Atap & Lantai

14 Model Keramik Kamar Mandi Minimalis dan Kekinian

Media
01 Jun 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Model atau motif keramik dinding  kamar mandi minimalis membuat tampilan ruangan terlihat makin modern. Ya, gaya minimalis identik dengan kesan modern dan futuristik pada sebuah ruangan. Tidak heran desain ini sangat populer dan banyak diterapkan di rumah-rumah Indonesia saat ini. Hampir seluruh ruangan dalam rumah mereka pun juga mulai menerapkan gaya minimalis, termasuk kamar mandinya.

Kesan minimalis pada ruangan tentu dihadirkan melalui penggunaan setiap elemen di dalamnya. Pada kamar mandi, salah satu elemen minimalisnya terletak pada model keramik yang dipasang. Namun, tidak semua model keramik bisa dicap minimalis sehingga cocok diterapkan. Lantas, apa saja model keramik yang tepat untuk menghias kamar mandi? Bacalah artikel ini untuk mengetahui jawabannya.

Model Keramik Kamar Mandi Minimalis untuk Rumah Anda

Desain keramik minimalis mengutamakan kesederhanaan unsur, bentuk, dan corak pada permukaannya. Meski sederhana, keramik minimalis memiliki desain rapi sehingga tetap menarik saat dilihat. Kesederhanaan desain keramik tentu menghasilkan kesan terbaik pada kamar mandi sehingga lebih nyaman saat digunakan. Nilai fungsionalitas ruangan ini bertambah karena pengguna tidak terganggu dengan model keramik yang terlalu ramai.

Keramik minimalis tersedia dalam variasi model dan ukuran. Sebagai pemilik rumah, Anda tentu mendambakan model keramik yang tepat untuk kamar mandi, bukan? Pemilihan model yang benar akan menciptakan efek dramatis pada ruangannya. Kamar mandi berukuran kecil pun terasa luas jika Anda teliti memilih model keramiknya.

Apa saja model keramik minimalis yang bisa diterapkan di kamar mandi Anda?

1. Model Vertikal

Keramik tidak selalu tersedia dalam bentuk segi empat. Persegi panjang kecil juga merupakan varian bentuk keramik yang cukup menarik untuk kamar mandi. Keramik model ini bisa dipajang di dinding secara vertikal agar menghasilkan kesan modern. Dinding pun terlihat lebih menonjol apabila keramiknya dipajang dengan pola zig-zag seperti memasang batu bata. Pasang nat berwarna gelap untuk keramik putih untuk sentuhan industrialis.

Baca juga: 9 Perpaduan Warna Keramik Kamar Mandi yang Tidak Norak

2. Model Geometris

Geometri merupakan salah satu desain yang lazim ditemukan pada dekorasi minimalis. Model keramik ini membuat kamar mandi terlihat unik dan lebih berkarakter. Pilihlah warna-warna monokrom supaya Anda merasa lebih rileks ketika menghabiskan waktu di kamar mandi setelah seharian berkutat dengan pekerjaan.

3. Model Bertekstur

Tekstur yang menonjol membuat dinding area basah ini Anda terlihat lebih indah tanpa perlu menambah dekorasinya. Keramik model bertekstur ini bisa dibuat secara custom sehingga cocok dengan desain kamar mandi impian Anda. Umumnya, model tekstur dipajang di dinding sehingga menghasilkan kesan timbul yang menarik. Padukan keramik ini dengan warna kontras di bagian lantainya sehingga ruangan terlihat lebih indah.

4. Model Marble

Keramik marble selalu berhasil memikat hati karena keindahan desainnya. Selain ini, model keramik ini tidak akan lekang oleh waktu jadi Anda tidak cepat bosan melihatnya. Umumnya, orang memilih keramik marble berwarna putih atau abu-abu. Namun, warna hitam tidak kalah indah dengan corak marble bewarna emas yang menghiasinya. Keramik hitam pun membuat kamar mandi lebih elegan dan berkelas, jadi tidak ada salahnya menerapkan warna ini.

Baca juga: 8 Warna Keramik Kamar Mandi yang Tidak Mudah Kotor

5. Model Dekoratif

Bentuk-bentuk dekoratif pada keramik membuat interior ruangan terlihat lebih indah. Biasanya, model dekoratif ini merupakan kombinasi antara dua warna yang berbeda dan disusun sedemikian rupa. Selain memilih bentuknya, Anda perlu memilih warna keramik yang tepat supaya tampilan kamar mandi lebih modis. Jika ukuran kamar mandi cukup luas, Anda bisa menggunakan kombinasi warna emas dan hitam sehingga ruangan tampak glamor dan berwarna.

6. Model Mosaik

Bagaimana penerapan keramik model mosaik pada ruangan minimalis yang tepat supaya tidak terlalu ramai? Anda tidak perlu memasang keramik mosaik di seluruh area, cukup di beberapa bagian tertentu saja, contohnya bagian tengah dinding. Sisanya, Anda bisa memasang keramik warna lain atau melapisi kamar mandi dengan bahan pelapis High Pressure Laminated (HPL). Kunci pentingnya, pilihlah desain mosaik yang tidak terlalu mencolok dan padukan dengan warna keramik yang serasi.

