13 Inspirasi Teras Belakang Rumah yang Bikin Betah

Terdapat banyak inspirasi teras belakang rumah yang estetik dan bisa diterapkan pada rumah minimalis. Walaupun lokasi terasnya berada di belakang, bukan berarti Anda harus mengabaikan tampilannya. Anda justru bisa berpikir kreatif dalam membangun teras belakang sehingga menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai.

Tidak sulit sebenarnya membangun teras belakang. Anda bisa mengubah gudang atau ruangan yang tidak terpakai di bagian belakang rumah menjadi teras. Lahan lebih di area belakang juga dapat dimanfaatkan untuk membangun tempat bersantai bagi anggota keluarga.

Pertanyaannya, bagaimana caranya membangun teras belakang agar terlihat lebih indah dan nyaman untuk disinggahi? Cobalah mengintip beberapa inspirasi yang disajikan dalam artikel ini dan terapkan dalam hunian Anda.

Inspirasi Teras Belakang Rumah yang Dapat Diterapkan

Pemilik rumah yang baik tentu ingin semua tampilan rumahnya memiliki kesan yang indah, termasuk teras belakang. Area teras belakang yang estetik justru akan membuat penghuni rumah makin nyaman ketika bersantai. Waktu yang dihabiskan bersama keluarga atau tamu pun menjadi lebih berkualitas karena asyik bercengkerama di area teras belakang.

Sama seperti membangun ruangan lainnya, Anda pasti membutuhkan inspirasi desain sebagai bayangan teras belakang rumah. Kabar bagusnya, teras belakang bisa dibangun menjadi area serbaguna, mulai dari tempat bermain anak, area berkebun, acara kecil bersama keluarga atau teman, atau sekadar tempat berteduh dan melepas penat. Langsung lihat saja berbagai inspirasi teras belakang rumah di bawah ini.

1. Pendopo untuk Bersantai

Pendopo alias gazebo selalu menjadi tempat bersantai yang nyaman di teras belakang. Anda bisa membuatnya lebih modern dengan menambahkan kursi, bantal, dan meja. Tambahkan juga lampu tumblr sebagai sumber penerangan di malam hari.

2. Kolam Kecil di Tengah Teras

Opsi kedua, Anda bisa membangun kolam kecil di tengah teras belakang. Tambahkan meja dan kursi di sekelilingnya supaya area teras ini bisa menjadi tempat ngopi yang asyik di sore hari. Anda pun dapat menyesuaikan tampilan eksteriornya menjadi bergaya Mediterania yang penuh warna.

3. Jalan Setapak dari Batu-batuan

Inspirasi sederhana ini cukup membuat teras belakang rumah Anda terlihat lebih menawan. Jalan setapak dari batu alam akan menambah kesan estetik layaknya negeri dongeng pada rumah belakang Anda. Agar kesan estetiknya makin terasa, pajanglah beberapa tanaman yang cantik di sekeliling jalan setapaknya.

4. Taman Bermain Mini

Opsi ini sangat ideal kalau Anda ingin memberikan pengalaman terbaik untuk anak saat di rumah. Anda bisa memasang perosotan mini, bak pasir, atau ayunan sehingga anak lebih leluasa saat bermain di teras belakang. Daripada mengaspal jalannya, Anda bisa menanam rumput supaya lebih aman.

5. Gudang Mini di Pojokan

Masih ingin membuat tempat penyimpanan barang tak terpakai? Anda bisa membuat gudang mini di area pojokan teras belakang. Warnai gudangnya dengan warna hijau yang serasi agar tidak terlihat usang atau kumuh. Tambahkan juga tanaman berupa pohon mini untuk tampilan teras belakang yang lebih asri.

6. Dek Kayu Tempat Berkumpul

Tidak perlu khawatir kalau Anda ingin membuat tempat berkumpul dengan sofa dan meja. Anda cukup membuat dek kayu yang lebih tinggi sebagai alas untuk menaruh furnitur di atasnya. Area ini bisa menjadi tempat berkumpul yang pas bersama keluarga pada malam hari.

7. Tempat Sarapan atau Bertamu

Teras belakang pun bisa menjadi tempat alternatif untuk menjamu tamu yang datang ke rumah. Anda bisa menyambungkan area teras belakang dengan pagar depan supaya privasi bagian dalam rumah tetap terjaga. Tambahkan meja dan kursi supaya mereka bisa rileks sambil menikmati pemandangan teras yang indah.

8. Tempat Bersantai yang Estetik

Inspirasi teras belakang rumah ini dapat memberikan kenyamanan saat bersantai pada malam hari. Caranya pun sederhana, cukup tambahkan tenda, bantal, tikar kecil, dan lampu tumblr untuk menghiasi terasnya. Area ini bisa dijadikan pula sebagai tempat untuk menonton film bersama keluarga atau sahabat.

9. Area Berkebun

Salurkan hobi berkebun Anda dengan memajang koleksi tanaman hias di teras belakang. Dindingnya dapat dilapisi dengan batu alam sehingga menonjolkan kesan alami pada rumah Anda. Jangan lupa untuk menata setiap tanamannya agar terlihat rapi. Anda pun dapat menggantung tanamannya jika tidak ada tempat yang cukup di bawahnya.

10. Kolam Renang dan Gazebo

Teras belakang rumah dapat menjadi tempat bersantai yang menyegarkan dengan adanya kolam renang. Tambahkan juga gazebo sebagai tempat bersantai sejenak setelah berolahraga di area ini. Hias juga gazebonya dengan tambahan sofa, hammock, kursi, dan sebagainya supaya Anda makin puas menghabiskan waktu di area ini.

11. Ayunan dan Pohon

Area teras belakang rumah memiliki pohon yang cukup besar? Daripada menebangnya, tambahkan saja ayunan yang digantung di ranting pohon tersebut agar anak makin senang bermain di rumah. Area ini bisa menjadi tempat membangun bonding yang bagus antara orang tua dan anak.

12. Area Rumah Kaca

Pilihan lainnya yang tak kalah menarik adalah membangun rumah kaca di teras belakang rumah. Rumah kaca ini bisa menjadi tempat bersantai, sarana hiburan, atau tempat koleksi tanaman Anda. Pastikan Anda pohon besar di sekelilingnya supaya area ini tetap sejuk meski matahari sedang terik.

13. Area Bermain bersama Hewan Peliharaan

Hampir semua orang memiliki hewan peliharaan di rumahnya. Sebagai bentuk cinta kepada hewan peliharaan, Anda bisa mengubah teras belakang menjadi tempat bermain mereka. Selain menambahkan kandang dan peralatan hewan peliharaan lainnya, tanamkan pula rumput hijau supaya menjadi area bermain yang menyenangkan.

Semua inspirasi teras belakang rumah di atas terlihat menarik, bukan? Anda bisa menyontek salah satu desain atau memadukan beberapa desain agar terlihat lebih menarik. Namun, pastikan perabotan di teras belakang tidak terlalu banyak supaya tetap nyaman saat disinggahi.

Jangan lupa untuk menggunakan bahan bangunan yang berkualitas dan telah memiliki sertifikasi SNI saat membangun area teras belakang. Anda dapat memanfaatkan material gypsum untuk membangun plafon atau partisi dinding yang membatasi interior dan teras belakang rumah. Kini, Anda bisa mendapatkan gipsum secara online dengan mudah hanya di Klopmart.

Klopmart menyediakan layanan jual gypsum terdekat bagi Anda yang tinggal di area Jabodetabek dan sekitarnya. Kami menyediakan gipsum dari Aplus, Jayaboard, dan GRC yang merupakan merek ternama di Indonesia. Hasilnya, dinding teras belakang terlihat lebih kuat dan tidak mudah roboh karena menggunakan gipsum dari tiga merek tersebut. 

Anda pun bisa mendapatkan harga grosir apabila membeli dalam jumlah banyak dan gratis ongkir hingga barangnya tiba di rumah. Hubungi kami sekarang juga untuk memesan gypsum dan bahan bangunan lainnya supaya Anda bisa membangun teras belakang yang cantik. 

Bangunlah teras belakang impian Anda yang terinspirasi dari artikel ini. Siapa tahu rumah Anda menjadi inspirasi teras belakang rumah yang menarik bagi pembaca lainnya karena memiliki tampilan menarik dan estetik.

Sumber:

https://artikel.rumah123.com/12-inspirasi-teras-belakang-rumah-bisa-jadi-tempat-kumpul-keluarga-yang-nyaman-68042


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
01 Nov 2022

Related Article