8 Jenis Atap yang Tidak Panas Untuk Rumah Anda

Atap rumah sejatinya berfungsi untuk melindungi orang-orang di dalam rumah dari keadaan di luar rumah. Dengan memilih dan menggunakan jenis atap rumah yang tepat, Anda tidak hanya dapat mempercantik tampilan rumah tetapi juga melindungi diri Anda dan keluarga Anda. Sebagai orang Indonesia, tentunya Anda mengetahui kalau cuaca dapat menjadi sangat panas di beberapa daerah. Sebagai solusinya, Anda harus tahu jenis-jenis atap yang tidak panas.

Walaupun setiap atap rumah memang dapat melindungi Anda dari panas, ada beberapa jenis atap rumah yang tidak panas yang dapat menahan panas lebih baik, atau biasa disebut sebagai atap anti panas. Dengan menggunakan atap anti panas, Anda dapat memastika kalau Anda dan keluarga Anda dapat terlindungi dari panas secara lebih maksimal. Berikut adalah beberapa jenis atap rumah yang tidak panas yang dapat Anda pilih.

Jenis Atap Rumah Yang Tidak Panas

Secara umum, apa yang membuat sebuah jenis atap rumah menjadi atap rumah yang tidak panas adalah bahannya. Dengen mengetahui bahan pembuat sebuah atap, Anda akan dengan mudah mengetahui apakah jenis atap rumah tersebut akan menyerap panas atau tidak. Berikut adalah beberapa jenis atap rumah anti panas yang dapat membuat suasana sejuk dan nyaman di dalam rumah Anda


1. Atap Tanah Liat

Atap berbahan tanah liat memang sudah sejak zaman dahulu digunakan. Hal ini karena jenis atap rumah satu ini sangat tidak mudah menyerap panas. Bahkan, atap berbahan tanah liat memiliki kemampuan meredam panas yang hampir sempurna sehingga udara di dalam rumah Anda akan tetap terasa sejuk dan nyaman bahkan saat siang hari.

Tidak heran kalau sekarang ini masih banyak rumah masyarakat yang menggunakan atap tanah liat karena sudah terbukti membuat suasana dalam rumah tetap sejuk dan aman dari panas sinar matahari. Namun, perlu diperhatikan konstruksi penopang genteng yang harus sangat kuat karena genteng tanah liat memiliki beban cukup berat.

2. Atap Metal

Metal adalah material atap yang juga sangat ampuh meredam panas. Atap metal sendiri awalnya adalah inovasi di mana atap ini memiliki sifat kokoh dan kuat namun juga memiliki bobot yag lumayan ringan.

Keunggulan metal sebagai material atap adalah metal tidak hanya dapat meredam panas, tetapi juga mematulkannya. Hal ini membuat panas matahari hampir tidak akan bisa masuk dari atap Anda sehingga Anda dan keluarga Anda dapat terhindar dari udara panas di dalam rumah.

Atap metal sendiri telah menjadi alternatif populer dari atap tanah liat. Hal ini karena atap metal memiliki tampilan yang lebih modern serta bobot yang lebih ringan.

Baca Juga: Apakah Genteng Metal Panas dan Cara Untuk Meredamnya

3. Genteng Metal Pasir

Beda dengan genteng metal yang terbuat dari logam anti karat, genteng metal pasir terbuat dari bahan dasar zinc alume dengan bagian bawah dilapisi back coat zinc alluminium coating, primary epoxy, zinc phospat, synthetic resin, stone chip, dan acrylic finishing.

Genteng ini sering pula disebut sebagai genteng metal batuan FULO ROOF karena memiliki lapisan polypropylene dan serbuk batuan. Berkat lapisan serbuk batuan alami, genteng metal pasir jadi genteng yang tidak menyerap panas sekaligus genteng yang mampu meredam suara air hujan yang jatuh di atasnya.

4. Atap Asbes

Genteng asbes memiliki bentuk yang lebar dan berat yang relatif ringan. Alhasil, genteng asbes mudah dipasang sebagai atap rumah atau atap bangunan lainnya tanpa membutuhkan penyangga yang banyak. Kelebihan bahan asbes adalah mampu menahan panas dan terik matahari sehingga bangunan tetap terasa adem.

5. Atap keramik / glazur

Jika Anda mencari atap yang ramah lingkungan, maka jenis atap rumah satu ini dapat menjadi pilihan bagi Anda. Genteng ini bahan utamanya adalah keramik, namun dengan penambahan proses finishing menggunakan glazur.

Bahan bakunya yang terbuat dari keramik membuat jenis genteng ini bisa diwarnai sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus khawatir warnanya akan pudar seiring dengan waktu.

Di samping unggul dalam hal pilihan warna, genteng keramik dengan finishing glazur juga kokoh serta tahan lama. Tidak akan rusak hanya karena cuaca ekstrem seperti panas, hujan, angin, dan lainnya. Namun, saat pemasangan harus diperhatikan tingkat kemiringannya yang harus 30 derajat supaya air hujan bisa mengalir dengan sempurna.

6. Atap Beton

Kalau berbicara perihal kekokohan dan daya tahan, maka material beton jelas adalah nama yang tidak dapat dilewatkan. Tetapi, beton ternyata tidak hanya berfungsi sebagai bahan dinding atau pondasi rumah. Beton juga dapat digunakan sebagai material atap.

Selain Anda akan mendapatkan atap rumah dengan daya tahan yang kuat, Anda juga akan mendapatkan atap yang tahan panas. Dengan menggunakan beton sebagai material atap, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang kondisi atap rumah Anda karena atap beton dikenal sebagai anti lapuk.

Tetapi, dengan semua kelebihannya, tentu atap beton harus datang dengan harga yang cukup mahal dibandingkan harga atap lainnya. Jika Anda memiliki uang, maka jangan ragu-ragu untuk membeli atap yang mewah ini.

7. Atap Sirap atau Kayu Ulin

Atap rumah satu ini memiliki asal dari Kalimantan. Anda mungkin pernah melihat jenis atap ini pada gazebo atau rumah tradisional lainnya.

Selain menawarkan perlindungan dari panas, atap sirap atau atap kayu ulin ini juga menawarkan sentuhan estetik. Hanya saja, jenis atap rumah satu ini memiliki kekurangan dalam segi harga, daya tahan, dan perawatannya.


8. Atap uPVC

Beberapa dari Anda mungkin berpikir kalau jenis atap rumah satu ini serupa dengan atap PVC. Padahal, atap uPVC adalah jenis atap yang sangat berbeda.

Meskipun terbuat dari bahan atau material yang sama, atap uPVC diklaim dapat bertahan dalam berbagai jenis cuaca, tanah dengan sinar matahari, serta tidak mudah terbakar.

Bahkan kini ada varian atap uPVC yang sudah dilengkapi dengan anti sinar UV untuk semakin memaksimalkan perlindungan rumah Anda dari serangan panas matahari.

Itulah dia beberapa jenis atap yang tidak panas untuk melindungi rumah Anda. Atap sejatinya berfungsi untuk melindungi orang-orang di dalam bangunan dari cuaca di luar. Dengan memilih jenis atap yang tepat, Anda dapat memastikan Anda dan keluarga Anda dapat terhindar dari panas bahkan pada siang hari.

Sekarang waktunya Anda menentukan sendiri mana bahan genteng yang akan dipasang sebagai atap rumah. Apa pun nanti pilihan bahan genteng yang Anda inginkan, tetap belanjanya di Klopmart!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya