Besi Bangunan

Inilah Cara Menghitung Besi dari Kg ke Batang yang Mudah

Media
18 Mar 2022

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Saat menentukan berapa banyak besi yang dibutuhkan dalam pembangunan rumah, Anda dapat menggunakan cara menghitung besi dari kg ke batang yang akan dibahas melalui artikel ini. Dengan melakukan konversi dari kg ke batang, Anda dapat mengetahui dengan pasti berapa banyak besi yang harus dibeli agar sesuai dengan kebutuhan saat pembangunan rumah nanti.

Cara mengonversi besi dari satuan kg menjadi batang sangatlah mudah. Mari simak caranya langsung melalui informasi dari Klopmart di bawah ini.

Bagaimana Cara Menghitung Besi dari Kg Ke Batang?

Untuk menghitung besi dari kg ke batang, Anda dapat menggunakan rumus berikut ini, yaitu:

Konversi Batang = Volume Besi / (Berat Besi x Panjang Besi)

Contoh Perhitungan

Sebagai contoh, misalkan Anda ingin membutuhkan besi beton dengan total volume sebesar 200 kg. Besi beton yang dijual di toko material memiliki panjang 12 m dan beratnya sebesar 5,04 kg/m. Maka jika diterapkan ke dalam rumus, beginilah total konversi batang yang didapatkan:

Konversi Batang = 200 / (5,04 x 12)
Konversi Batang = 200 / 60,48 
Konversi Batang = 3,3 batang atau 4 batang

Jadi, dari contoh soal di atas, besi beton yang dibutuhkan untuk pembangunan rumah tersebut adalah 4 batang.

Ketika Anda akan membeli besi, mintalah informasi lengkap seputar panjang, diameter, dan berat tiap jenis besi yang tersedia. Setiap besi memiliki ukuran yang berbeda-beda sehingga Anda membutuhkan daftar ukuran tersebut untuk dapat menentukan berapa batang besi yang harus dibeli.

Baca juga: Cara Mengetahui Ukuran Besi untuk Tiang Rumah 2 Lantai

Bagaimana Cara Memilih Besi untuk Konstruksi Rumah?

Dalam memilih besi untuk konstruksi rumah, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan, yaitu:

1. Pastikan Besi Sudah Memiliki Label SNI

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ketika akan membeli besi adalah memastikan besi tersebut sudah memiliki label SNI (Standar Nasional Indonesia). Besi yang sudah memiliki label SNI tentu sudah melalui berbagai uji kelayakan yang menentukan apakah besi tersebut memiliki kualitas yang baik.

Untuk mengetahui apakah besi tersebut sudah memiliki label SNI atau belum, Anda dapat mengecek nama produsennya melalui daftar nama di website SNI. Selain itu, Anda bisa melihat huruf SNI pada kode produk yang tertempel pada setiap besi yang dijual ke pembeli.

Baca juga: Inilah Daftar Merk Besi Beton SNI yang Bisa Anda Temukan di Pasaran

2. Pilih Besi dengan Kondisi yang Masih Baik

Meskipun setiap besi sudah memiliki label SNI, namun Anda harus memastikan bahwa besi tersebut masih dalam kondisi yang baik. Besi dengan kondisi yang tidak baik dapat dilihat dari munculnya korosi di bagian tertentu dan tentu saja akan sangat membahayakan apabila besi tersebut masih digunakan dalam konstruksi rumah Anda.

3. Pahami Jenis-jenis Besi dan Fungsinya

Ada berbagai macam besi yang tersedia mulai dari besi beton, besi hollow, besi UNP, besi CNP, besi siku, dan masih banyak lagi. Anda harus memahami apa saja jenis-jenis besi tersebut beserta fungsinya agar dapat menyesuaikan dengan konstruksi rumah yang akan dibangun.

Di Klopmart, kami menyediakan berbagai macam besi yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan untuk konstruksi rumah yang akan dilakukan. Salah satu jenis besi yang sering dibeli oleh pelanggan kami selain besi beton adalah besi siku galvanis.

Besi siku biasanya digunakan pada bagian konstruksi rumah yang berbentuk siku seperti tangga. Jadi, silakan hubungi kami sekarang juga apabila Anda membutuhkan besi siku galvanis berkualitas dan semoga informasi mengenai cara menghitung besi dari kg ke batang di atas dapat bermanfaat.

Sumber artikel:

  • https://www.civilstudio.site/2020/11/cara-konversi-satuan-besi-dari-kg-ke.html
  • https://www.aca.co.id/Info-Asuransi-Detail/5-Tips-Memilih-Besi-Beton-untuk-Konstruksi-Rumah
  • https://www.99.co/blog/indonesia/mengenal-jenis-besi-konstruksi/
 

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya