Inilah Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai


Ukuran besi cor untuk rumah 2 lantai tentu saja akan sangat berbeda dengan rumah yang terdiri dari 1 lantai. Saat ini, rumah yang terdiri dari lantai 1 dan 2 ini menjadi pilihan hunian yang digemari banyak orang. Terutama bagi keluarga yang memiliki anggota keluarga lebih dari 4. Space secara vertikal juga bisa menghemat jumlah lahan yang digunakan oleh rumah. 

Ini bisa menjadi pilihan juga jika Anda ingin memiliki tempat tinggal yang memiliki halaman luar luas, namun juga rumah yang tidak sempit. Nah dalam perencanaan, penting sekali mengetahui seberapa banyak bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah informasi mengenai ukuran besi cor bagi rumah 2 lantai.
 

Ukuran Besi Cor Untuk Rumah 2 Lantai

Beban yang harus bisa ditopang oleh struktur dari rumah berlantai 2 akan sangat besar. Ada banyak pertimbangan dan perhitungan yang harus dilakukan. Salah satunya adalah ukuran besi cor. Besi beton masih menjadi pilihan yang aman di berbagai proyek. Dua material ini memiliki sifat gabungan yang baik. Besi merupakan material yang tahan terhadap tarikan, sedangkan beton merupakan material yang tahan tekanan. 

Dalam sebuah bangunan, struktur umum yang selalu digunakan adalah pondasi, rangka, kuda-kuda, atap. Tiap bagian ini akan membutuhkan besi cor agar kuat menahan beban. Berikut ini adalah informasi mengenai ukuran dari besi cor yang dibutuhkan dalam membangun rumah 2 lantai.
 

Pondasi

Jenis pondasi yang paling baik untuk rumah 2 lantai adalah cakar ayam karena akan bisa mencengkeram tanah dengan baik. Untuk ukuran besinya, ukuran 10 atau pun 12 dengan model ulir bisa digunakan. Ukuran 100mm x 100xm x 25cm untuk cor nya juga sudah memadai.
 

Sloof

Sloof / balok pengikat biasanya akan berada di atas pondasi. Dalam bangunan rumah 2 lantai, ukuran 15 x 35 cm sudah cukup. Dengan besi tulangan 12 mm, begel besi 8 mm dan ketebalan cor 15 mm maka Anda sudah mendapatkan struktur yang baik. Untuk mengetahui berapa banyak besi sloof yang perlu disediakan dalam proses pembangunan, sebaiknya Anda mengetahui juga cara menghitung kebutuhan besi sloof.
 

Kolom / Tiang

Bagian inilah yang akan menghubungkan antara sloof dan juga ring nantinya serta juga menjadi tulang dari tembok rumah Anda. Kolom atau tiang untuk rumah 2 lantai biasanya memiliki ukuran 15 x 40 cm. Diisi dengan tulang utama berupa besi 12 mm sebanyak 6 biji, begel ukuran diameter 8 mm. Jarak antar begel 20 cm, dengan ketebalan cor 1,5 cm dari begel terluar. Untuk kolom yang menjadi pertemuan 4 titik tembok(perempatan) maka bisa diperkuat dengan membuat ukuran kolom 40 x 40 cm dengan 8 besi beton sebagai tulang utama. Untuk perhitungan kolom yang lebih detail, anda dapat mempelajari juga cara menghitung kolom.
 

Ring 

Ini adalah bagian yang akan berada di atas tembok yang akan menjadi penyangga untuk lantai 2 dan juga atap. Dimensi yang harus digunakan adalah 12 x 15 cm. Gunakan tulang utama sebesar 10 mm, begel 8 mm, dan jarak antar begel 15 cm. Tebal yang diperlukan untuk cor dari permukaan begel terluar adalah 1,5 cm. 

Nah itulah kira-kira kebutuhan ukuran besi cor dalam pembangunan rumah 2 lantai. Persiapkan dengan baik dan sediakan cadangan untuk berbagai hal yang tidak diinginkan. Jangan lupa juga gunakan bahan berkualitas untuk hasil terbaik.

Selain mengetahui ukuran besi cor untuk rumah 2 lantai, Anda juga harus tahu harga besi beton polos terjangkau hanya di Klopmart. Kunjungi website kami sekarang juga.


Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya