau Steel mengingat banyaknya produk imitasi besi KS dijual di pasaran.

Dengan nilai toleransi 0,1 mm, kualitas besi beton Krakatau Steel jelas di atas rata-rata. Selain itu, BJTS ini mempunyai sifat mengait yang kuat. Pemasangannya akan membutuhkan waktu dan tenaga lebih karena sulit dibengkokkan. Namun, karakteristik tersebut akan membuat bangunan lebih kokoh sekaligus tahan gempa.

Besi beton ulir Krakatau Steel memiliki standar ASTM A706 dan A615. Artinya, setiap unit dibuat sesuai spesifikasi standar untuk batang baja terdeformasi dan padat rendah (A706) dan batang baja karbon cacat dan polos (A615) untuk penguat beton. Tersedia dalam ukuran diameter 10 mm sampai 32 mm.

 

Harga: mulai Rp62.160

 

Untuk informasi lebih lanjut, Anda bisa langsung mengecek harga besi beton ulir di Klopmart. Sekarang belanja kebutuhan material apa pun bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja melalui Klopmart.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Des 2020

Related Article