7. Model Poligon

Belakangan ini, banyak orang memilih keramik model poligon seperti segi enam untuk menghias ruangannya. Rata-rata keramik poligon memiliki corak pudar bahkan polos, tetapi tetap elegan saat dilihat. Keramik ini juga cocok untuk menciptakan kesan minimalis pada kamar mandi. Anda bisa memasang nat di sekeliling keramiknya supaya ruangannya terlihat lebih menarik saat dipandang.

Baca juga: 7 Jenis Keramik Kamar Mandi Anti Licin dan Berpola Indah

8. Model Tradisional

Keramik model tradisional seperti corak bunga-bunga atau mosaik juga masih cocok digunakan pada ruangan minimalis, asalkan tidak memenuhi areanya. Meski menggunakan model tradisional, Anda bisa menghasilkan kesan modern dengan memadukan keramiknya. Contohnya, keramik floral dapat dipasang di atas keramik polos yang dipasang di dinding. Ketika memilih paduannya, jangan lupa untuk memerhatikan kecocokan desain keramik satu sama lain.

9. Model Heksagonal 

Untuk memberikan kesan artistik pada kamar mandi, Anda bisa menggunakan motif keramik heksagonal atau segi enam. Motif ini memiliki nuansa modern dan dapat dikombinasikan dengan aksen hiasan dinding atau tanaman kecil untuk memberikan efek yang menenangkan secara visual. Motif ini cocok untuk diterapkan dalam rumah dengan gaya minimalis atau industrial.

10. Model Zig Zag 

Kamar mandi dengan konsep minimalis sering kali memberikan kesan modern dan rapi. Namun, Anda dapat mengubahnya agar tidak terasa monoton dengan menambahkan sentuhan motif zigzag. Dengan memadukan dua warna yang kontras dan menerapkan motif zigzag, Anda dapat menciptakan tampilan yang lebih dinamis dalam ruangan tersebut.

11. Model Fish Scale BARU

Motif fish scale atau motif yang menyerupai sisik ikan sering digunakan pada rumah dengan gaya arsitektur Victoria. Penggunaan gradasi warna tosca dalam motif ini dapat memberikan kesan kesegaran dan ketenangan di dalam ruangan. Tida hanya itu, motif dan warnanya juga memberikan tampilan artistik yang membuat ruangan terlihat lebih luas dan menarik perhatian. Umumnya, keramik dengan motif ini ditempatkan di dinding sekitar area pancuran atau dekat wastafel, menciptakan sentuhan dekoratif yang menarik.

12. Model Kayu 

Bagi mereka yang menyukai gaya rustic dan alami, motif kayu adalah pilihan yang tepat. Keramik dengan motif kayu berwarna cokelat dapat memberikan kesan hangat dan menenangkan di kamar mandi. Meskipun memiliki motif kayu, keramik ini tidak membuat kamar mandi terlihat kuno, malah memberikan kesan elegan dan modern. Motif kayu pada keramik juga dapat menciptakan suasana yang romantis di kamar mandi. Pilihan model ini cocok untuk kamar mandi pasangan baru yang ingin menciptakan suasana yang romantis dan hangat.

13. Model Teraso

Keramik motif Teraso memiliki berbagai corak dan warna yang berasal dari campuran semen, pasir, serta pecahan marmer, keramik, kaca, dan kulit kerang. Keramik Teraso terkenal karena kekuatannya yang tinggi dan daya tahannya yang baik. Tidak hanya itu, keramik model ini juga nyaman digunakan sebagai lantai karena mampu memberikan sensasi sejuk saat cuaca panas dan memberikan rasa hangat ketika suhu dingin.

14. Model Stamford 

Apabila Anda menginginkan kamar mandi dengan nuansa cerah namun tetap elegan, pilihan yang tepat adalah keramik motif stamford. Biasanya keramik dengan motif ini sering digunakan untuk ruang tengah atau teras. Namun, karena sifatnya yang anti-slip atau tidak licin, keramik ini juga aman untuk digunakan di kamar mandi. Motifnya yang unik dan cantik akan memberikan sentuhan seni dan nuansa eksotis pada kamar mandi Anda.

Banyak sekali model keramik untuk kamar mandi yang tersedia di pasaran, tetapi Anda harus teliti memilihnya. Kesalahan dalam memilih modelnya dapat mengurangi kenyamanan area ini. Anda boleh memadukan dua atau lebih model di atas, tetapi gunakan kombinasi corak atau warna yang tepat agar keramiknya terlihat serasi dan tidak saling menabrak ketika dipasang.

Saat proses pemasangan, gunakan bahan perekat berkualitas dan terjamin supaya keramiknya menempel sempurna. Kami merekomendasikan cat keramik kamar mandi PROPAN yang mudah diaplikasikan dengan kuas atau rol sehingga menghemat waktu pemasangan keramiknya. Cat keramik ini juga memiliki daya lekat yang baik sehingga keramik tidak mudah lepas. Dapatkan produknya di Klopmart segera setelah memilih model keramik kamar mandi minimalis impian Anda.

Sumber rujukan:

  • https://stylesatlife.com/articles/bathroom-tiles-design/ 
  • https://www.mydomaine.com/bathroom-tile-ideas https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/minimalis/ 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya