11 Cara Menghitung Luas Tanah dengan Metode Manual dan Digital yang Perlu Anda Tahu!

Kegiatan menghitung luas tanah tentunya bukanlah kegiatan yang pasti akan dilakukan oleh setiap orang. Menghitung luas tanah biasanya hanya dilakukan saat akan menjual atau membeli tanah atau membuat sertifikat tanah. Menghitung luas tanah pun bukanlah hal yang mudah dilakukan apalagi jika matematika bukanlah bidang yang Anda kuasai.


Namun, bagi orang yang akan membeli dan menjual tanah tentunya harus melakukan perhitungan luasnya dengan teliti agar bisa mematok harga yang tepat. Menghitung luas tanah pun sebenarnya bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari cara menghitung manual atau bahkan dengan menggunakan aplikasi. Penasaran seperti apa langkah-langkahnya? Berikut ini penjelasannya.

Menghitung Luas Tanah Secara Manual

Bagaimana Menghitung Luas Tanah

Anda dapat menghitung luas tanah secara manual dengan menggunakan rumus matematika. Secara garis besar, ada tiga rumus yang dapat membantu Anda mengukur luas tanah. Berikut adalah beberapa rumus yang dapat membantu Anda.

1. Menghitung Luas Tanah Persegi

Cara menghitung luas tanah dengan rumus persegi bisa dibilang merupakan yang paling mudah. Anda tinggal mengukur panjang dan juga lebar dari tanah berbentuk persegi dan mengkalikan keduanya untuk mendapatkan luas tanah Anda.

Misalnya, Anda mendapati panjang tanah Anda di angka 6m dan lebarnya 12m. Maka luas tanah Anda adalah:

Luas Tanah = Panjang x Lebar

Luas Tanah = 6 meter x 12 meter

Luas Tanah = 72 meter persegi.

2. Menghitung Luas Tanah Berbentuk Segitiga

Cara menghitung luas tanah satu ini memiliki beberapa cara di dalamnya. Berbeda dengan rumus persegi, ada banyak cara menghitung luas tanah berbentuk segitiga yang dapat Anda terapkan. Hal ini karena segitiga memiliki lebih banyak variasi bentuk daripada persegi panjang.

Cara pertama yang dapat Anda coba adalah dengan mengetahui semua panjang sudut pada tanah berbenuk segitiga Anda. Dengan mengetahui hal tersebut, Anda bisa mulai menghitung keliling tanah Anda.

Semisal, tanah berbentuk segitiga Anda memiliki panjang masing-masing 7m (A) , 8m (B), dan 9m (C). Maka, Anda tinggal menggunakan rumus:

Keliling Segitiga A, B, C = (A + B + C) : 2

Keliling Segitiga (S) = (7+ 8 + 9) : 2

S = 24 : 2

S = 12.

Setelah mendapatkan keliling segitiga, saatnya menghitung luas tanah Anda.

Luas Segitiga (L) = akar(S x (S - A) x (S - B) x (S-C))

L = akar(12 x (12 - 7) x (12- 8) x (12-9))

L = 26.83 meter persegi.

3. Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Siku-Siku

Selain rumus di atas, Anda juga dapat menerapkan rumus menghitung luas tanah segitiga siku-siku. Untuk menggunakan rumus ini, Anda tinggal mencari panjang alas dan tinggi tanah segitiga Anda.

Misalnya, tanah segitiga Anda memiliki alas 7m dan tingginya di angka 10m. Maka, Anda tinggal menggunakan rumus:

Luas Segitiga (L) = 1/2 x Alas x Tinggi

L = 1/2 x 7 x 10

L = 35 meter persegi.

4. Cara Menghitung Luas Tanah Segitiga Sama Sisi

Rumus untuk menghitung luas tanah dari segitiga sama sisi, yaitu L = 1/4a2akar3, dengan 'a' sebagai panjang sisi, adalah sebagai berikut:

Misalnya, kita punya segitiga sama sisi dengan panjang sisi a=6 meter.

Langkah pertama adalah memasukkan nilai a ke dalam rumus:

L=1/4 x 62 x akar3

L=1/4 ​x 62 x akar3

L=1/4 x 36 x akar3

L=1/4 x 36 x akar3

L= 9 x akar3

Dengan menggunakan kalkulator, kita bisa menghitung nilai dari akar3​ yaitu sekitar 1.732.

Jadi, L= 9 x 1.732

L = 15.588 meter persegi

Jadi, luas tanah dari segitiga sama sisi dengan panjang sisi a=6 meter adalah sekitar 15.588 meter persegi.

5. Menghitung Luas Tanah Bentuk Tidak Beraturan

Kadang, Anda bentuk tanah yang Anda miliki tidak beraturan. Salah sau contoh yang paling sering ditemukan adalah tanah dengan bentuk trapesium.

Untuk dapat menggunakan cara menghitung luas tanah satu ini, Anda cukup mengetahui panjang jumlah rusuk yang sejajar dan juga tinggi dari tanah yang akan diukur.

Misalnya, tanah berbentuk trapesium Anda memiliki dua jumlah rusuk yang sejajar dengan panjang masing-masing 10 dan juga 12 serta tinggi di angka 7 meter. Maka, Anda tinggal menggunakan rumus:

Luas Lahan (L) = 1/2 x (jumlah rusuk sejajar) x tinggi

L = 1/2 x (10 + 12) x 7

L = 1/2 x 22 x 7

L = 77 meter persegi.

Maka, luas tanah yang berbentuk trapesium Anda adalah 77 meter persegi.

Baca juga: Cara Membuat Sertifikat Tanah Sesuai Prosedur yang Berlaku

Cara Menghitung Luas Tanah dengan Software

Cara Menghitung Luas Tanah menggunakan Software

Cara menghitung luas tanah secara manual memang bisa dilakukan dengan mudah dan membutuhkan alat-alat yang sederhana saja. Namun, jika lahannya sangat luas, tentunya menghitung dengan cara menghitung luas tanah dengan manual akan lebih sulit dilakukan. Untuk mengakali hal tersebut, Anda bisa menggunakan cara menghitung luas tanah dengan bantuan aplikasi.

6. GPS Fields Area Measure

Aplikasi pertama yang bisa digunakan untuk menghitung luas tanah yaitu GPS Fields Area Measure. Menggunakan aplikasi ini membuat proses penghitungan tanah berjalan lebih cepat dan tentunya dengan hasil yang cukup akurat.

Aplikasi yang satu ini cara mengoperasikannya juga sangat simplesehingga bisa langsung Anda coba. Pertama-tama install dulu aplikasi ini di smartphone. Kemudian pilih tanda '+ (plus)' pada layar utama aplikasi ini. Setelah itu pilih menu 'area' dan pilih manual measuring untuk mencari area yang akan dihitung luasnya. Setelah menemukan areanya, maka luas dari area akan langsung ditunjukkan secara otomatis.

7. Area Calculator

Cara menghitung luas tanah dengan aplikasi selanjutnya yaitu dengan menggunakan Area Calculator. Aplikasi yang satu ini juga tidak kalah canggihnya dan akan memudahkan dalam urusan mengukur luas tanah.

Aplikasi ini memiliki fitur seperti bisa memberikan tanda pada area yang akan dihitung luasnya. Area yang sudah dihitung luasnya tersebut datanya juga bisa disimpan sehingga akan mudah untuk mencarinya saat dibutuhkan. Tampilan dari aplikasi ini juga sangat simple sehingga tidak akan membuat Anda kesulitan untuk mencobanya.

8. GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan untuk menghitung luas tanah yaitu dengan GPS Area Calculator Perimeter Land Measurement.

Aplikasi yang satu ini memiliki berbagai fitur yang bermanfaat untuk menghitung luas tanah. Anda bisa langsung melakukan pemetaan area dengan cepat serta menghitungnya dengan hasil yang pasti akurat.

Aplikasi ini cukup populer karena banyak orang yang sudah mengunduhnya. Jika ingin menghitung luas tanah dengan cepat, maka Anda bisa mencoba menggunakan aplikasi yang satu ini.

9. Google Maps

Software berikutnya yang dapat Anda gunakan untuk mengukur luas tanah adalah Google Maps.

Google Maps adalah aplikasi buatan Google yang dapat menampilkan informasi geografis tentang sebuah wilayah. Fitur ini dapat Anda gunakan untuk mengukur luas tanah Anda.

Untuk mengukur luas tanah dengan Google Maps, Anda bisa mencoba mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi Google Maps, baik melalui aplikasi bawaan atau dari browser Anda.

  2. Pilih opsi 'Satellite' untuk membantu Anda melihat kondisi tanah sebaik mungkin.

  3. Masukkan alamat tanah yang akan diukur. Atau, Anda juga bisa secara manual mencari tanah yang dimaksud.

  4. Jika sudah menemukan tanah yang ingin diukur, atur pembesaran sesuai kebutuhan Anda. Misalnya pembesaran 1: 5.000

  5. Kemudian, pilih 'Measure Distance' atau 'Ukur Jarak' lalu klik tiap sudut lahan dari batas terluar hingga semua sudut terhubung.

  6. Setelah itu, Anda akan menemukan informasi luas lahan yang Anda pilih.

10. Autocad

Autocad sendiri memiliki beragam jenis, dan salah satu yang populer di kalangan masyarakat adalah software draftsight. Selain memberikan kemudahan, Anda juga dapat mengunduh serial number draftsight secara gratis. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan draftsight yang bisa Anda ikuti agar tidak salah saat menggunakan autocad.

Langkah pertama, buatlah gambar denah dengan menggunakan garis polyline hingga seluruh garis terhubung secara utuh. Setelah itu, blokir semua bidang dengan mengklik garis yang telah digambar. Garis-garis yang sebelumnya lurus akan terlihat berputus-putus.

Kemudian, pada bagian "command section", ketikkan "li" dan tekan tombol "Enter". Hal ini akan memunculkan halaman baru yang mencantumkan berbagai informasi mengenai bidang tanah yang telah digambar, termasuk luas, panjang, tinggi lahan, dan lain-lain.

11. Microsoft Excel

Selain memanfaatkan Google Maps, jarang sekali orang yang menyadari bahwa cara menghitung luas tanah bisa dilakukan menggunakan aplikasi Microsoft Excel. Metode ini juga cukup efektif untuk mendapatkan ukuran lahan yang akurat, terutama jika tanah yang akan dibeli memiliki bentuk segitiga tak beraturan. Berikut adalah beberapa contoh penerapannya:

Perlu dicatat, rumus untuk mencari setengah keliling segitiga (S) sama seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Namun, jika Anda ingin menghitung luas bidang tanah, rumus perhitungannya akan sedikit berbeda.

Untuk menghitung akar di Microsoft Excel, Anda dapat menggunakan rumus =SQRT (angka). Setelah seluruh sudut diperoleh, jumlahkan sudut-sudut tersebut dengan menggunakan rumus =SUM (rentang data).


Kesimpulan

Mulai dari cara manual hingga bantuan aplikasi, menghitung luas tanah bisa dilakukan dengan berbagai metode. Tetapi tentu saja, keakuratan perhitungan sangat penting terutama dalam transaksi jual-beli tanah.

Jika Anda membutuhkan bahan material untuk pembangunan atau renovasi, jangan ragu untuk mengunjungi KlopMart.

KlopMart adalah solusi tepercaya bagi kebutuhan material Anda. Dengan menyediakan berbagai jenis material dari tahap awal hingga finishing, KlopMart menawarkan keamanan dan kenyamanan dalam setiap pembelian. Hubungi KlopMart hari ini dan temukan kebutuhan material Anda dengan mudah!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya