Bagaimana Mendapatkan Genteng yang Tidak Menyerap Panas?

Pada dasarnya, rumah yang nyaman memang tidak dilihat hanya dari segi desain dan konstruksi saja, tapi juga pemilihan bahan bangunan yang akan membuat penghuni betah tinggal di dalamnya. Rumah nyaman memang ada baiknya yang membuat Anda tidak merasa lelah dan kepanasan. Tentu saja faktor yang paling berpengaruh dalam hal ini adalah pemilihan bahan genteng. Genteng yang tidak menyerap panas akan membuat suasana di dalam rumah terasa sejuk. Seperti apa cara memilih bahan genteng yang bisa jadi peredam panas matahari?

Genteng tanah liat

Sejak zaman dahulu, genteng yang terbuat dari tanah liat sudah banyak digunakan oleh para leluhur karena memang sifatnya yang tidak mudah menyerap panas. Genteng tanah liat memiliki kemampuan meredam panas yang sempurna, sehingga rumah tidak akan terasa panas saat siang hari.

Tidak heran kalau sekarang ini masih banyak rumah masyarakat yang menggunakan genteng tanah liat karena sudah terbukti membuat suasana dalam rumah tetap sejuk dan aman dari panas sinar matahari. Namun, perlu diperhatikan konstruksi penopang genteng yang harus sangat kuat karena genteng tanah liat memiliki beban cukup berat.

Genteng metal

Metal adalah genteng yang tidak menyerap panas dan merupakan inovasi terbaru untuk menutupi rumah. Genteng metal terbuat dari logam anti karat dan memiliki bobot yang lumayan ringan. Keunggulan utama dari genteng metal adalah kemampuannya dalam memantulkan panas sinar matahari sehingga menjaga rumah tetap nyaman. Genteng metal bisa jadi alternatif bahan genteng untuk rumah Anda karena sekilas mirip genteng tanah liat namun dengan bobot yang lebih ringan.

Genteng metal pasir

Beda dengan genteng metal yang terbuat dari logam anti karat, genteng metal pasir terbuat dari bahan dasar zinc alume dengan bagian bawah dilapisi back coat zinc alluminium coating, primary epoxy, zinc phospat, synthetic resin, stone chip, dan acrylic finishing.

Genteng ini sering pula disebut sebagai genteng metal batuan FULO ROOF karena memiliki lapisan polypropylene dan serbuk batuan. Berkat lapisan serbuk batuan alami, genteng metal pasir jadi genteng yang tidak menyerap panas sekaligus genteng yang mampu meredam suara air hujan yang jatuh di atasnya.

Genteng asbes

Genteng asbes memiliki bentuk yang lebar dan berat yang relatif ringan. Alhasil, genteng asbes mudah dipasang sebagai atap rumah atau atap bangunan lainnya tanpa membutuhkan penyangga yang banyak. Kelebihan bahan asbes adalah mampu menahan panas dan terik matahari sehingga bangunan tetap terasa adem.

Genteng keramik/glazur

Pilihan terakhir genteng yang tidak menyerap panas adalah genteng dengan bahan keramik/glazur. Genteng ini bahan utamanya adalah keramik, namun dengan penambahan proses finishing menggunakan glazur. Bahan bakunya yang terbuat dari keramik membuat jenis genteng ini bisa diwarnai sesuai dengan keinginan Anda tanpa harus khawatir warnanya akan pudar seiring dengan waktu.

Di samping unggul dalam hal pilihan warna, genteng keramik dengan finishing glazur juga kokoh serta tahan lama. Tidak akan rusak hanya karena cuaca ekstrem seperti panas, hujan, angin, dan lainnya. Namun, saat pemasangan harus diperhatikan tingkat kemiringannya yang harus 30 derajat supaya air hujan bisa mengalir dengan sempurna.

Demikian beberapa pilihan bahan genteng yang tidak menyerap panas. Sekarang waktunya Anda menentukan sendiri mana bahan genteng yang akan dipasang sebagai atap rumah. Apa pun nanti pilihan bahan genteng yang Anda inginkan, tetap belanjanya di Klopmart!


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
13 Jul 2020

Related Article