4 Cara Membersihkan Karat Pada Besi yang Mudah

Karat adalah musuh utama bagi Anda yang memiliki benda apapun yang terbuat dari besi, sehingga mengetahui bagaimana cara membersihkan karat pada besi bisa menjadi sesuatu yang akan sangat-sangat membantu Anda. Jika peralatan, bangunan, atau benda yang terbuat dari besi terkena karat, maka umur dari benda-benda tersebut tidak akan bertahan lama, apalagi jika terjadi pada bangunan yang tidak akan diketahui apakah masih sanggup menopang bebannya. 

Untuk menghindari hal ini, Anda bisa membersihkan karat menggunakan beberapa cara. Agar tidak keliru, mari ikuti berbagai macam cara yang ada di bawah ini.

Bagaimana Cara Membersihkan Karat Pada Besi?

Ketika permukaan alat besi terpapar dengan air dalam jangka waktu yang cukup lama, hasilnya adalah proses oksidasi yang akan menciptakan karat. Bahkan tidak hanya kontak langsung dengan air, kelembaban dan suhu juga dapat menyebabkan peralatan atau benda yang terbuat dari besi mengalami perkaratan.

Jika dibiarkan terlalu lama, perlahan-lahan karat akan memakan permukaan besi hingga mengalami kerusakan yang parah. Jika Anda ingin membersihkan berbagai peralatan besi dari karat yang mengganggu ini, maka metode yang ada di bawah akan bisa membantu Anda.

1. Membersihkan Karat Dengan Baking Soda

Barang dapur satu ini merupakan salah satu bahan rumahan yang multifungsi. Anda dapat menggunakan baking soda untuk merawat berbagai jenis furnitur rumah, mulai dari mengatasi saluran air yang mampet hingga mengatasi karat pada besi.

Jika ingin menggunakan metode ini maka langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membilas permukaan besi dengan air bersihkan agar tidak terlalu lembab. 

Kemudian taburi dengan baking soda untuk menutupi semua area yang berkarat. Biarkan selama satu jam atau lebih, lalu gosok dengan wol baja atau sikat logam. Setelah itu bilas kembali dan keringkan dengan handuk. Metode ini paling baik digunakan pada karat yang tidak terlalu parah. Anda juga tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak.

2. Merendamnya Dengan Cuka

Satu lagi bahan yang tidak akan sulit untuk kita temui. Anda bisa rendam barang yang terkena karat di dalam cuka putih dan diamkan semalaman. Keluarkan barang tersebut dan dilanjutkan dengan proses pengikisan menggunakan sikat logam atau wol baja. Bisa juga dengan membungkus besi tersebut dengan kain lap yang sudah direndam di dalam cuka putih. 

Metode ini sangat bagus pada karat yang ditemukan pada perkakas atau benda yang semuanya terbuat dari baja dan dapat terendam tanpa mengurangi integritas permukaan lainnya. Namun proses perendaman semalaman, akan membutuhkan waktu untuk mencapai hasil yang diinginkan.

3. Asam Sitrat

Anda bisa mencari bahan yang satu ini di sebagian besar toko makanan kesehatan. Tambahkan beberapa liter air panas ke dalam mangkuk dan taburkan 2-3 sendok makan asam sitrat. Rendam barang yang berkarat dan diamkan semalaman, angkat di pagi hari, gosok noda karat yang tertinggal dengan sikat, bilas, dan keringkan. Gampang bukan? Cocok untuk membersihkan karat yang lumayan kuat pada beberapa benda yang terbuat dari besi dan logam.

4. Thinner

Selain untuk menghilangkan cat, cairan kimia satu ini juga bisa digunakan dalam menghilangkan permukaan berkarat di besi. Gunakan masker dan sarung tangan. Bersihkan permukaan besi yang berkarat, lalu tuang cairan thinner pada permukaan tersebut dan gosok dengan kain lap yang bertekstur kasar.

Baca Juga: 4 Jenis Thinner dan Berbagai Fungsinya

Itulah dia berbagai metode atau cara yang bisa Anda praktekan. Bila Anda membutuhkan thinner atau paint remover, maka langsung saja cek di Klopmart dan cari tau harga remover di sini. Selalu berh


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
24 Des 2021

Related Article