Cara Pasang Paving Block Untuk Taman atau Halaman Rumah

Cara pasang paving block yang tepat dan rapi membuat tampilan taman atau halaman rumah menjadi lebih estetik. Keindahan eksterior semakin bertambah dengan hadirnya jalan setapak yang disusun sesuai polanya. Halaman rumah yang awalnya berupa aspal atau tanah jadi lebih menarik dengan susunan paving block yang selaras satu sama lainnya.

Paving block atau lebih dikenal sebagai conblock sejatinya merupakan material bangunan seperti batu-bata, tapi didesain dengan beragam bentuk dan rupa serta memiliki variasi warna. Bahan penyusunnya tetap sama, yakni terbuat dari campuran semen, pasir, dan air. 

Selain sebagai penambah estetika, paving block berfungsi pula sebagai alas halaman yang kokoh dan tidak gampang retak. Paving block lebih tahan air dan tidak licin sehingga nyaman saat dilangkahi. Perawatannya memang mudah, hanya saja pemasangan paving block harus dilakukan secara teliti agar menghasilkan desain yang menarik dan estetik.

Cara Pasang Paving Block agar Rapi

Prinsip pemasangan paving block hampir mirip seperti memasang ubin atau keramik di lantai interior rumah. Perbedaannya terletak pada bahan bangunan pendukung serta peralatan yang digunakan. Bentuk paving block yang bervariasi membuat pekerjaan ini terlihat lebih rumit dibandingkan menyusun ubin yang lebih simetris.

Berapa ukuran paving block yang tepat untuk halaman rumah saya? Anda harus paham dulu bahwa ukuran paving block tergantung pada model materialnya. Saat melihat galeri paving block di toko bangunan, pilih saja dulu model yang disukai. Anda akan mengetahui ukurannya, kemudian menentukan kuantitas pembeliannya agar bisa menutupi area halaman rumah Anda.

Lantas, bagaimana cara memasang paving block di jalanan agar tidak berantakan? Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Siapkan Material dan Peralatan

Pastikan Anda sudah menyiapkan material dan peralatan yang dibutuhkan untuk membangun jalanan paving block. Setiap bahan bangunan dan peralatan tentu memiliki fungsinya masing-masing, jadi jangan sampai mengabaikannya.

Jika Anda tidak tahu peralatan yang dibutuhkan untuk proyek ini, simaklah daftar di bawah ini serta fungsinya.

Peralatan Kerja:

  • ​Stamper kuda
  • Cangkul atau sekop
  • Benang patok
  • Palu karet
  • Kayu kaso
  • Stamper kodok
  • Pemotong paving block

Bahan Pendukung:

  • Abu Batu
  • Kanstin Beton
  • Pasir
  • Cat Batu Alam
  • Pengisi Nat

2. Rapikan Lahan Pembangunan

Anda harus merapikan area yang hendak dibangun conblock dulu agar hasil pemasangannya terlihat rata. Bersihkan area pembangunan dari hal-hal yang mengganggu, seperti daun, rumput liar, bebatuan, dan lain-lain. Gunakan cangkul agar Anda dapat membersihkan kotoran kecil yang bisa saja tertimbun di dalam tanah.

Baca juga: Cara Menghitung Luas Tanah Agar Tidak Salah Kaprah

3. Ratakan Tanah di Lahan Pembangunan

Proses ini harus dilakukan agar conblock yang dipasang bisa bertahan lama dan tetap menempel pada tempatnya. Ya, selain kualitas paving block yang dipilih, Anda harus memerhatikan kepadatan tanahnya. Lahan yang dilapisi dengan paving block ini pasti akan dilintasi kendaraan seperti mobil, motor, atau hanya pejalan kaki di atasnya, jadi pertimbangkan beban tanahnya.

Jika tanah masih lembek, lakukan pemadatan menggunakan stamper kuda atau mesin vibro roller. Untuk materialnya, Anda dapat memanfaatkan batu kapur, sirtu, atau makadam. Pastikan tanah sudah cukup kuat untuk dipasangi paving block agar tidak terperosok ke dalam.

4. Lakukan Pengukuran Tanah

Pengukuran atau leveling tanah berguna untuk memastikan ketinggian dan kemiringan paving block yang akan dipasang. Tahap ini dilakukan agar struktur paving block tetap rata dan tidak bergelombang. Selain itu, leveling berguna untuk menghindari potensi munculnya genangan air saat hujan. Air hujan pun lebih mudah menyerap ke tanah apabila proses leveling-nya dilakukan secara tepat.

Baca juga: 8 Manfaat Marmer, Batuan Kapur yang Bercorak Indah

5. Pasang Kanstin Beton

Kanstin merupakan pembatas sisi jalan yang menggunakan susunan paving block. Pemasangan kanstin beton ini bertujuan untuk menjaga posisi paving block agar tidak mudah bergeser saat dipasang. Setiap kepingan conblock yang disusun dapat saling menempel apabila dipasangi kanstin.

Material ini dipasang dengan menempatkan alasnya terlebih dulu agar tanahnya tetap stabil dan kanstin tidak tenggelam. Setelah alasnya selesai dibangun, kanstin beton kemudian dipasang di atasnya. Pemasangan haunching dilakukan setelahnya untuk mengunci kanstin yang sudah dipasang agar tetap pada posisinya.

6. Mulai Memasang Paving Block

Sebelum memasang paving block, Anda harus menebarkan abu batu terlebih dulu di atas area pembangunannya. Sebagai informasi, pola paving block mirip seperti keramik di mana terdapat nat di antara materialnya. Abu batu ini berguna agar nat paving block mampu meresap air.

Setelahnya, barulah Anda memasang paving block sesuai polanya. Begini teknik pemasangannya:

  • Pasang paving block satu per satu sambil mengarah maju ke depan. Berikan celah 1 cm agar bisa diisi oleh nat. Gunakan palu karet agar susunan paving block tetap rapat.

  • Pada area pinggir yang tidak bisa dipasang balok utuh, potong paving block terlebih dulu sesuai polanya. Sesuaikan juga ukuran lebar celahnya agar conblock tidak bergeser dari kanstin yang sudah dipasang.

Baca juga: 4 Cara Mengaci Lantai dengan Mudah dan Rapi

7. Lakukan Finishing

Finishing ini bisa berupa pemadatan akhir menggunakan stamper kodok, mengisi celah paving block dengan nat, dan mengecat conblock. Pemasangan nat harus diperlukan agar paving block tetap stabil pada posisinya. Pemadatan pun harus dilakukan agar conblock tidak bergelombang dan tetap rata pada tempatnya.

Anda dapat mengecat conblock dengan cat batu alam propan untuk tampilan yang lebih elegan. Propan Stone Care/Cat Batu Candi ini memiliki keunggulan, yaitu warna yang lebih tahan lama meski cuaca berubah. Dapatkan produk cat batu alam ini secara online hanya di KlopMart dan rasakan kecepatan pengirimannya hingga sampai ke rumah Anda.

Anda sudah memahami langkah-langkah memasang paving block yang rapi dan tidak bergeser? Bookmark artikel cara pasang paving block ini untuk dipraktikkan di rumah Anda.

Sumber artikel:

  • https://www.pinhome.id/kamus-istilah-properti/paving-block/ 
  • https://www.masterblockindonesia.com/cara-pemasangan-paving-block/ 
  • https://asiacon.co.id/blog/cara-pasang-paving-block-conblock

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
18 Apr 2022

Related Article