Manfaat Marmer, Batuan Kapur yang Bercorak Indah

Marmer adalah batuan yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Batuan ini berasal dari dolomit atau batu kapur. Di alam, marmer yang asli memiliki warna putih. Ini karena bahan penyusun utamanya terbuat dari mineral kalsit. Manfaat marmer ini banyak sekali. Contohnya saja, Anda tentu sudah tidak asing dengan penggunaan marmer sebagai bahan lantai. Coraknya yang indah akan berpadu dengan desain interior rumah keseluruhannya. Di samping itu, corak marmer yang indah juga akan menghasilkan tampilan megah dan mewah.

Bahan konstruksi bangunan

Sebagai batuan alami, marmer memiliki banyak keunggulan yang tidak ditemukan pada batuan alami lainnya. Marmer memiliki ketahanan yang sangat lama sehingga awet dan banyak digunakan sebagai konstruksi bangunan. Di samping itu, marmer juga mudah dibersihkan dan memiliki penampilan yang menawan.

Oleh karena itu, tidak heran bila marmer digunakan untuk bahan rumah, seperti bagian lantai, dinding eksterior, venerr, dekorasi rumah, bagian tangga, dan jalan setapak menuju rumah. Alasan manfaat marmer untuk dekorasi interior dan eksterior rumah adalah penampilannya yang megah dan mudah dibersihkan. Meski begitu, Anda tetap harus mempertimbangkan faktor kerusakan yang mungkin muncul.

Bahan dekorasi rumah

Masih berhubungan dengan desain interior rumah, manfaat marmer adalah untuk membuat hiasan di dalamnya, seperti patung, guci, meja, perapian, dan bagian lainnya. Marmer akan dijadikan bahan dasar pembuatan furnitur ini. Marmer memiliki sifat yang lunak karena tembus cahaya, sehingga sangat mudah untuk dibentuk. Di samping itu, marmer juga mudah menyerap cat dan mudah dipahat.

Batu nisan

Sifat marmer yang mudah dibentuk, memiliki penampilan yang megah dan mewah, serta mudah diukir, menjadikan batu alam ini sebagai batu yang dijadikan alternatif batu nisan. Di beberapa pemakaman, Anda tentu sering melihat makam yang menggunakan marmer. Coraknya yang menawan membuat pemakaman tidak menyeramkan dan justru bisa terlihat indah.

Baca Juga : Hilangkan Noda Pada Marmer

Pupuk tanaman

Manfaat marmer yang tidak terduga adalah sebagai pupuk tanaman. Caranya, marmer dipanaskan dan diambil zat kapurnya. Saat dipanaskan, karbon dioksida pada marmer akan hilang dan hanya menyisakan zat kapur atau kalsium dioksida. Zat kapur ini bisa digunakan sebagai bahan pupuk di lahan pertanian.

Zat kapur dalam marmer yang dipanaskan akan mengurangi tingkat keasaman dalam tanah. Hasilnya, tanah lebih siap untuk ditanami tanaman karena pH-nya yang sudah dinetralkan. Lebih lanjut lagi, tanaman yang ditanam pada tanah dengan pH yang netral, dengan adanya kandungan zat kapur di dalamnya, membuat usia hidup tanaman lebih panjang.

Bahan pewarna

Manfaat marmer juga digunakan dalam industri cat dan kertas. Marmer yang berwarna putih akan dicairkan dan digunakan sebagai serbuk putih pembuat pigmen. Marmer putih ini akan menghasilkan serbuk yang disebut kapur sirih. Serbuk sirih ini akan menjadi brightener dan pigmen dalam kertas, cat, dan produk lainnya.

Alat terapi

Di bidang kesehatan, manfaat marmer juga tidak kalah banyak. Marmer akan dipotong dan digunakan di beberapa titik tubuh bersamaan dengan batu panas. Marmer akan menjadi dekongestan yang ampuh untuk meredakan pembengkakan dalam tubuh. Material satu ini juga dapat melancarkan aliran darah dalam tubuh.

Jika digunakan bersamaan dengan batu panas, marmer akan mengurangi penyempitan di organ tubuh. Nantinya, aliran darah yang lancar akan membantu menyebarkan nutrisi ke seluruh anggota tubuh sehingga bisa menyembuhkan beragam penyakit. Contohnya saja penyakit peradangan dan luka akut, mengurangi mata panda dan mata bengkak, meningkatkan warna kulit wajah, dan menyembuhkan penyumbatan sinus.

 

Manfaat marmer yang beragam dalam kehidupan tak heran menjadikan batuan alam ini banyak dicari dan digunakan. Kalau Anda sedang butuh batuan marmer untuk konstruksi bangunan atau renovasi rumah, bisa lihat beberapa produk yang dimiliki oleh Klopmart. Di Klopmart juga ada banyak barang kebutuhan pembangunan rumah lainnya, seperti pipa, wastafel, keran air, cat tembok, dan yang lainnya. 


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
16 Des 2019

Related Article