Atap & Lantai

Kelebihan dan Kekurangan Genteng Aspal Bitumen yang Jarang Diketahui

Media
21 Apr 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Penutup atap yang satu ini sedang digemari para pemilik rumah, seiring dengan berkembangnya penggunaan rangka atap baja ringan yang memang sedang marak.

Rangka atap baja ringan untuk saat ini dianggap solusi terbaik untuk mengatasi lapuknya rangka atap kayu akibat rayap. Pertanyaannya: Di manakah letak kesalahannya? Pada pembuatan rangka kayunya atau memang rayapnya yang kian ganas? Mungkin kita perlu mempelajari tentang mengatasi serangan rayap pada kesempatan berikutnya. Setuju?


Genteng Aspal ini pertama kali diperkenalkan di Negeri Paman Sam, yaitu Amerika Serikat pada 1904. Waduh, sudah lama sekali ada, ya? Genteng ini dibuat dari serat kayu/selulosa dan aspal dengan proses pemanasan suhu tinggi sehingga didapatkan genteng aspal yang lentur tetapi kuat. Bagian atasnya dilapisi resin bertekstur sehingga tidak licin saat diinjak.

Genteng aspal dapat digunakan pada hampir seluruh jenis rangka atap, baik yang terbuat dari kayu, baja ringan, maupun beton. Selain itu, genteng aspal dipasarkan dengan berbagai macam warna menarik, sehingga semakin banyak diminati.

Sebelum memutuskan untuk memilih genteng aspal sebagai penutup atap Anda, ada baiknya kita pelajari bebereapa keunggulan dan kelemahannya terlebih dahulu. I guess that’s fair enough.
 

Kelebihan Genteng Aspal  

1. Kuat, lentur dan tahan air dan api

Beberapa produsen bahkan mengklaim bahwa produknya mampu menahan tekanan oleh angin berkecepatan hingga 96,5 km/jam.
 

2. Usia pakai cukup panjang

Beberapa produsen bahkan memberi garansi hingga 30 tahun
 

3. Bobotnya ringan

Hampir seperenam dari bobot genteng beton atau genteng keramik. Hal ini meringankan bobot total atap yang ditopang rangka atap.
 

4. Memiliki banyak variasi warna yang menarik

Hal ini membuat genteng aspal memiliki rentang luas untuk digunakan pada berbagai warna dinding rumah.
 

5. Desainnya simple dan minimalis

Cocok digunakan pada berbagai jenis model desain rumah, khususnya rumah berdesain minimalis. Dan juga dapat mengikuti berbagai model atap rumah, bahkan untuk kemiringan yang cukup curam.
 

6. Mampu meredam suara dari luar

Bahkan saat hujan pun tidak terlalu berisik. Rumah dapat menjadi nyaman saat musim hujan.
 

7. Praktis dalam pemasangan

Pemasangan penutup atap jenis ini dapat dikerjakan dengan waktu yang singkat.

Baca juga: Macam Jenis Genteng Rumah
 

Kekurangan Genteng Aspal

1. Biaya yang mahal

Harga penutup atap yang satu ini boleh dibilang cukup mahal
 

2. Membutuhkan tenaga ahli atau profesional

Proses pemasangan memerlukan tukang berkeahlian khusus dan juga berpengalaman supaya hasilnya memuaskan. Untuk proses perbaikan atap ini juga memerlukan tukang bangunan berkeahlian khusus serta berpengalaman dengan genteng aspal. Tidak bisa diperbaiki oleh sembarang tukang bangunan.
 

3. Membutuhkan material pendukung

Pada proses pemasangan, perlu dilandasi dulu oleh multipleks sebelum dilapisi genteng aspal. Hal ini untuk memperkuat struktur genteng aspal. Sayangnya akan menambah jumlah biaya pemasangan genteng aspal.

Nah, setelah mempelajari keunggulan dan kelemahan genteng aspal ini, Anda dapat mempertimbangkan dengan lebih baik dalam pemilihan penutup atap rumah Anda.

Baca juga: Jenis Genteng Yang Tidak Menyerap Panas


Inspirasi Lainnya

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Saniter

Contoh RAB Tandon Air dari Beton dan Hal yang Perlu Diperhatikan

Selengkapnya
Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Saniter

Cara Membuat Menara Tandon Air dari Baja Ringan

Selengkapnya
Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Konstruksi

Konstruksi Menara Tandon Air: Cara Membuatnya dari Besi Siku dan Beton

Selengkapnya