Atap & Lantai

9 Manfaat Marmer, Batuan Kapur yang Bercorak Indah

Media
01 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Mengenal Batu Marmer

Di Indonesia, terdapat daerah penghasil marmer terbesar, diantaranya: Lampung, Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Sumatera Barat.Marmer adalah batuan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Batuan ini berasal dari dolomit atau batu kapur. Di alam, marmer yang asli memiliki warna putih. Ini karena bahan penyusun utamanya terbuat dari mineral kalsit.

Mengapa Batuan Marmer Halus dan Berkilau?


Batuan metamorf dengan nilai ekonomis tinggi ini terlihat berkilau dan halus karena proses geologis yang dialaminya. Marmer terbentuk di bawah tekanan dan panas yang ekstrem yang menyebab butiran mineral saling menyatu sehingga teksturnya lebih halus dan kilau yang dihasilkan karena terdapat kristal mineral seperti kalsium karbonat yang berwarna terang.

 

Ada banyak sekali manfaat marmer di dalam kehidupan kita. Contohnya saja, Anda tentu sudah tidak asing dengan penggunaan marmer sebagai bahan lantai. Coraknya yang indah akan berpadu dengan desain interior rumah keseluruhannya. Di samping itu, corak marmer yang indah juga akan menghasilkan tampilan megah dan mewah.


9 Manfaat Marmer bagi Kehidupan Sehari-hari

Berikut ini delapan manfaat batu marmer dalam kehidupan sehari-hari yang jarang diketahui:

1. Bahan Konstruksi Bangunan

Sebagai batuan alami, marmer memiliki banyak keunggulan yang tidak ditemukan pada batuan alami lainnya. Marmer memiliki ketahanan yang sangat lama sehingga awet dan banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan. Di samping itu, marmer juga mudah dibersihkan dan memiliki penampilan yang menawan.

Oleh karena itu, tidak heran bila marmer dimanfaatkan sebagai batu penghias rumah, seperti bagian lantai, dinding eksterior, venerr, dekorasi rumah, bagian tangga, dan jalan setapak menuju rumah. Alasan manfaat marmer untuk dekorasi interior dan eksterior rumah adalah penampilannya yang megah dan mudah dibersihkan. Meski begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan faktor kerusakan yang mungkin muncul.

Baca juga: inspirasi Desain Dekorasi Ruang Kantor

2. Bahan Dekorasi Rumah


Masih berhubungan dengan desain interior rumah, manfaat marmer adalah untuk membuat hiasan di dalamnya, seperti patung, guci, meja, perapian, dan bagian lainnya. 

Dalam kehidupan sehari-hari, marmer dapat dijadikan sebagai dasar bahan pembuatan furnitur karena marmer memiliki sifat yang lunak karena tembus cahaya, sehingga sangat mudah untuk dibentuk. Di samping itu, marmer juga mudah menyerap cat dan mudah dipahat.

Adapun patung berbahan dasar batu marmer yang paling terkenal di dunia antara lain adalah patung Artemis, yaitu Dewi Yunani buatan Romawi dari abad ke-1 sampai ke-2 M yang ditemukan di Italia.

3. Batu Nisan


Sifat marmer yang mudah dibentuk, memiliki penampilan yang megah dan mewah, serta mudah diukir, menjadikan batu alam ini sebagai batu yang dijadikan alternatif batu nisan.

Di beberapa pemakaman, Anda tentu sering melihat makam yang menggunakan batu nisan dari marmer. Coraknya yang menawan membuat pemakaman tidak menyeramkan dan justru bisa terlihat indah.

Baca juga: Jenis Batu Alam Untuk Dinding Eksterior dan Interior

4. Pupuk Tanaman


Manfaat marmer yang tidak terduga adalah sebagai pupuk tanaman. Caranya, marmer dipanaskan dan diambil zat kapurnya. Saat dipanaskan, karbon dioksida pada marmer akan hilang dan hanya menyisakan zat kapur atau kalsium dioksida. Zat kapur ini bisa digunakan sebagai bahan pupuk di lahan pertanian.

Zat kapur dalam marmer yang dipanaskan akan mengurangi tingkat keasaman dalam tanah. Hasilnya, tanah lebih siap untuk ditanami tanaman karena pH-nya yang sudah dinetralkan.

Lebih lanjut lagi, tanaman yang ditanam pada tanah dengan pH yang netral, dengan adanya kandungan zat kapur di dalamnya, membuat usia hidup tanaman lebih panjang.

5. Penambah Kalsium untuk Pakan Ternak


Batu marmer memiliki kandugandung kalsium sehingga bisa dijadikan sebagai penambah kalsium dalam pakan ternak. Namun, perlu diingat, marmer tidak dapat dijadikan sebagai sumber utama kalsium untuk ternak karena kandungan kalsiumnya rendah. Jadi, disarankan untuk memberi pakan yang kaya kalsium yang bersumber dari tulang daging, kapur barus, dan produk susu.

6. Bahan Dasar Pembersih


Sangat menarik membahas batuan marmer ini karena tidak hanya berguna sebagai hiasan semata. Salah satu manfaat marmer yaitu dapat menjadi bahan dasar pembersih rumah.

Batuan marmer sebagian besar tersusun dari kalsit, yaitu mineral dengan kukuatan mosh tiga. Sehingga batuan marmer dapat digunakan sebagai bahan pembuatan cairan pembersih pada daput ataupun kamar mandi karena kelembutannya yang tidak menimbulkan goresan maupun kerusakan lainnya.

Baca Juga: Hilangkan Noda Pada Marmer

7. Bahan Pewarna


Manfaat marmer juga digunakan dalam industri cat dan kertas sebagai bahan pewarna. Marmer yang berwarna putih akan dicairkan dan digunakan sebagai serbuk putih pembuat pigmen.

Sebagai bahan pewarna, marmer putih ini akan menghasilkan serbuk yang disebut kapur sirih. kapur sirih inilah yang akan menjadi brightener dan pigmen dalam kertas, cat, dan produk lainnya.

8. Penetral Asam


Ternyata batu marmer bisa juga dimanfaatkan sebagai penetral asam loh. Hal ini dapat terjadi sebab batu marmer terdiri dari kalsium karbonat. Dengan demikian, membuat batu marmer menjadi jenis batuan yang sangat efektif untuk menetralisir asam.

Batu marmer yang mencapai kemurnian tertinggi akan hancur menjadi bubuk. Bubuk yang berasal dari hancurnya batu marmer ini kemudian diproses sedemikian rupa hingga siap digunakan sebagai penetral rasa asam.

Umumnya fungsi batu marmer ini digunakan untuk mengurangi asam sungai, asam tanah, asam pada industri kimia, bahkan asam pada tubuh manusia.


9. Alat Terapi


Di bidang kesehatan, manfaat marmer juga tidak kalah banyak. Sebagai alat terapi misalnya, marmer akan dipotong dan digunakan di beberapa titik tubuh bersamaan dengan batu panas. Marmer akan menjadi dekongestan yang ampuh untuk meredakan pembengkakan dalam tubuh. Material satu ini juga dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Jika digunakan bersamaan dengan batu panas, marmer akan mengurangi penyempitan di organ tubuh. Nantinya, aliran darah yang lancar akan membantu menyebarkan nutrisi ke seluruh anggota tubuh sehingga bisa menyembuhkan beragam penyakit. Contohnya saja penyakit peradangan dan luka akut, mengurangi mata panda dan mata bengkak, meningkatkan warna kulit wajah, dan menyembuhkan penyumbatan sinus.

Manfaat marmer yang beragam dalam kehidupan tidak heran menjadikan batuan alam ini banyak dicari dan digunakan. Kalau Anda sedang butuh batuan marmer untuk konstruksi bangunan atau renovasi rumah, bisa lihat beberapa produk yang dimiliki oleh Klopmart. Di Klopmart juga ada banyak barang kebutuhan pembangunan rumah lainnya, seperti pipa, wastafel, keran air, cat tembok, dan yang lainnya. 

Inspirasi Lainnya

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Konstruksi

9 Merk Besi Beton SNI Paling Bermutu di Indonesia 2024

Selengkapnya
10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Konstruksi

10 Rekomendasi Merk Mortar Terbaik: Lebih Kuat dan Tahan Lama

Selengkapnya
10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Konstruksi

10 Merk Semen Terbaik di Indonesia untuk Proyek Bangunan yang Kokoh

Selengkapnya