5 Cara Membuka Baut yang Susah dan Berkarat dengan Mudah

Seperti apa cara membuka baut yang susah, apalagi jika sudah berkarat? Masalah yang satu ini akan sangat mengganggu, apalagi jika harus berurusan dengan baut-baut yang sudah melekat dalam waktu yang lama. Anda harus mengorbankan waktu dan juga tenaga agar bisa melepas baut yang sangat keras ini. JIka Anda hanya memiliki waktu yang terbatas, maka beberapa cara untuk melepas baut yang sudah terlalu keras berikut ini akan sangat bisa membantu. Yuk, mari kita perhatikan secara saksama.

Inilah Cara Membuka Baut yang Susah

Baut yang sangat sulit untuk dibuka akan menjadi salah satu masalah yang sangat menyebalkan untuk dihadapi. Apalagi jika Anda harus buru-buru untuk melepaskannya. Ada banyak hal yang bisa menyebabkan hal ini. Mulai dari baut yang sudah berkarat, memuai, atau kesalahan ketika pemasangan.

Apapun penyebabnya, beberapa cara di bawah ini akan bisa menjadi solusi Anda agar tidak membuang waktu lebih banyak untuk melepaskan satu buah baut yang bandel. Inilah beragam cara membuka baut yang susah.

1. Panaskan Baut Untuk Melonggarkannya

Panas dan minyak biasanya sudah cukup untuk melepaskan sebagian besar mur dan baut pada logam. Berikan panas yang cukup untuk menyebabkan ekspansi di seluruh baut. Sangat disarankan menggunakan blow torch untuk menghemat waktu Anda. Jika sudah, semprotkan minyak penetrasi, kemudian pukul kepala baut beberapa kali menggunakan palu. Jika sudah, coba buka baut menggunakan kunci Anda.

Baca juga: 4 Cara Menghilangkan Karat pada Besi dengan Mudah

2. Buat Slot Baru Dengan Gergaji Besi

Apakah Anda tidak memiliki kunci yang pas untuk membuka baut? Atau Obeng yang digunakan terlalu besar untuk memutar baut tersebut? Jika iya, gunakan gergaji besi sebagai salah satu cara membuka baut yang susah untuk memotong slot baru pada sudut yang tepat. Untuk sekrup besar, letakkan dua bilah di gergaji besi Anda, tepat di samping satu sama lain, dan potong slot yang lebih lebar sehingga Anda dapat menggunakan obeng besar. Ini juga merupakan cara yang bagus untuk mendapatkan pegangan di kepala baut kereta yang macet, yang tidak memiliki slot atau flat, atau jika kunci yang Anda punya tidak ada yang pas.


3. Potong Kepala Pengikat 

Memotong kepala baut atau mur dengan gergaji besi, bisa menjadi solusi jika baut masih bandel untuk dilepas. Beberapa tipe baut yang memiliki pengencang yang lebih kecil, terutama paku keling dan baut flathead, mungkin lebih mudah dibor daripada dipotong.

Baca juga: Inilah Macam-Macam Baut dan Kegunaannya, Sudah Tahu?

4. Gunakan Pemecah Mur

Pemecah mur akan memecahkan mur yang tidak dapat diputar tanpa merusak ulir baut. Inilah yang membuat pemecah mur menjadi salah satu cara terbaik untuk membuka baut yang susah. Cukup selipkan cincin di atas mur dan putar gigi menjadi mur sampai patah. Ini sangat efektif untuk mur yang sudah berkarat.


5. Gabungkan Kunci Pas dan Obeng

Kunci pas akan bisa membantu kamu memberikan tenaga ekstra pada obeng sehingga akan membantu mengalahkan sekrup besar yang tidak mau bergerak. Pertama-tama pilih obeng terbesar yang pas dan ketuk gagang obeng dengan palu untuk melonggarkan ikatan ulir. Gunakan kunci pas untuk memutar obeng. Hati-hati, torsi yang terlalu besar akan bisa menekuk ujung obeng.

Baca juga: 4 Rekomendasi Merk Obeng Terbaik untuk Anda

Itulah beragam cara yang bisa Anda lakukan ketika ada baut yang terlalu susah untuk dibuka. Jika sudah berhasil, mungkin Anda akan ingin mengganti baut ini. Gunakan baut baja ringan yang ada di Klopmart. Kunjungi website kami untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, semoga saja informasi mengenai cara membuka baut yang susah ini bisa membantu Anda.
 

Sumber: 

https://www.familyhandyman.com/project/tips-for-loosening-nuts-bolts-and-screws/
https://www.youtube.com/watch?v=hxFA08qRSoY

 
Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya