10 Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap dan Terlihat Lebih Elegan

Seperti apakah cara plitur kayu supaya mengkilap? Mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai hal ini. Pemberian plitur merupakan tahap yang penting dalam pembuatan ataupun perawatan furniture kayu. Kegiatan ini biasanya akan dilakukan sebagai langkah finishing yang akan memberikan kesan mengkilap yang semakin bisa mengeluarkan warna kayu natural yang memperindah furniture kayu Anda. Jika Anda bingung bagaimana cara menggunakan plitur kayu dengan benar dan tepat, Anda bisa mengikuti cara berikut ini yang kami siapkan untuk bisa membantu Anda. Yuk mari kita mulai.
 

Praktekkan Cara Plitur Kayu Supaya Mengkilap Berikut Ini

Plitur adalah bahan finishing yang memiliki komponen utama berupa resin shellac yang bisa memberikan kesan mengkilap pada kayu. Plitur sedikit berbeda dari bahan finishing pada umumnya, salah satunya karena terbuat dari dari bahan alami. Tingkat glossy atau mengkilap yang dihasilkan juga cukup baik. Dan masih digunakan sebagai bahan utama dalam teknik finishing kayu French polish, sebuah teknik finishing yang bisa menghasilkan kilap seperti kaca.

Baca juga: cara mengecat kayu



 

2 Jenis Plitur Kayu yang Bisa Anda Manfaatkan

Sebelum memulai kegiatan plitur kayu, Anda harus memilih dan mengenali jenis plitur mana yang akan digunakan. Ada dua jenis plitur yang harus Anda ketahui yaitu:

Karena karakter yang berbeda, tentu saja cara pengaplikasiannya pun akan berbeda. Perbedaan paling mendasar adalah bahan baku dan bahan pelarutnya. Keduanya memang sama-sama menggunakan resin sebagai bahan utama, namun produk water based membutuhkan emulsifier agar dapat menyatukan resin dan air. Sedangkan untuk plitur solvent based, antara solvent dan resin akan dengan mudah membentuk cairan plitur. Water based juga tahan lama jika digunakan pada furniture outdoor dibandingkan solvent based. Plitur solvent based juga membutuhkan penjemuran sedangkan water based tidak. Secara tingkat glossy, produk solvent sedikit lebih baik. Produk plitur water based masih berada dalam tahap pengembangan, sehingga bisa saja hasil glossy yang dihasilkan akan terlihat lebih baik. Namun saat ini secara tampilan, solvent based masih unggul.

Jadi, tentukan terlebih dahulu plitur mana yang ingin Anda gunakan, setelah itu ikuti cara plitur kayu supaya mengkilap berikut ini.

  • Pertama, Persiapkan bahan yang diperlukan, seperti: Amplas, Plitur, Kain lap atau kuas, Pengencer seperti spiritus atau air (tergantung produk yang Anda gunakan), Wadah, Masker.
  • Pastikan permukaan kayu sudah kering dari kotoran dan sisa minyak.
  • Amplas permukaan kayu agar halus.
  • Encerkan plitur. Ikuti rekomendasi dari produk yang Anda beli. Jangan lupa untuk menggunakan masker. 
  • Aplikasikan cairan plitur ke permukaan kayu, bisa menggunakan kain yang digulung seperti bola atau menggunakan kuas.
  • Tunggu hingga cukup kering untuk diamplas. 
  • Setelah lapisan cukup kering untuk diamplas, lakukan segera proses pengamplasan tanpa menggosok terlalu keras.
  • Kembali aplikasikan plitur. Amplas ketika sudah cukup kering dan permukaan belum merata.
  • Ulangi kegiatan pengaplikasian dan pengampasan hingga beberapa kali sesuai hasil finishing yang diinginkan. Biasanya, untuk hasil yang bagus, minimal plitur diaplikasikan 2 kali.


Lakukan cara di atas dengan teliti, pastikan juga Anda tidak berada pada ruang tertutup, perhatikan sirkulasi udara dengan membuka jendela atau melakukan kegiatan plitur di luar ruangan. Semoga informasi mengenai cara plitur kayu supaya mengkilap ini bisa berguna, dapatkan impra propan di Klopmart sekarang juga!

Baca juga: cat kayu anti rayap

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya