10 Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu yang Menarik

Apakah Anda sedang mencari inspirasi wall moulding untuk desain interior rumah Anda? Wall moulding merupakan teknik dekorasi dinding yang menggunakan bingkai kayu atau bahan lainnya untuk membentuk pola-pola geometris atau dekoratif pada dinding ruangan. 

Fungsinya tidak hanya sekadar sebagai hiasan, tetapi juga memberikan dimensi tambahan pada ruang tamu Anda. Teknik ini telah digunakan selama berabad-abad dalam desain interior, dan kini makin populer di kalangan pecinta estetika ruangan modern.

Jika Anda sedang mencari inspirasi untuk mempercantik ruang tamu dengan wall moulding, Anda berada di tempat yang tepat. Di bawah ini terdapat beberapa inspirasi menarik yang bisa Anda pertimbangkan dan implementasikan. 

Inspirasi Wall Moulding Ruang Tamu yang Menarik

Dalam dunia desain interior, ada berbagai cara untuk menghadirkan keindahan dan pesona pada ruangan, dan salah satu cara yang makin populer adalah melalui teknik dekorasi dinding yang dikenal sebagai wall moulding. Teknik ini tidak hanya mempercantik dinding ruang tamu Anda, tetapi juga memberikan dimensi visual yang menarik dan sentuhan artistik. Yuk simak beberapa inspirasi wall moulding untuk ruang tamu yang menarik berikut ini.

1. Klasik Elegan dengan Panel Moulding


Melalui teknik ini, Anda dapat membentuk panel-panel geometris berbentuk persegi atau rektangular di dinding ruang tamu. Keunikan dari panel-panel ini tidak hanya terletak pada bentuknya, tetapi juga pada perpaduan material kayu yang berkualitas dengan sentuhan finishing yang mewah. 

Saat Anda mengaplikasikan panel moulding, Anda akan menciptakan tampilan elegan yang mengingatkan pada estetika zaman dulu. Untuk menciptakan kontras yang memukau, Anda dapat memilih warna cat atau finishing yang berbeda dengan warna dinding utama, sehingga menciptakan efek visual yang menarik.

Baca juga:

2. Simplicity with Chair Rail Moulding


Jika Anda menginginkan suasana yang lebih sederhana namun tidak kalah menarik, chair rail moulding dapat menjadi alternatif yang menarik perhatian. Teknik ini menggunakan pemasangan papan kayu horizontal pada dinding ruang tamu dengan ketinggian tertentu yang disebut chair rail.

Supaya hasilnya makin optimal, Anda bisa memberikan sentuhan warna yang berbeda di atas dan di bawah papan kayu ini. Hasilnya, Anda akan menciptakan efek visual yang unik, serta memberikan perasaan lebih tinggi atau lebih lebar pada ruangan Anda.

3. Modern Geometris dengan Box Moulding


Jika keberanian dan tampilan modern yang Anda cari, maka teknik box moulding adalah jawabannya. Anda bisa menciptakan bingkai kotak atau segiempat dengan ukuran dan pola yang bervariasi di dinding ruang tamu. Melalui teknik ini, Anda bisa menghadirkan kesan yang jauh dari kesan klasik. 

Pilihan warna cat yang kontras akan makin mempertegas bentuk geometris yang diciptakan oleh moulding ini. Hasil akhirnya akan menciptakan tampilan yang abstrak dan inovatif, cocok untuk ruang tamu dengan pendekatan desain yang lebih eksperimental.

4. Rustic Chic dengan Beadboard Moulding


Apabila Anda ingin menciptakan suasana yang lebih hangat dan nyaman, beadboard moulding bisa menjadi inspirasi yang sempurna. Beadboard terbuat dari lembaran kayu dengan lekukan atau pola bergelombang yang khas. 

Dalam konteks ruang tamu, Anda dapat memasang beadboard di bagian bawah dinding, sehingga menciptakan kesan dinding yang terbagi dua dengan visual yang klasik. Cat dengan warna netral akan menambahkan sentuhan rustic yang elegan, serta memberikan ruang tamu Anda nuansa yang mengingatkan pada rumah pedesaan yang indah.

5. Elegansi Tinggi dengan Picture Frame Moulding


Bagi Anda yang menghargai seni dan ingin menampilkan karya seni atau foto keluarga dengan cara yang istimewa, picture frame moulding adalah opsi yang patut dipertimbangkan. Teknik ini melibatkan pembuatan bingkai-bingkai kecil di dinding, mirip seperti bingkai foto besar. Setiap bingkai dapat Anda isi dengan karya seni, foto pribadi, atau cermin. Hasilnya, ruang tamu akan terasa lebih personal dan elegan, seolah-olah menjadi galeri pribadi di rumah Anda.

Baca juga: Inilah Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap dan Terlihat Menarik

6. Simetris Simpel dengan Wainscoting


Wainscoting adalah teknik wall moulding yang memanfaatkan panel-panel kayu yang dipasang di bagian bawah dinding ruang tamu. Teknik ini menghadirkan kesan simetris yang sederhana namun tetap menarik. 

Warna panel-panel kayu bisa Anda sesuaikan dengan warna dinding utama untuk menciptakan kesan kesatuan yang harmonis. Melalui teknik wainscoting, Anda juga bisa menghadirkan dimensi ekstra pada ruang tamu Anda, serta memberikan sentuhan yang elegan dan terorganisasi.

7. Modern Glamour dengan Linear Moulding


Jika Anda tertarik pada desain modern dengan sentuhan glamor, linear moulding adalah pilihan yang cocok. Melalui teknik ini, Anda bisa menciptakan garis-garis lurus atau kurva yang elegan di dinding ruang tamu. 

Warna cat yang dipilih juga akan berperan penting dalam menciptakan efek dramatis yang diinginkan. Anda bahkan dapat memainkan pencahayaan ruangan untuk mempertegas kesan modern dan glamor dari moulding ini, sehingga menciptakan suasana yang megah dan mewah.

8. Keanggunan Simpel dengan Crown Moulding


Bila Anda ingin memberikan kesan ruang tamu yang lebih lapang dan mewah, crown moulding adalah jawabannya. Moulding ini dipasang di bagian atas dinding mengikuti kontur garis atap ruangan. Hasil akhirnya memberikan ilusi ketinggian dan memberikan kesan ruang yang lebih luas dan anggun. Anda bisa memilih model dan ukuran crown moulding sesuai dengan gaya ruang tamu Anda, serta memberikan sentuhan elegan tanpa harus berlebihan.

9. Tampilan Dramatis dengan Shadow Box Moulding


Apabila Anda ingin menciptakan tampilan yang dramatis, shadow box moulding menjadi pilihan yang menarik. Teknik ini melibatkan pembuatan bingkai kotak dalam berbagai ukuran di dinding ruang tamu. Bingkai-bingkai ini bisa diisi dengan objek dekoratif, seperti karya seni, tanaman hias, atau barang koleksi lainnya. Melalui shadow box moulding, Anda akan menciptakan suasana yang unik, dramatis, dan penuh gaya dalam ruang tamu Anda.

Baca juga: Apa Itu Wall Cladding? Pengertian, Fungsi, Jenis, dan Harganya

10. Eksentrik Artistik dengan Custom Moulding


Bagi Anda yang ingin tampil beda dan menghadirkan ekspresi pribadi yang kuat dalam ruang tamu Anda, custom moulding menjadi solusinya. Anda bisa merancang bentuk, ukuran, dan pola moulding sesuai dengan imajinasi Anda sendiri. Anda pun akan menciptakan tampilan yang eksentrik yang berbeda, sehingga menjadikan ruang tamu Anda sebagai kanvas artistik yang menggambarkan kepribadian dan kreativitas Anda secara unik.

Dari pilihan inspirasi wall moulding di atas, Anda dapat melihat bahwa wall moulding adalah teknik dekorasi yang sangat fleksibel dan kreatif. Setiap pilihan memiliki pesonanya sendiri-sendiri, sehingga membantu Anda menciptakan tampilan ruang tamu yang sesuai dengan gaya dan preferensi pribadi Anda. 

Ingat untuk mempertimbangkan ukuran ruang tamu, tema desain keseluruhan, dan suasana yang ingin Anda ciptakan ketika memilih inspirasi wall moulding yang paling cocok. Melalui sentuhan kreatif Anda, ruang tamu akan menjadi pusat perhatian dengan wall moulding yang menarik.

Saat Anda membuat wall moulding, pasti Anda akan memerlukan gypsum yang berkualitas tinggi. Tentu saja Klopmart memilikinya. Klopmart menjadi salah satu e-commerce bahan bangunan yang jual gypsum terdekat, terutama untuk wilayah Jabodetabek. 

Bagi Anda yang berada di luar kota tidak perlu khawatir, karena Klopmart menyediakan layanan jual beli bahan bangunan secara online. Kalau begitu, yuk kunjungi Klopmart sekarang juga untuk mendapatkan gypsum terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda.

Sumber rujukan:

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/wall-moulding-ruang-tamu-minimalis-77545

  • https://gardens.id/ide-wall-moulding-ruang-tamu/ 

  • https://berita.99.co/inspirasi-wall-moulding-ruang-tamu/ 

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya