Apa Itu Obeng Ketok? Ketahui Pengertian, dan Cara Menggunakannya

Masih banyak orang yang belum mengetahui fungsi obeng ketok dan bagaimana cara menggunakan obeng ketok. Padahal, alat yang satu ini memiliki fungsi yang sangat berguna untuk berbagai macam kebutuhan konstruksi.

Lantas, apa saja sih fungsi obeng ketok? Bagaimana cara menggunakan obeng ketok? Sebelum menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya jika Anda mengetahui apa itu obeng ketok terlebih dahulu. Mari simak penjelasannya di bawah ini!

Apa Itu Obeng Ketok?

Obeng ketok, atau impact driver, adalah obeng yang dapat mengencangkan atau melepaskan sekrup dengan kekencangan atau kekuatan yang lebih baik. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan obeng ketok untuk melepaskan sekrup yang sudah terpasang sangat kencang, seperti pada blok mesin, dan tidak bisa dibuka menggunakan obeng biasa.

Obeng ketok memiliki bentuk seperti selongsong yang terbuat dari material logam. Bobot dari obeng ketok juga dapat dibilang cukup berat untuk ukuran obeng. Di dalamnya, ada sebuah mekanisme penggerak yang akan memberikan rotasi atau putaran, yang cukup kuat untuk melepas sekrup yang terpasang dengan kencang, ketika bagian belakangnya dipukul atau diketok menggunakan palu.

Sama seperti obeng kebanyakan, di bagian depan obeng ketok terdapat soket khusus untuk menempatkan berbagai macam mata obeng. Artinya, Anda dapat membongkar pasang dan menyesuaikan mata obeng yang ingin digunakan sesuai dengan sekrupnya. Ketika Anda membeli obeng ketok, biasanya Anda akan diberikan beberapa mata obeng, baik itu untuk ukuran plus maupun minus.


Jenis-Jenis Obeng Ketok

Terdapat dua jenis obeng ketok, yaitu obeng ketok manual dan obeng ketok mesin. Mari simak selengkapnya di bawah ini.

1. Obeng Ketok Manual

Obeng ketok manual terdiri dari selongsong luar berat yang mengelilingi inti dalam yang disambungkan padanya. Spline dari obeng ketok manual melengkung sehingga ketika pengguna memukul bagian belakangnya dengan palu, gaya ke bawahnya akan bekerja pada spline untuk menghasilkan gaya putar pada inti dan soket atau mata obeng apa pun yang terpasang padanya.

Obeng ketok manual menerjemahkan inersia rotasi yang berat dari selongsong ke inti yang lebih ringan untuk menghasilkan torsi dalam jumlah besar. Pada saat yang sama, pukulan keras dari palu akan memaksa penggerak tumbukan maju ke dalam sekrup yang mengurangi atau menghilangkan cam keluar. Atribut tersebut bermanfaat untuk sekrup yang rentan terhadap cam out.

Baca juga: 

2. Obeng Ketok Mesin

Obeng ketok mesin biasanya menggunakan baterai, bentuknya sendiri mirip dengan bor listrik. Cara kerja dari obeng ketok mesin juga mirip dengan bor listrik ketika digunakan untuk mengencangkan atau melepaskan sekrup, bedanya obeng ketok mesin akan memberikan tenaga pukulan kepada sekrup. Jadi, tenaga yang dihasilkan untuk mengencangkan atau melepaskan sekrup dapat lebih kuat.

Fungsi Obeng Ketok

Fungsi obeng ketok ini sama seperti obeng lainnya, yaitu untuk memasang atau melepaskan sekrup. Namun, obeng ketok ini memiliki kelebihan daripada obeng biasa, yaitu obeng ketok dibuat khusus untuk mengencangkan sekrup dengan kekuatan lebih serta melepaskan sekrup yang menempel terlalu kencang (over torque) atau berkarat dan sulit dilepaskan menggunakan obeng biasa.

Obeng ketok biasanya digunakan oleh montir-montir di bengkel. Sekrup yang ada di blok mesin biasanya harus terpasang dengan sangat kencang agar mesin dapat bekerja dengan baik. Jadi, obeng ketok ini sangat penting dimiliki oleh setiap bengkel agar montir dapat melepaskan atau mengencangkan sekrup yang ada di blok mesin.

Bagaimana Cara Menggunakan Obeng Ketok?

Cara menggunakan obeng ketok kurang lebih mirip seperti menggunakan obeng biasa. Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mengetahui bagaimana cara menggunakan obeng ketok.

1. Pilih dan Pasang Mata Obeng yang Sesuai

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah dengan memilih mata obeng yang sesuai dengan sekrup yang ingin dipasang atau dilepaskan. Sebagai contoh, jika sekrup yang ingin dipasang atau dilepas adalah sekrup plus, maka Anda harus memilih mata obeng dengan ujung yang berbentuk plus. Setelah itu, pasang mata obeng tersebut ke soket yang ada. Pastikan mata obeng yang dipasang pas dan tidak kendur.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Obeng Terbaik untuk Anda

2. Pasang Obeng Ketok ke Sekrup dengan Tegak Lurus

Jika obeng ketok sudah siap digunakan, selanjutnya Anda dapat memasang obeng ketok ke sekrup yang ingin dipasang atau dilepaskan. Namun, pastikan posisi obeng ketok tegak lurus agar obeng ketok tidak merusak sekrup.

3. Putar Obeng Ketok Sesuai Arah Memasang atau Melepas

Setelah obeng ketok dipasang ke sekrup, Anda dapat memutarnya sesuai kebutuhan. Sebagai contoh, jika ingin memasang atau mengencangkan sekrup, maka Anda harus memutar obeng ketok sesuai arah jarum jam atau ke kanan. Sebaliknya, jika ingin melepaskan sekrup, maka Anda perlu memutar obeng sekrup berlawanan dengan arah jarum jam atau ke kiri.


4. Tahan Posisi dan Pukul Bagian Belakang Obeng Ketok

Setelah posisi obeng ketok benar dan pas, tahan posisi obeng ketok sambil menekannya. Selanjutnya, pukul bagian belakang obeng ketok dengan palu atau alat sejenisnya sampai mata obeng dan sekrup bergerak atau berputar dengan sendirinya ke arah yang diinginkan.

Baca juga: Mengenal Macam-macam Obeng dan Fungsinya

Jika Anda sedang mencari obeng pantek untuk keperluan konstruksi atau keperluan lainnya, Anda dapat menemukannya di Klopmart. Selain obeng pantek, masih ada berbagai macam material yang dapat ditemukan di Klopmart. Anda dapat memesan berbagai macam material dengan online dan pesanan akan langsung dikirimkan ke alamat tujuan. Semoga penjelasan mengenai fungsi obeng ketok dan bagaimana cara menggunakan obeng ketok ini dapat membantu.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya