Cat Kayu Anti Rayap beserta Panduan Lengkap Menggunakannya

Furnitur digunakan di rumah untuk berbagai tujuan, mulai dari meletakkan barang-barang, rak buku, hingga berfungsi sebagai pajangan. Kebanyakan furnitur terbuat dari material kayu, yang dirancang sedemikian rupa hingga terlihat menarik. Masalahnya, material kayu sangat rentan terhadap serangan rayap atau juga dikenal dengan semut putih. Rayap menggerogoti kayu hingga furnitur Anda keropos tanpa disadari. Hal ini tentu berbahaya karena berpotensi menyebabkan ambruk.

Kabar baiknya, melindungi furnitur kayu dari serangan rayap sama sekali tidak mustahil dilakukan. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan mengecat atau melapisi furnitur dengan cat kayu anti rayap.

Ciri-ciri furnitur Anda terkena serangan rayap

Sebelum mengetahui cara mengecat furnitur dengan cat kayu tersebut, ada baiknya Anda mempelajari dulu ciri-ciri serangan rayap pada furnitur material kayu. Ini dia beberapa di antaranya:

Muncul serbuk-serbuk kayu di dalam atau di sekitar area furnitur

Saat rayap memakan kayu, ia akan meninggalkan serbuk-serbuk sisa kayu tersebut. Jadi apabila tiba-tiba muncul kumpulan serbuk kayu di dalam furnitur, atau mungkin di area sekitarnya, kemungkinan besar furnitur kayu Anda terkena serangan rayap.

Furnitur terdengar berongga atau terasa tipis

Biasanya rayap memakan kayu dari dalam ke luar, sehingga meninggalkan kayu dan cat furnitur dengan lapisan yang menipis. Coba ketuk area furnitur yang diserang rayap, jika terdengar berongga, bisa jadi itu karena diserang rayap.

Pintu furnitur terasa sulit dibuka

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rayap akan meninggalkan semacam serbuk atau kotoran saat ia memakan kayu. Nah, tumbukan kotoran ini membentuk area protektif yang menyimpan kelembapan udara. Alhasil, kayu pun akan membengkak sehingga membuat Anda sulit untuk membuka pintu furnitur.

Muncul sayap rayap yang rontok

Apabila Anda menemukan kemunculan sayap rayap di dalam atau area sekitar furnitur, bisa dipastikan bahwa furnitur Anda terkena serangan rayap. Sayap-sayap tersebut rontok dan terkumpul di dalalm furnitur Anda.

Cara mengecat furnitur dengan jenis cat tersebut

Jangan panik apabila mendapati furnitur Anda sudah menjadi korban serangan rayap. Saatnya Anda melapisi furnitur di rumah Anda dengan cat kayu anti rayap. Berikut panduan singkatnya yang bisa Anda terapkan:

Amplas permukaan furnitur kayu

Sebelum mulai mengecat furnitur dengan cat, pastikan bahwa permukaan kayu sudah rata dan licin. Anda bisa memastikannya dengan meraba permukaan furnitur menggunakan tangan. Jika ternyata permukaannya tidak merata, Anda disarankan untuk mengamplasnya terlebih dulu. Bersihkan juga permukaan furnitur tersebut dari debu dan kotoran. Agar hasil amplas maksimal, sebaiknya gunakan amplas aluminimum oxide maksimal nomor 220.

Gunakan wood filler

Untuk mempermudah proses pelapisan furnitur dengan jenis cat tersebut, selanjutnya Anda dianjurkan untuk menutup pori-pori pada permukaan furnitur kayu menggunakan produk wood filler. Dengan begini, proses finishing pun akan lebih cepat.

Oleskan cat kayunya

Setelah menunggu wood filler kering, saatnya Anda mengoleskan atau mengaplikasikan cat pada furnitur kayu. Diamkan semalaman untuk hasil maksimal. Sebaiknya pilih cat yang memiliki ketahanan warna optimal sehingga Anda tidak perlu melakukan pelapisan coating ulang setiap tahunnya.

Cat kayu anti rayap memang dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi serangan rayap pada furnitur kayu. Namun, ingatlah kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati. Jadi, sebelum meletakkan furnitur kayu, ada baiknya untuk melapisinya dengan jenis cat kayu itu terlebih dulu. Semoga bermanfaat!

Artikel Menarik Lainnya : 7 Tips Membasmi Laron


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
27 Sep 2019

Related Article