10 Cara Membersihkan Karat Pada Besi yang Mudah

Karat adalah musuh utama bagi Anda yang memiliki benda apapun yang terbuat dari besi, sehingga mengetahui bagaimana cara membersihkan karat pada besi bisa menjadi sesuatu yang akan sangat-sangat membantu Anda.

Jika peralatan, bangunan, atau benda yang terbuat dari besi terkena karat, maka umur dari benda-benda tersebut tidak akan bertahan lama, apalagi jika terjadi pada bangunan maka tidak akan diketahui apakah masih sanggup menopang bebannya. 

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa membersihkan karat menggunakan beberapa cara. Agar tidak keliru, mari ikuti berbagai macam cara yang ada di bawah ini.

Baca juga: Ini Dia Cara Membuka Baut yang Berkarat

Penyebab Besi Berkarat

Besi berkarat terjadi bukan dengan tiba-tiba, melainkan ada korosi dari zat lain yang bersentuhan dengan besi. Berikut adalah penyebab mengapa besi berkarat.

1. Udara dan Air

Udara dan air dapat membantu mempercepat terjadinya korosi. Udara dapat memaparkan suhu tinggi sehingga besi berkara. Semakin tinggi suhu, semakin cepat besi mengalami korosi. Air juga salah satu faktor mempercepat terjadinya karat. Jika besi terendam air terlalu lama, maka besi akan berkarat.

2. Jenis Besi

 

Jenis besi yang digunakan merupakan faktor terjadinya karat. Apabila jenis besi yang digunakan kurang bagus, maka besi itu akan berkarat sangat cepat. Pemilihan jenis besi juga menjadi salah satu faktor korosi.

3. Elektrolit

Zat yang mengandung elektrolit atau mengandung asam dapat mengakibatkan besi berkarat. Contohnya air hujan yang mengandung elektrolit. Ketika sedang hujan dan mengenai besi, maka besi akan menjadi berkarat.

Itulah mengapa Anda harus hati-hati dengan perawatan besi. Jika Anda ingin tahu cara menghilangkan karat pada besi. Yuk, simak informasi selanjutnya.

Bagaimana Cara Menghilangkan Karat pada Besi?

Benda yang berkarat disebabkan oleh terpaparnya benda tersebut dengan air di waktu yang cukup lama dan menyebabkan oksidasi sehingga berkarat. Bukan hanya dengan air saja, udara lembab juga adalah penyebab dari benda yang berkarat.

Jika dibiarkan terlalu lama, perlahan-lahan karat akan memakan permukaan besi hingga mengalami kerusakan yang parah. Oleh karena itu Klopmart akan memberi tahu cara-cara menghilangkan karat pada besi berikut ini.

1. Membersihkan Karat Dengan Baking Soda

 

Cara menghilangkan karat pada besi yang Anda dapat lakukan adalah dengan menggunakan Baking Soda untuk merawat dan mengatasi karat pada benda-benda dirumah yang terbuat oleh besi.

Berikut adalah metode cara menghilangkan karat pada besi:

  • Membilas permukaan besi dengan air bersihkan agar tidak terlalu lembab. 
  • Taburkan baking soda untuk menutupi semua area yang berkarat.
  • Biarkan selama satu jam atau lebih, lalu gosok dengan wol baja atau sikat logam.
  • Setelah itu bilas kembali dan keringkan dengan handuk.

Metode ini lebih baik digunakan pada saat menghilangkan karat pada besi yang tidak terlalu parah.

Baca juga: Cara Mencegah Karat Muncul di Perabotan

2. Merendamnya Dengan Cuka

 

Anda dapat menghilangkan karat pada besi dengan cara merendamnya dengan cuka putih. Berikut ini adalah penjelasan cara menghilangkannya.

  • Rendam dan diamkan benda yang berkarat semalaman.
  • Lalu, keluarkan dan dilanjutkan dengan proses pengikisan menggunakan sikat logam atau wol baja.
  • Bisa juga dengan membungkus benda tersebut dengan kain lap yang sudah direndam di dalam cuka putih. 

Metode ini sangat bagus pada karat yang ditemukan pada perkakas atau benda yang semuanya terbuat dari baja dan dapat terendam tanpa mengurangi integritas permukaan lainnya. Namun proses perendaman semalaman, akan membutuhkan waktu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

3. Asam Sitrat

 

Asam sitrat juga dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Berikut adalah langkah-langkah cara menghilangkan karat dengan asam sitrat.

  • Masukkan air panas ke dalam mangkuk dan taburkan 2-3 sendok makan asam sitrat.
  • Rendam barang yang berkarat dan diamkan semalaman
  • Angkat di pagi hari, gosok noda karat yang tertinggal dengan sikat, bilas, dan keringkan.

Cara ini cocok untuk menghilangkan karat pada besi yang lumayan kuat pada beberapa benda yang terbuat dari besi dan logam.

Baca juga: 9 Cara Mencegah Korosi pada Besi, Apa Saja?

4. Campuran Kentang dan Sabun Cuci Piring

Kentang dan sabun cuci piring dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada besi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Potong kentang sampai kecil dan blender sampai halus
  • Campurkan kentang dan sabun cuci piring dan aduk hingga merata
  • Tunggu beberapa saat, lalu gosok permukaan benda berkarat
  • Cuci bersihkan benda berkarat dengan air bersih

5. Menggunakan Ampelas

 

Ampelas juga salah satu cara menghilangkan karat pada besi. Caranya adalah Anda hanya menggosok sampai merata di seluruh permukaan yang berkarat dengan ampelas. Tetapi, hati-hati dengan seberapa kuat Anda menggosoknya, itu dapat mengakibatkan kerusakan.

6. Minuman Bersoda

Minuman bersoda tidak hanya dapat menyegarkan, tetapi minuman soda juga dapat menghilangkan karat pada besi dan cara penggunaannya juga terbilang mudah untuk dilakukan.

Anda hanya tuangkan minuman soda ke dala sebuah wadah. Lalu setelah menuangkan minuman soda tersebut rendam benda-benda berkarat di dalam wadah yang berisi minuman soda. Kemudian tunggu beberapa saat sampai karat benar-benar menghilang. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan keringkan menggunakan lap kering atau lap bersih.

7. Solar

Anda pasti tahu bahwa solar adalah salah satu bahan bakar mobil. Tetapi apakah Anda tahu solar juga dapat menghilangkan karat pada besi dan caranya sangat mudah.

Anda hanya memasukan dan rendam benda-benda yang berkarat ke dalam wadah yang berisi solar. Lalu, diamkan semalam dan lihat ada reaksi pada benda-benda yang berkarat. Jika sudah cukup angkat benda-benda tersebut dan karat akan menghilang dengan sendirinya.

8. Oli Bekas

Apa Anda memiliki oli bekas di rumah? Sebaiknya jangan dibuang karena dapat Anda pergunakan untuk menghilangkan karat.

Anda hanya cukup menggosokan oli bekas menggunakan sikat bersih di permukaan besi atau logam yang berkarat. Jika volume karat cukup tebal, sebaiknya didiamkan beberapa saat lalu gosok hingga bersih.

9. Paduan Pasta Gigi dan Bubuk Pengembang

Anda dapat menggunakan paduan pasta gigi dan bubuk pengembang untuk menghilangkan karat pada besi. Metode ini sangat mudah untuk dilakukan. Anda hanya mencampurkan pasta gigi dan bubuk pengembang, lalu aduk sampai berbentuk pasta.

Kemudian, persiapkan pasta gigi bekas sebagai alat gosok. Oleskan pasta gigi tersebut ke permukaan yang berkarat. Pastikan campuran yang di oleskan pada benda berkarat merata ke seluruh bagian yang berkarat, lalu tunggu beberapa jam. Setelah itu, bilas dengan air bersih sehingga tidak ada karat yang tertinggal.

10. Thinner

Bahan terakhir yang dapat Anda gunakan untuk menghilangak karat pada besi adalah thinner. Selain untuk menghilangkan cat, cairan kimia satu ini juga bisa digunakan dalam menghilangkan permukaan berkarat di besi. Gunakan masker dan sarung tangan. Bersihkan permukaan besi yang berkarat, lalu tuang cairan thinner pada permukaan tersebut dan gosok dengan kain lap yang bertekstur kasar.

Kesimpulan

Nah, sekarang Anda sudah tahu thinner dan apa saja yang dibutuhkan untuk menghilangkan karat pada besi dengan baik dan benar. Bila Anda membutuhkan bahan-bahan untuk menghilangkan karat pada besi dan logam, Klopmart telah menyediakan berbagai macam thinner.

Jadi silahkan hubungi Klopmart sekarang juga apabila Anda membutuhkan thinner dan bahan-bahan lainnya!

Sumber artikel:

  • https://www.dekoruma.com/artikel/73361/cara-menghilangkan-karat-pada-besi
  • https://katadata.co.id/padjar/berita/623407198f747/4-cara-membersihkan-karat-pada-perabot-besi-dan-logam

Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Des 2021

Related Article