15 Desain Dapur Terbuka Minimalis dan Sederhana

Punya dapur yang dibuat dengan desain sendiri jelas jadi impian banyak orang. Pasalnya dapur yang sudah dirancang khusus lebih bisa memenuhi kebutuhan dalam aktivitas sehari-hari. Kalau Anda butuh inspirasi, kali ini Klopmart hadir dengan beragam desain dapur terbuka yang pastinya tetap estetis agar enak dipandang mata. 

Desain dapur yang terbuka memberikan Anda banyak ruang untuk bergerak sekaligus membuat ilusi ruangan yang lebih luas. Biasanya konsep desain seperti ini dipilih karena ruangan yang tersedia sangat terbatas. 

Desain dapur terbuka biasanya mengutamakan kesederhanaan dan kepraktisan sehingga Anda bisa mendapatkan ruang yang nyaman dan fungsional untuk segala aktivitas. Bukan hanya memasak, tetapi juga untuk bekerja, bersantai, maupun berinteraksi bersama seluruh anggota keluarga. 

Mari mulai jelajahi berbagai ide desain dapur terbuka supaya Anda bisa menciptakan ruang dapur impian!

15 Desain Dapur Terbuka Minimalis dan Sederhana

Desain elegan untuk konsep dapur terbuka sangat beragam. Anda bisa memilih yang sangat sederhana dengan penggunaan warna netral, hingga yang lebih berwarna untuk tema mencolok. Dari banyaknya desain, berikut ada 15 rekomendasi yang bisa dijadikan inspirasi. 

1. Dapur Terbuka dengan Kitchen Island

Desain dapur terbuka dengan kitchen island termasuk pilihan populer untuk menciptakan tampilan modern dan efisien. Kitchen island mengacu pada meja atau pulau tengah yang berfungsi sebagai area memasak tambahan, area penyimpanan, bahkan area makan informal. 

Dalam desain minimalis, Anda bisa memilih kitchen island yang memiliki bentuk lebih ramping dan sederhana tanpa banyak hiasan. Pilih juga bahan yang mudah dibersihkan dan tahan lama agar Anda tidak perlu sering menggantinya. 

Contoh bahan dengan spesifikasi tersebut ialah granit atau stainless steel. Sebagai pelengkap, Anda juga dapat menambahkan beberapa kursi tinggi di sekeliling kitchen island untuk menciptakan area makan yang nyaman.

Baca juga: 10 Inspirasi Dapur Bersih Minimalis yang Nyaman

2. Dapur Terbuka dengan Pencahayaan yang Baik


Pencahayaan yang baik adalah kunci untuk menciptakan dapur terbuka yang nyaman dan fungsional. Pastikan dapur Anda memiliki pencahayaan yang cukup, terutama di area kerja seperti kompor, wastafel, dan kitchen island

Anda dapat menggunakan kombinasi cahaya alami dari jendela maupun cahaya dari lampu di langit-langit atau lampu dinding. Pilihlah lampu dengan desain yang simpel dan elegan untuk menyesuaikannya dengan tampilan minimalis di dapur Anda. Selain itu pertimbangkan juga menggunakan lampu segaris LED di bawah lemari dapur untuk memberikan pencahayaan tambahan sekaligus tampilan estetis yang menarik.

3. Dapur Terbuka dengan Pilihan Warna Netral


Dalam desain dapur terbuka minimalis, pilihan warna netral menjadi favorit karena mampu menampilkan kesan yang bersih, rapi, dan tenang. Warna-warna seperti putih, abu-abu, beige, atau krem sering digunakan untuk berbagai bagian dapur. Anda bisa menggunakannya untuk dinding, langit-langit, maupun elemen dekoratif lainnya. 

Warna netral juga mampu menciptakan latar belakang yang sempurna untuk berbagai furniture dan aksesori dapur yang Anda pilih. Jika ingin sedikit variasi, Anda bisa menambahkan aksen warna lembut seperti biru atau hijau muda pada aksesori atau peralatan dapur.

4. Dapur Terbuka dengan Rak Dinding


Rak dinding merupakan pilihan cerdas untuk mengoptimalkan area dapur. Dalam desain dapur terbuka minimalis, rak biasanya terbuat dari bahan seperti stainless steel atau kayu untuk tetap memberikan kesan sederhana. 

Rak dinding tidak hanya berfungsi sebagai tempat penyimpanan, tetapi juga dapat menambahkan sentuhan dekoratif yang menarik ke dapur Anda. Penggunaan rak dinding juga membuat peralatan dapur yang sering digunakan atau koleksi piring dan gelas yang indah bisa lebih ditampilkan sehingga Anda tidak perlu bingung lagi mencari aksesori baru untuk membuat area dapur menjadi lebih estetis.

Baca juga: 10 Model Dapur Cantik Sederhana dan Terlihat Modern

5. Dapur Terbuka dengan Backsplash Kaca


Apabila Anda ingin dapur terbuka yang memberikan kesan modern dan mewah, penggunaan backsplash kaca menjadi salah satu solusi menarik. Backsplash kaca memungkinkan Anda untuk melindungi dinding dari percikan air atau minyak, sambil memberikan kilauan yang menarik. 

Anda dapat memilih kaca dengan warna yang transparan atau sedikit berwarna untuk menyesuaikan dengan tema dapur yang telah dipilih sebelumnya. Backsplash kaca juga sangat mudah dibersihkan sehingga dapur akan tetap terlihat rapi dan bersih.

6. Dapur Terbuka dengan Tanaman Hias


Tidak ada salahnya menambahkan sentuhan segar dan alami ke dapur terbuka Anda dengan menempatkan tanaman hias. Penempatannya sangat fleksibel karena Anda bisa meletakkannya di atas kitchen island, di sekitar wastafel, atau di rak gantung. 

Selain memberikan estetika, tanaman hias juga membantu meningkatkan kualitas udara di dalam ruangan. Pilihlah tanaman hias yang mudah dirawat, seperti lucky bamboo, sukulen, atau tanaman herbal yang dapat Anda gunakan untuk memasak.

7. Dapur Terbuka dengan Pintu Kaca Geser


Apabila area dapur Anda terhubung langsung dengan area taman di luar maka penggunaan pintu kaca geser merupakan keputusan yang tepat. Penggunaan pintu kaca geser membuat Anda dapat dengan mudah membuka dan menutup akses ke area luar. 

Kemudian penggunaan kaca transparan juga mampu menciptakan suasana terbuka dan terang di dalam dapur. Ada yang menarik dari penggunaan pintu kaca geser karena Anda tidak membutuhkan banyak ruang untuk membukanya. Tinggal di geser saja maka dapur bisa terasa lebih luas. 

8. Dapur Terbuka dengan Lantai Seragam


Dalam desain dapur terbuka minimalis, pilihan lantai seragam akan membantu menciptakan kesan ruang yang lebih luas dan bersih. Anda bisa memilih lantai dengan pola seragam dengan warna netral agar fokus ruangan tetap berada pada desain dapur secara keseluruhan. 

Lantai seragam juga memberikan kesan visual yang rapi dan menyatu dengan ruang dapur terbuka untuk menciptakan tampilan yang estetis sekaligus harmonis.

9. Dapur dengan Lemari Dapur Terbuka


Lemari dapur terbuka juga bisa jadi pilihan yang tepat untuk menampilkan piring, gelas, atau aksesori dapur yang indah. Pilihlah lemari dengan desain yang sederhana, seperti rak terbuka atau rak dengan pintu kaca transparan. Menggunakan lemari terbuka akan memudahkan Anda ketika ingin mengambil dan meletakkan barang-barang. Selain itu lemari dapur terbuka juga membantu menciptakan tampilan dapur yang lebih luas.

Baca juga: 12 Desain Tempat Cuci Piring & Kompor untuk Dapur Rumah

10. Dapur Terbuka dengan Meja Makan Minimalis


Dalam desain dapur terbuka minimalis, pilihlah meja makan sederhana yang sesuai dengan tampilan keseluruhan dapur Anda. Meja makan minimalis biasanya memiliki desain yang ramping dan sederhana, tanpa banyak ornamen atau hiasan. 

Meja makan minimalis ini tidak hanya berfungsi sebagai area makan, tetapi juga sebagai area kerja tambahan saat Anda memasak. Selain itu keberadaan meja makan minimalis juga membantu menciptakan tampilan dapur yang lebih lapang dan terorganisasi.

11. Desain Dapur Bertema Modern


Desain dapur terbuka dengan nuansa modern yang netral, serta elemen peralatan dan perabot berwarna yang dipadukan, akan menciptakan suasana yang nyaman untuk beraktivitas di dapur.

Dalam tema modern yang menekankan kesederhanaan, dapur akan terasa rapi dan lapang, membuat Anda ingin menghabiskan lebih banyak waktu di sana.

12. Desain Dapur Fungsional


Selain opsi desain yang telah dijelaskan sebelumnya, dalam memilih desain dapur yang kecil, penting untuk memastikan bahwa setiap elemen di dapur memiliki lebih dari satu fungsi.

Anda dapat merancang penyimpanan dengan perabot bawaan atau mengkustomisasi perabot sesuai dengan ukuran dapur Anda. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengoptimalkan penggunaan setiap bagian dari dapur Anda dengan efektif.

13. Desain Dapur untuk Bersantai


Anda dapat mengubah desain dapur Anda menjadi sebuah ruang yang cocok untuk bersantai, terutama jika dapur Anda memiliki akses ke taman di sisi kiri dan kanan. Kehadiran tanaman hijau ini akan menciptakan suasana yang segar dan nyaman. Oleh karena itu, ruangan yang berdekatan dengan taman ini dapat dijadikan sebagai ruang bersantai bagi seluruh keluarga.

14. Dapur Terbuka dengan Area Kolam Renang


Desain dapur yang menyatu dengan kolam renang adalah opsi sederhana yang menghilangkan kebutuhan akan ruang makan terpisah. Dalam desain ini, dapur terintegrasi dengan area outdoor, menciptakan harmoni antara estetika dapur yang didominasi oleh warna krem dan ruang luar yang terbuka tanpa pemisahan fisik.

15. Desain Dapur Rooftop


Jika Anda tidak memiliki halaman, dapur rooftop bisa menjadi pilihan yang menarik. Desain ini membuktikan bahwa Anda masih bisa memiliki dapur terbuka dengan karakteristik unik di atap bangunan Anda. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?

Apa Kelebihan Desain Dapur Terbuka?

Desain dapur terbuka sejatinya punya banyak keunggulan. Tidak hanya membuat ilusi ruangan menjadi lebih luas, tetapi juga memberikan banyak dampak positif bagi seluruh anggota keluarga. Simak penjelasan berikut untuk memahami kelebihan menggunakan konsep dapur terbuka.

1. Ekspos Keindahan Desain Interior

Desain dapur terbuka memungkinkan keindahan desain interior rumah Anda yang terekspos secara menyeluruh. Dapur terbuka menjadi bagian dari ruang-ruang lain sehingga Anda dapat dengan mudah menampilkan elemen dekoratif dan furniture yang dipilih di dapur. 

Sebagai contoh, Anda dapat menampilkan peralatan dapur dengan desain menarik, koleksi piring atau gelas cantik, hingga tanaman hias yang menambah nuansa alami. Melalui penggunaan konsep dapur terbuka maka elemen dekoratif yang Anda punya akan lebih terlihat untuk menciptakan harmoni visual di seluruh area rumah.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok di Rumah Anda

2. Lebih Banyak Cahaya Alami

Dapur terbuka biasanya memanfaatkan cahaya alami dari jendela atau pintu geser untuk memberikan efek penerangan yang lebih baik. Cahaya alami memberikan kesan segar pada ruang dapur sehingga membuatnya menjadi area yang menyenangkan untuk beraktivitas. 

Selain itu adanya cahaya alami yang cukup dari luar membuat Anda dapat menghemat penggunaan energi listrik pada siang hari. Penerangan alami bahkan dapat membantu menampilkan keindahan desain dapur Anda menghadirkan suasana yang lebih cerah ke dalam rumah.

3. Membuat Ruangan Terlihat Lebih Luas

Desain dapur terbuka memiliki efek visual yang dapat membuat ruangan terlihat lebih luas. Tidak adanya dinding atau pembatas antara dapur dengan ruang lain menciptakan ilusi optik yang menghasilkan tampilan lebih luas dan lega. 

Tentu ilusi seperti Ini sangat berguna untuk Anda yang hanya memiliki area ruang dapur dengan ukuran terbatas. Konsep dapur terbuka juga membuat Anda dapat menciptakan tampilan yang lebih lapang tanpa harus merombak seluruh ruangan.

4. Memudahkan Komunikasi dan Interaksi

Percaya atau tidak, desain dapur terbuka memfasilitasi komunikasi dan interaksi yang lebih lancar antara anggota keluarga ataupun tamu yang sedang berkunjung. Saat memasak atau melakukan aktivitas di dapur maka Anda tetap dapat berbicara dan berinteraksi dengan orang yang berada di ruangan lain. 

Hal ini menciptakan suasana sosial yang akrab dan nyaman sehingga relasi yang terjalin juga menjadi lebih erat. Dapur terbuka memudahkan Anda untuk tetap berhubungan dengan orang lain tanpa harus terpisah oleh dinding-dinding yang membatasi.

5. Mudah Memantau Anak atau Tamu

Dapur terbuka juga membantu Anda untuk dengan mudah memantau anak-anak atau tamu saat sedang berada di dapur. Anda dapat memasak sambil mengawasi anak yang bermain atau membantunya mengerjakan tugas sekolah. Kepraktisan ini pada akhirnya memberikan Anda kenyamanan dan ketenangan pikiran meski harus melakukan aktivitas lain di dalam dapur.

Baca juga: 9 Desain Ruang Tamu Minimalis Ukuran 2x3 Ternyaman

6. Menambah Nilai Estetika Rumah

Desain dapur terbuka juga menambah nilai estetika keseluruhan rumah. Tampilan terbuka dan terhubung mampu memberikan kesan modern yang memikat. Kemudian dapur terbuka yang didesain dengan baik juga akan memberikan kesan harmonis yang menyatu dengan ruangan lainnya di dalam rumah. 

Tidak hanya sebagai tempat untuk memasak, dapur terbuka juga berfungsi sebagai elemen dekoratif yang mempercantik tampilan interior rumah secara keseluruhan.

Dalam menentukan desain dapur terbuka yang tepat untuk menciptakan suasana yang menyenangkan, penting bagi Anda untuk memperhatikan setiap detailnya. Desain dapur terbuka membantu Anda dalam memaksimalkan penggunaan ruang dan menciptakan atmosfer yang terang di dalam rumah. 

Ketika membuatnya, jangan lupa untuk memilih bahan dan perangkat berkualitas tinggi demi mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika Anda memilih menggunakan keramik maka pastikan perekat yang dipilih mampu merekatkan dengan baik untuk penggunaan yang sangat lama. 

Contohnya seperti MU 480 yang bisa digunakan untuk pemasangan keramik di atas keramik yang kuat. 

Jika Anda mencari perekat keramik terbaik, langsung saja kunjungi Klopmart. Di sini Anda akan menemukan harga MU 480 perekat keramik di atas keramik yang terjangkau tanpa mengorbankan kualitas. 

Segera dapatkan perekat keramik terbaik untuk pemasangan keramik di dapur dan ruangan lainnya. Selamat menikmati hasil yang tahan lama dan menakjubkan untuk desain dapur terbuka impian Anda!

Sumber rujukan: 

  • https://artikel.rumah123.com/17-desain-dapur-minimalis-terbuka-memasak-sambil-menikmati-keindahan-taman-yang-asri-71582

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/desain-dapur-minimalis-terbuka-di-belakang-rumah-73598

  • https://www.dekoruma.com/artikel/151061/desain-dapur-terbuka-tipe-tiga-enam

  • https://pexio.co.id/blogs/desain-interior/desain-dapur-mungil-terbuka-dan-sederhana

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya