15 Model Plafon Ruang Keluarga yang Indah Menawan

Apakah saat ini Anda sedang mencari inspirasi untuk model plafon ruang keluarga yang indah? Jika iya, maka Anda dapat menyimak informasi yang akan kami sajikan melalui artikel ini.

Sebagai pemilik rumah, plafon menjadi bagian yang sangat penting di dalam struktur bangunan rumah. Selain untuk memberikan struktur bangunan rumah yang lebih kuat, plafon yang didesain dengan baik tentu akan membuat rumah terasa nyaman untuk ditinggali.

Dari seluruh ruang yang ada di dalam rumah, ruang keluarga menjadi tempat di mana Anda berkumpul dengan orang-orang tersayang. Oleh karenanya, ruang keluarga dengan desain plafon yang indah akan membuat momen kebersamaan Anda dan keluarga menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

Pada pembahasan kali ini, KlopMart sudah menyiapkan berbagai macam rekomendasi model plafon untuk ruang keluarga yang dapat menjadi inspirasi bagi Anda. Namun sebelum masuk ke dalam pembahasan utama, mari kita pahami terlebih dahulu apa itu plafon.

Pengertian Plafon

Plafon merupakan bagian langit-langit rumah yang letaknya berada antara batas dinding dan atap rumah. Plafon ini memiliki fungsi untuk menutup bagian struktur langit-langit rumah. 

Apabila sebuah rumah tidak memiliki plafon, maka Anda dapat melihat dengan jelas struktur tulangan atap rumah, kabel, hingga pipa. Tentu saja penampilan rumah tanpa plafon ini akan terlihat tidak rapi, bukan? Maka dari itu, setiap rumah pasti harus memiliki plafon.

Baca juga: 7 Jenis Plafon Rumah Terbaik yang Cocok untuk Hunian Anda

Rekomendasi Model Plafon Ruang Keluarga untuk Rumah Anda

Memilih model plafon dari berbagai model plafon yang ada memanglah sulit. Untuk memudahkan Anda, kami sudah menyiapkan setidaknya 15 model plafon yang dapat digunakan untuk ruang keluarga di rumah Anda, yaitu:

1. Model Plafon dengan Sistem Pencahayaan Modern

Rekomendasi model plafon ruang keluarga yang pertama adalah model plafon dengan sistem pencahayaan modern. Anda dapat membuat desain plafon yang didominasi dengan sistem pencahayaan yang tersembunyi di sela-sela plafon.

Model plafon ini memiliki level yang dapat didesain sesuai dengan keinginan. Level ini berfungsi untuk menempatkan lampu agar semburat cahayanya tidak langsung mengenai mata.

2. Model Plafon dengan Ornamen Kayu

Apakah Anda suka dengan konsep rumah yang memiliki banyak ornamen kayu? Kayu dapat dimanfaatkan untuk menghias plafon ruang keluarga rumah Anda agar terlihat lebih hangat.

Anda dapat memadukan sentuhan ornamen kayu pada langit-langit rumah dengan pencahayaan warna kuning. Selain itu, untuk mendukung konsep ruang keluarga dengan ornamen kayu ini, Anda juga dapat menambahkan lantai parket dengan warna kayu yang senada.

3. Model Plafon untuk Rumah Minimalis

Bagi Anda yang memiliki rumah minimalis pasti akan menghadapi kesulitan untuk membuat desain plafon rumah yang menarik karena adanya keterbatasan area. Namun, ternyata Anda masih bisa membuat model plafon ruang keluarga yang sederhana.

Untuk model plafon ruang keluarga pada rumah minimalis, Anda hanya perlu memainkan level plafon mengikuti bentuk ruangan. Lalu, tambahkan lampu gantung yang menarik di bagian tengah ruang keluarga untuk memberikan sistem pencahayaan yang cukup.

4. Model Plafon Susun

Plafon dapat diberikan tingkatan bersusun yang dapat menambah nilai keindahan ruang keluarga pada rumah Anda. Tingkatan ini bisa diletakkan sesuai dengan desain yang Anda inginkan. Anda dapat membuat dua hingga tiga tingkatan untuk membuat model plafon susun.

Model plafon ini biasanya dipadukan dengan pemasangan lampu kecil di berbagai sudut plafon. Anda juga bisa menggunakan lampu yang tersembunyi di sela-sela tingkatan plafon.

Baca juga: 9 Model Plafon PVC Ruang Tamu Terbaru 2022

5. Model Plafon Scandinavian

Akhir-akhir ini, rumah dengan gaya scandinavian mulai menarik banyak minat masyarakat di Indonesia. Apa itu gaya scandinavian?

Scandinavian merupakan desain rumah yang diambil dari 3 negara di belahan Eropa Utara yaitu Swedia, Norwegia, dan Swedia. Gaya scandinavian ini sering ditemukan pada desain rumah minimalis.

Anda dapat menggunakan gaya scandinavian ini untuk ruang keluarga dengan menggunakan plafon bertekstur yang didominasi dengan warna abu dan ditambah dengan sistem pencahayaan yang cukup melalui lampu gantung sederhana. Padukan konsep ini dengan perabotan berwarna senada.

6. Model Plafon Klasik

Apakah Anda suka dengan konsep rumah klasik yang memiliki banyak ornamen atau ukiran? Anda dapat menerapkannya untuk membuat ruang keluarga dengan model plafon klasik.

Rekomendasi model plafon ruang keluarga dengan konsep klasik ini didominasi dengan warna vintage yaitu kuning kecokelatan, kemudian Anda dapat menambahkan berbagai ornamen pada pinggiran plafon atau membuat level baru khusus untuk desain ukiran. Model alternatifnya, Anda dapat membuat lukisan pada plafon untuk memperkuat suasana ruang keluarga klasik.

7. Model Plafon untuk Batas Ruang Rendah

Di sebagian rumah ada yang memiliki batasan tinggi ruang yang lebih rendah dibandingkan dengan ukuran batas tinggi ruang standar. Maka dari itu, untuk mendesain plafon ruang keluarga dengan batas tinggi ruang yang rendah, Anda cukup membuatnya terlihat simpel dengan sistem pencahayaan yang cukup.

Anda bisa memainkan warna plafon sesuai dengan warna dasar dari konsep rumah secara keseluruhan. Selain itu, agar ruang keluarga tidak terlihat penuh, sebisa mungkin Anda menghindari penggunaan lampu gantung. 

8. Model Plafon untuk Batas Ruang Tinggi

Rekomendasi model plafon yang terakhir adalah untuk plafon ruang keluarga dengan batas ruang yang tinggi. Biasanya, batas ruang yang tinggi ini dapat ditemukan di rumah 2 lantai atau rumah dengan batas tinggi yang melebihi standar.

Anda dapat membuat ruang keluarga di lantai dasar dengan jebolan langit-langit hingga ke lantai 2. Sebagai dekorasi, Anda dapat menambahkan lampu gantung yang panjang untuk membuat ruang keluarga terlihat mewah dan elegan.

9. Model Plafon dengan Sistem Lampu Terang 

Tampilan ruang tamu minimalis menjadi sangat menarik berkat pencahayaan yang cukup dari plafon, dan semakin menarik dengan sentuhan tema warna krem. Meskipun ukurannya tidak besar, ruang keluarga ini nyaman untuk semua anggota keluarga saat berkumpul bersama.

10. Model Plafon dengan Nuansa Islami 

Desain interior rumah keluarga Islami ini terlihat sangat nyaman, terutama dengan plafon yang memiliki desain unik dan dinding yang indah. Dengan mengombinasikan beberapa warna, ruangan menjadi lebih estetis dan kehadiran dekorasi Islami semakin menambah keindahan ruangan tersebut.

11. Model Plafon Cove Menggunakan Lampu Kuning 

Desain plafon ini memberi kesan ruangan yang hangat dan nyaman. Plafon ini menggunakan cahaya lampu kuning yang memberikan nuansa cerah. Dengan tambahan warna cerah lainnya, ruangan menjadi semakin nyaman untuk dihuni. Plafon ini biasanya cocok dikombinasikan dengan warna-warna tua maupun muda.

12. Model Plafon Industrial Menggunakan Instalasi Pipa 

Desain plafon bergaya industrial ini terinspirasi dari bangunan pabrik yang menggunakan pipa-pipa sebagai bagian dari struktur bangunan. Hal ini membuat tampilan plafon menjadi unik dan menarik perhatian.

Tidak banyak hunian yang menggunakan desain seperti ini, sehingga ruang tamu dengan plafon bergaya industrial ini sangat unik dan menarik. Selain itu, desain plafon ini dapat dipadukan dengan berbagai macam tema dekorasi lainnya.

13. Model Plafon Kayu Miring Bergaya Country 

Desain plafon ruang tamu yang terlihat pada gambar ini dibentuk sesuai dengan bentuk bangunan, sehingga dapat dipasang di ruang tamu dengan sudut dinding yang lain. Jenis plafon ini sangat cocok untuk rumah dengan gaya country. Biasanya, warna putih adalah pilihan tepat untuk melengkapi plafon kayu tersebut.

14. Model Plafon Hijau dan Putih di Ruang Tamu Classic 

Desain yang menarik pada kali ini adalah paduan antara warna hijau dan putih yang memberikan kesan segar dan menawan pada ruang tamu. Warna hijau dan putih sangat cocok bila dipadukan dengan tepat, dan akan memberikan kesan klasik yang elegan pada ruang tamu Anda. Sebelumnya, ruang tamu ini telah dipadukan dengan dua warna yaitu abu-abu dan putih, namun paduan warna hijau dan putih ini memberikan nuansa yang lebih segar dan menawan.

15. Model Plafon Plywood yang Nyatu dengan Dinding 

Plafon Plywood memiliki konsep yang unik dan langka karena jarang ditemukan hunian yang memiliki dinding dan plafon yang menyatu. Desain plafon ini menarik perhatian para desainer rumah untuk menciptakan plafon dengan desain yang menarik seperti ini. Plafon Plywood terlihat sangat natural karena tidak diwarnai dan hanya dilapisi cat untuk membuatnya terlihat lebih mengkilap.

Baca juga: 7 Warna Cat Ruang Keluarga yang Mampu Memberikan Kehangatan Saat Berkumpul

Jadi, itulah informasi yang dapat kami berikan untuk Anda. Apabila Anda membutuhkan bahan material untuk pembuatan plafon rumah, KlopMart menyediakan jual gypsum terdekat yang bisa dipesan dan diantar langsung sesuai dengan kebutuhan. Silakan hubungi kami sekarang juga untuk melakukan pemesanan dan sekian informasi mengenai 8 model plafon ruang keluarga yang indah.
 

Sumber rujukan:

  • https://www.dekoruma.com/artikel/32166/desain-plafon-minimalis-rumah-kecil
  • https://artikel.rumah123.com/10-ide-desain-plafon-ruang-keluarga-yang-super-keren-rumah-jadi-lebih-mewah-95273
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya