Berbagai Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu

Cara menghilangkan bau cat kayu tidaklah terlalu sulit, sehingga nantinya Anda kan dapat bernafas dengan nyaman. Bau cat sendiri akan bisa membuat Anda merasa pusing, mata perih, hingga gangguan pernapasan. Volatile organic compound atau VOC adalah komponen pada cat yang menyebabkan hal-hal ini terjadi. Saat cat mengering maka VOC ini akan menguap ke udara yang akan bisa dihirup ataupun terkena ke mata Anda. Untuk dapat mengurangi atau menghilangkan bau cat ini, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan. Yuk mari ikuti cara-cara berikut ini.

Cara Menghilangkan Bau Cat Kayu

Cat kayu seperti propan wood stain merupakan cairan lapisan untuk kayu yang akan bisa memberikan sentuhan akhir yang menarik. Beberapa jenis cat kayu yang biasanya digunakan adalah:

Ketika ingin mengecat kayu ataupun tembok, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan agar bau dari cat tidak terlalu menyengat dan mengganggu Anda. Hal yang harus Anda lakukan adalah:

  • Buka jendela dan pintu ruangan dimana Anda mengecat agar bau cat yang menguap akan mengalir keluar. Sebaiknya tutup pintu dan jendela di ruangan lain agar bau tidak masuk ke ruangan tersebut.
  • Gunakan kipas angin agar tiupan kipas angin dapat mendorong bau keluar, sekaligus membantu proses pengeringan. 
  • Matikan AC, jika Anda mengecat di dalam ruangan ber-AC. Karena udara hanya akan berputar di ruangan tersebut.

Untuk bisa membantu menghilangkan bau cat kayu atau cat lainnya, Anda bisa menggunakan berbagai cara dan bahan-bahan berikut ini.
 

1. Menggunakan kopi bubuk

Aroma kopi yang unik dan kuat akan bisa membantu untuk mengurangi atau menghilangkan bau cat. Tempatkan kopi bubuk dalam sebuah wadah dan letakkan di tengah-tengah ruangan. Kopi akan bisa menyerap bau cat dinding dan segera menggantikannya dengan aroma kopi yang khas.
 

2. Menggunakan cat dengan air garam dan larutan pewangi

Air garam menjadi salah satu cara menghilangkan dan menyerap bau cat yang sangat menyengat. Tinggal larutkan garam dalam seember air, lalu tempatkan di tengah ruangan. Anda bisa tambahkan sedikit cairan pewangi cucian ke dalam air larutan garam ini sehingga bau yang harum ini akan mengisi ruangan menggantikan bau dari cat.
 

3. Menggunakan arang

Arang akan bisa menetralkan bau karena kemampuannya menyerap bau yang paling menyengat sekalipun. Arang kayu juga menjadi bahan alami yang paling ampuh dalam menyerap minyak, noda, dan bau yang tak sedap bahkan zat-zat kimia yang terkandung di dalam cat. Letakkan semangkok arang di tengah ruangan. Tunggu beberapa jam maka bau cat akan hilang.
 

4. Hilangkan bau cat dengan bawang bombay

Bahan yang satu ini cukup efektif untuk bisa menghilangkan bau cat yang menguap ke udara, cukup belah dua bawang bombay dan letakkan di sudut ruang yang berseberangan, dimana sisi yang terbelah menghadap atas. Aroma tajam dari bawang bombay dan dianggap bisa menetralisir dan menyerap bau cat di sekitarnya. Bahkan bau bawang bombay tidak akan tertinggal di ruangan.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau dari cat kayu yang Anda gunakan. Selalu berhati-hati ketika ingin menggunakan cat, karena ada berbagai bahan kimia yang akan menguap ke udara. Sehingga ada baiknya jika Anda menggunakan pelindung mata dan juga masker. 

Jika Anda membutuhkan cat kayu atau tembok, maka Anda bisa mengunjungi Klopmart yang menyediakan berbagai bahan bangunan untuk Anda. Semoga berbagai cara menghilangkan bau cat kayu di atas bisa membantu Anda, cek juga harga propan wood stain yang ada di Klopmart sekarang juga!

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Sumur Resapan

Tips & Trik

6 Cara Membuat Sumur Resapan

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya