Baut & Perkakas

13 Jenis Gergaji dan Fungsinya yang Berbeda-Beda

Media
12 Des 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Tahukah Anda bahwa ada banyak jenis gergaji sesuai fungsinya? Gergaji adalah salah satu alat perkakas berupa besi tipis yang bergigi tajam. Alat ini biasanya digunakan dalam dunia pertukangan, industri, maupun konstruksi.


Fungsi utama gergaji biasanya adalah untuk memotong atau membelah beragam material, seperti kayu, besi, dan lain-lain. Namun, ternyata ada banyak jenis gergaji yang wajib Anda ketahui berdasarkan bentuk dan kegunaannya. Apa saja itu? Mari cari tahu lebih lanjut di bawah ini!

Jenis Gergaji dan Fungsinya

Dalam dunia pertukangan dan konstruksi, ada cukup banyak jenis gergaji yang digunakan. Berikut ini perbedaan masing-masing jenisnya:

1. Gergaji Tangan (Hand Saw/Rip Saw)

Jenis gergaji satu ini adalah gergaji yang pasti sering Anda lihat. Gergaji tangan juga biasanya dimiliki sebagai perkakas di rumah tangga. Mata gergaji ini besar dan jarak antar-matanya cukup renggang, cocok untuk memotong kayu yang tebal. Mata gergaji tangan tidak bisa diganti. Jika sudah tumpul, maka Anda hanya bisa mengasahnya dengan alat khusus atau membeli gergaji yang baru.

2. Gergaji Tripleks (Coping Saw)

Berikutnya, ada jenis gergaji yang fungsinya sudah terlihat dari namanya, yaitu gergaji tripleks, yang memang kerap dipakai untuk memotong papan kayu atau tripleks. Bentuk gergaji ini mirip seperti huruf “U”.

Bentuknya yang melengkung bisa membuat Anda lebih mudah memotong pada pola lengkung di tripleks. Mata gergajinya kecil dan tajam. Apabila sudah tumpul, Anda bisa melepas mata gergajinya untuk diganti dengan yang baru. Hasil potongan gergaji ini sangat rapi dan halus, tripleks pun tidak mudah sobek saat digergaji.

3. Gergaji Besi (Hack Saw)

Gergaji besi atau hack saw adalah gergaji untuk memotong benda berbahan logam seperti besi. Selain material logam, gergaji besi juga bisa digunakan untuk memotong PVC dan kayu. Mata gergajinya halus dan rapat. Sama seperti gergaji tripleks, mata gergaji besi bisa dilepas dan diganti dengan yang baru apabila sudah tumpul.

4. Gergaji Jepang (Japanese Saw)

Berikutnya, ada gergaji Jepang yang umumnya dipakai untuk memotong kayu dengan aneka tekstur, baik lunak maupun keras. Pada umumnya, ada tiga macam gergaji Jepang, yaitu Ryoba, Dozuki, dan Kataba. Namun, yang biasa digunakan di Indonesia adalah jenis Ryoba. Bentuknya presisi, dengan dua sisi mata gergaji yang sama tajam. Satu sisi digunakan untuk membelah, sedangkan sisi lainnya untuk memotong.

Baca juga: Perbedaan Mesin Circular Saw dan Jig Saw

5. Gergaji Punggung atau Gergaji Sudut (Back Saw)

Gergaji punggung memiliki bentuk yang hampir mirip dengan gergaji tangan. Bedanya, pisau gergaji punggung memiliki sudut diagonal dengan pegangannya, tidak seperti pisau gergaji tangan yang segaris dengan pegangannya. Gergaji jenis ini digunakan untuk memotong kayu dengan hasil potongan yang lebih konsisten dan lebih halus.

6. Keyhole Saw

Keyhole saw memiliki bentuk yang lebih mirip pisau daripada gergaji pada umumnya. Gergaji ini biasanya dipakai untuk menjangkau sudut-sudut kecil dan rumit yang tak bisa dijangkau oleh gergaji lainnya. Ujung pisau gergaji keyhole cenderung lebih kecil dan lancip daripada pangkalnya. Anda bisa menggunakan jenis gergaji ini apabila ingin memotong bagian tengah papan kayu atau membuat celah/lubang kecil di bagian tengah papan kayu tersebut.

7. Gergaji Rantai (Chain Saw)

Jenis gergaji yang sering muncul dalam film-film horor ini terkadang juga disebut sebagai gergaji mesin. Fungsi utamanya adalah untuk menebang pohon, baik pohon berbatang kecil maupun besar.

Penyebutan gergaji mesin muncul karena gergaji ini memanfaatkan tenaga mesin yang berputar agar bisa beroperasi, yakni seperti putaran rantai pada kendaraan beroda dua. Gergaji ini juga mengeluarkan suara yang khas, apalagi saat bergesekan dengan pohon atau material yang akan dipotong.

8. Miter Saw

Gergaji jenis ini memiliki mata pisau lingkar yang bisa digunakan untuk memotong material dengan sudut lebih presisi. Hasil potongannya akan pas dan lebih detail daripada lainnya. Miter saw juga bisa dimiringkan hingga 45 derajat.

Baca juga: 15 Kerajinan Dari Kayu Palet Untuk Rumah Anda

9. Jigsaw

Jigsaw adalah gergaji yang memiliki bentuk mirip seperti setrika. Gigi-giginya halus dan bilahnya pendek. Motor gergaji berdaya listrik ini bisa dibolak-balik dan bergerak naik-turun. Kecepatannya pun bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Berkat bentuk pegangannya yang bisa membuat Anda leluasa menggerakkannya ke mana saja, jigsaw mampu menghasilkan bentuk potongan yang lurus, melengkung, maupun kurva.

10. Scroll Saw

Selanjutnya, ada pula gergaji yang berbentuk meja datar dengan motor berkecepatan tinggi, disebut dengan scroll saw. Gergaji ini biasanya digunakan untuk pekerjaan yang terbilang rumit. Ada bilah kecil yang muncul di bagian bawah meja yang berguna untuk mengatur kedalaman saat Anda melakukan pemotongan.

11. Crosscut Saw

Bentuk gergaji crosscut hanya selembar bilah pisau tajam dengan dua pegangan di sisi kanan dan kirinya. Jenis gergaji ini digunakan untuk menebang pohon, seperti chain saw. Bedanya, gergaji crosscut digunakan untuk memotong kayu secara melintang.

12. Circular Saw

Circular saw adalah gergaji bermesin yang mata gergajinya berbentuk seperti piringan dengan gerigi yang mengelilinginya. Piringan pisau ini dapat diatur dengan kecepatan yang sesuai kebutuhan Anda.

Baca juga: 9 Cara Mengecat Kayu Agar Hasilnya Bagus

13. Veneer Saw

Gergaji satu ini memiliki bentuk yang jauh lebih kecil daripada jenis gergaji lainnya. Bilah potongnya pendek, mata gergajinya hanya terdiri dari 13 gigi dan dua mata potong. Biasanya, veneer saw digunakan untuk memotong material yang membutuhkan presisi tepat.

Itulah beberapa jenis gergaji yang digunakan untuk berbagai keperluan dalam dunia pertukangan. Apabila membutuhkan gergaji untuk di rumah, Anda bisa membelinya di Klopmart. Klopmart adalah toko bangunan online yang jual gergaji kayu, gergaji tangan, dan berbagai gergaji lainnya.

Dengan beragam metode pembayaran online, Klopmart akan memproses dan mengirimkan pesanan Anda dengan cepat di mana pun Anda berada, termasuk untuk pesanan aneka jenis gergaji.


Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya