4 Ciri-Ciri Furnitur Terkena Serangan Rayap yang Bermaterial Kayu

Furnitur digunakan di rumah untuk berbagai tujuan, mulai dari meletakkan barang-barang, rak buku, hingga berfungsi sebagai pajangan. Kebanyakan furnitur terbuat dari material kayu, yang dirancang sedemikian rupa hingga terlihat menarik. Masalahnya, material kayu sangat rentan terhadap serangan rayap atau juga dikenal dengan semut putih. Rayap menggerogoti kayu hingga furnitur Anda keropos tanpa disadari. Hal ini tentu berbahaya karena berpotensi menyebabkan ambruk.

Kabar baiknya, melindungi furnitur kayu dari serangan rayap sama sekali tidak mustahil dilakukan. Salah satu cara yang cukup efektif adalah dengan mengecat atau melapisi furnitur dengan cat kayu anti rayap.

Ciri-Ciri Furnitur Anda Terkena Serangan Rayap

Ciri-Ciri Furnitur Anda Terkena Serangan Rayap

Sebelum mengetahui cara mengecat furnitur dengan cat kayu tersebut, ada baiknya Anda mempelajari dulu ciri-ciri serangan rayap pada furnitur material kayu. Ini dia beberapa di antaranya:

1. Muncul Serbuk-Serbuk Kayu di Dalam atau di Sekitar Area Furnitur

Saat rayap memakan kayu, ia akan meninggalkan serbuk-serbuk sisa kayu tersebut. Jadi, apabila tiba-tiba muncul kumpulan serbuk kayu di dalam furnitur, atau mungkin di area sekitarnya, kemungkinan besar furnitur kayu Anda terkena serangan rayap.

Baca juga: Jenis-jenis kayu Indonesia

2. Furnitur Terdengar Berongga atau Terasa Tipis

Biasanya rayap memakan kayu dari dalam ke luar, sehingga meninggalkan kayu dan cat furnitur dengan lapisan yang menipis. Coba ketuk area furnitur yang diserang rayap, jika terdengar berongga, bisa jadi itu karena diserang rayap.


3. Pintu Furnitur Terasa Sulit Dibuka

Seperti yang disebutkan sebelumnya, rayap akan meninggalkan semacam serbuk atau kotoran saat ia memakan kayu. Nah, tumbukan kotoran ini membentuk area protektif yang menyimpan kelembapan udara. Alhasil, kayu pun akan membengkak sehingga membuat Anda sulit untuk membuka pintu furnitur.

Baca juga: Berapa Ukuran Standar Kusen Pintu yang Benar dan Pas?

4. Muncul Sayap Rayap yang Rontok

Apabila Anda menemukan kemunculan sayap rayap di dalam atau area sekitar furnitur, bisa dipastikan bahwa furnitur Anda terkena serangan rayap. Sayap-sayap tersebut rontok dan terkumpul di dalam furnitur Anda.

Cara Mengecat Furnitur dengan Jenis Cat Tersebut

Cara Mengecat Furnitur dengan Jenis Cat

Jangan panik apabila mendapati furnitur Anda sudah menjadi korban serangan rayap. Saatnya Anda melapisi furnitur di rumah Anda dengan cat kayu anti rayap. Berikut panduan singkatnya yang bisa Anda terapkan:

1. Amplas Permukaan Furnitur Kayu

Sebelum mulai mengecat furnitur dengan cat, pastikan bahwa permukaan kayu sudah rata dan licin. Anda bisa memastikannya dengan meraba permukaan furnitur menggunakan tangan.

Jika ternyata permukaannya tidak merata, Anda disarankan untuk mengamplasnya terlebih dulu. Bersihkan juga permukaan furnitur tersebut dari debu dan kotoran. Agar hasil amplas maksimal, sebaiknya gunakan amplas aluminimum oxide maksimal nomor 220.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Laron di Rumah dengan Efektif

2. Gunakan Wood Filler

Untuk mempermudah proses pelapisan furnitur dengan jenis cat tersebut, selanjutnya Anda dianjurkan untuk menutup pori-pori pada permukaan furnitur kayu menggunakan produk wood filler. Dengan begini, proses finishing pun akan lebih cepat.

3. Oleskan Cat Kayunya

Setelah menunggu wood filler kering, saatnya Anda mengoleskan atau mengaplikasikan cat pada furnitur kayu. Diamkan semalaman untuk hasil maksimal.

Sebaiknya pilih cat yang memiliki ketahanan warna optimal sehingga Anda tidak perlu melakukan pelapisan coating ulang setiap tahunnya.

Baca juga: 15 Kerajinan Dari Kayu Palet Untuk Rumah Anda

Rekomendasi Cat Kayu Anti Rayap Terbaik

Cat kayu anti rayap memang dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengatasi serangan rayap pada furnitur kayu. Namun, ingatlah kata pepatah: lebih baik mencegah daripada mengobati.

Jadi, sebelum meletakkan furnitur kayu, ada baiknya untuk melapisinya dengan jenis cat kayu itu terlebih dulu.

Berikut ini produk cat kayu anti rayap yang Klopmart rekomendasikan:

1. Cat Kayu FTALIT

Cat Kayu Besi FTALIT Silver 115-998-im-1

Pilihan cat kayu anti rayap yang pertama yaitu Kansai FTALIT. Produk cat kayu ini bisa Anda jadikan pilihan utama untuk mengecat berbagai permukaan kayu. seperti pintu dan kusen jendela.

Tidak hanya untuk kayu, cat yang satu ini juga dapat diaplikasikan untuk besi. Menariknya, cat ini lebih cepat kering dan lebih tahan lama.

Baca juga: 5 Jenis Kayu Olahan Untuk Furniture yang Bisa Menjadi Pilihan Anda

2. Cat Kayu SEIV

Cat Besi & Kayu Seiv-im-1

Cat selanjutnya adalah Cat Seiv. Cat ini diformulasikan untuk menghasilkan cat yang ramah lingkungan sehingga tidak berbau menyengat dan tidak beracun.

Selain itu, cat ini cocok digunakan untuk interior dan eksterior, termasuk juga untuk menghasilkan kayu yang anti rayap.

3. Cat Kayu Nippon Bee Brand 1000

Cat Kayu Tahan Rayap Nippon Bee 1000

Cat kayu anti rayap selanjutnya datang dari Nippon Paint. Bee Brand 1000 merupakan cat sistetis enamel yang memiliki kandungan dasar resin alkyd berkualitas tinggi. Dengan bahan dasar tersebut, menjadikan cat ini cepat kering.

Terdapat beberapa keunggulan yang menjadikan produk cat ini direkomendasikan oleh Klopmart, yaitu sangat mudah diaplikasikan pada struktur kayu, dapat dicuci dengan mudah, serta hasilnya halus merata. Selain itu, cat ini merupakan jenis cat anti jamur, menghasilkan warna yang tahan lama dan tahan cuaca ekstrem sehingga cocok pula digunakan untuk interior dan eksterior.

Baca juga: Inilah Cara Mencampur Cat Kayu Dengan Thinner Dengan Benar

4. Belmont Natural Coat Wood Clear

Belmont Natural Coat Wood Clear Doff-im-1

Belmont Natural Coat Wood adalah rekomendasi cat kayu selanjutnya. Terdapat 2 varian yang dapat Anda pilih yaitu doff dan gloss. Belmont Natural Coat Wood Clear memberikan lapisan dan perlindungan terhadap barang-barang yang terbuat dari kayu, misalnya mebel dan panel kayu. 

Cat ini dapat melindungi kayu dari pelapukan yang disebabkan paparan sinar matahari dan anti air karena berbahan dasar full acrylic.

Keunggulan dari menggunakan cat ini adalah tidak akan menutup serat furnitur Anda sehingga akan terlihat lebih halus dan alami, serta terlihat mengkilap dan transparan.

5. Cat Kayu Propan Impra Aqua Wood Filler AWF-911

Propan Impra Aqua Wood Filler AWF-911

Cat kayu anti rayap yang terakhir adalah cat Propan Impra Aqua. Cat ini layaknya dempul karena dapat mengisi pori-pori bahkan lubang dalam kayu.

Selain mudah meresap, kering, dan memiliki daya rekat yang baik, cat ini dapat membuat kualitas furnitur Anda akan terjaga dengan baik karena kemampuannya untuk mengisi pori-pori kayu tadi. Rayap tidak dapat bersarang di lubang atau pori-pori lagi sehingga menjadikannya sebagai cat kayu anti rayap.


Kesimpulan

Itulah lima cat kayu anti rayap terbaik beserta panduan penggunaannya. Apabila Anda berniat untuk membuat atau membeli furnitur, jangan lupa untuk melapisinya dengan cat anti rayap agar furnitur Anda lebih estetis dan tahan lama.

Anda dapat memilih cat kayu Kansai FTALIT, Belmont Natural Coat Wood, dan Propan Impra Aqua Wood Filler AWF-911. Untuk mendapatkan rekomendasi cat yang telah disebutkan di atas, Anda bisa membelinya melalui Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya
2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Cat dan Kimia

2 Rekomendasi Cat untuk Mural Dinding Terbaik bagi Seniman

Selengkapnya
Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Serupa tapi Tak Sama!

Cat dan Kimia

Perbedaan Cat Air, Cat Akrilik dan Cat Minyak, Serupa tapi Tak Sama!

Selengkapnya