Cara Mudah Menghitung Luas Tanah yang Bisa Anda Coba

Kegiatan menghitung luas tanah tentunya bukanlah kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh setiap orang. Menghitung luas tanah biasanya hanya dilakukan saat akan menjual atau membeli tanah. Menghitung luas tanah pun bukanlah hal yang mudah dilakukan apalagi jika matematika bukanlah bidang yang Anda kuasai.

Namun, bagi orang yang akan membeli dan menjual tanah tentunya harus melakukan perhitungan luasnya dengan teliti agar bisa mematok harga yang tepat. Menghitung luas tanah pun sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara menghitung manual atau bahkan dengan menggunakan aplikasi. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya? Berikut ini penjelasannya.

 

Cara Menghitung Luas Tanah Secara Manual

Sampai saat ini cara menghitung luas tanah secara manual masih sangat sering dilakukan. Malah cara yang satu ini disebut sebagai cara yang paling tepat sehingga hasilnya bisa lebih akurat. Menghitung luas tanah dengan manual, sebaiknya dilakukan oleh beberapa orang agar bisa memudahkan pekerjaan.

Saat akan menghitung luas tanah secara manual, maka Anda membutuhkan beberapa benda seperti pita ukur, patok atau benda lain yang bisa digunakan sebagai penanda, pensil, dan buku catatan. Selain itu, alat hitung seperti kalkulator juga diperlukan untuk memudahkan saat sedang menghitung.

Setelah semua alat yang diperlukan sudah terkumpul, pertama-tama Anda harus memasang patok atau penanda di setiap sudut tanah yang akan dihitung luasnya. Kemudian Anda bisa mulai membuat sketsa dari tanah yang diukur dan berikan tanda untuk titik A, B, C, dan D. Setelah itu ambil pita ukur dan mulai ukur dari setiap titik sudut tanah.

Hasil pengukuran dari pita ukur, sebaiknya segera ditulis di atas sketsa. Misalkan dari hasil pengukuran tadi diketahui jarak A ke B adalah 8,2 M, kemudian jarak B ke C adalah 4,7 M, jarak C ke D adalah 9,1 M, dan jarak A ke D adalah 5,2 M, maka Anda bisa langsung menghitung luasnya. Menghitung luas tanah ini bisa menggunakan rumus seperti ini.

8

Jadi setelah dilakukan penghitungan dengan rumus seperti di atas, diketahui bahwa luas tanahnya sebesar 41,8175 m2. Menghitung luas tanah dengan cara yang manual memang bisa dengan mudah dilakukan. Namun, melakukan penghitungan tanah dengan cara ini harus lebih teliti saat pengukurannya. Jika terdapat kesalahan saat pengukuran, maka bisa membuat hasilnya tidak sesuai.

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Aplikasi

Menghitung luas tanah secara manual memang bisa dilakukan dengan mudah dan membutuhkan alat-alat yang sederhana saja. Namun, jika lahannya sangat luas, tentunya menghitung dengan cara manual akan lebih sulit dilakukan. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara menghitung luas tanah dengan bantuan aplikasi.

1. Field Area Measure

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk menghitung luas tanah yaitu Field Area Measure. Menggunakan aplikasi ini membuat proses penghitungan tanah berjalan lebih cepat dan tentunya dengan hasil yang cukup akurat. Aplikasi yang satu ini cara mengoperasikannya juga sangat simplesehingga bisa langsung Anda coba. Pertama-tama install dulu aplikasi ini di smartphone. Kemudian pilih tanda “+ (plus)” pada layar utama aplikasi ini. Setelah itu pilih menu “area” dan pilih manual measuring untuk mencari area yang akan dihitung luasnya. Setelah menemukan areanya, maka luas dari area akan langsung ditunjukkan secara otomatis.

2. Area Calculator

Cara menghitung luas tanah dengan aplikasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan Area Calculator. Aplikasi yang satu ini juga tidak kalah canggihnya dan akan memudahkan dalam urusan mengukur luas tanah. Aplikasi ini memiliki fitur seperti bisa memberikan tanda pada area yang akan dihitung luasnya. Area yang sudah dihitung luasnya tersebut datanya juga bisa disimpan sehingga akan mudah untuk mencarinya saat dibutuhkan. Tampilan dari aplikasi ini juga sangat simple sehingga tidak akan membuat Anda kesulitan untuk mencobanya.

3. GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghitung luas tanah yaitu dengan GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement. Aplikasi yang satu ini memiliki berbagai fitur yang bermanfaat untuk menghitung luas tanah. Anda bisa langsung melakukan pemetaan area dengan cepat serta menghitungnya dengan hasil yang pasti akurat. Aplikasi ini cukup populer karena banyak orang yang sudah mengunduhnya. Jika ingin menghitung luas tanah dengan cepat, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini.

Itulah beberapa cara menghitung luas tanah yang bisa Anda coba lakukan. Anda lebih tertarik untuk mencoba menghitung luas tanah dengan cara manual atau dengan bantuan aplikasi?

 

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
17 Mar 2020

Related Article