Cat dan Kimia

7 Jenis Cat Tembok Beserta Kegunaannya

Media
29 Okt 2019

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Keindahan interior dan eksterior suatu bangunan sangat dipengaruhi oleh cat tembok yang digunakan. Bukan hanya dari segi warna, tapi juga jenis cat tembok yang digunakan. Bahkan ternyata jenis cat tembok tidak hanya dibedakan menjadi cat interior dan eksterior. Masih ada banyak jenis cat tembok yang bisa Anda temui di pasaran dan tentunya memiliki fungsi berbeda. Berikut beberapa di antaranya yang penting untuk Anda ketahui.

Cat primer

Kebanyakan tembok bangunan dicat dalam warna-warni tertentu. Namun, tahukah Anda bahwa sebelum mengaplikasikan cat berwarna, biasanya tembok terlebih dulu dipasangi cat primer. Umumnya, cat primer yang dijual di pasaran dibuat dari bahan dasar minyak atau air. Keduanya memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk melekatkan bahan tembok bangunan dengan cat setelahnya, baik itu tembok dari bahan besi, kayu, atau plester.

Baca juga: Cat Dasar Tembok sebagai Pelapis

Cat akhir

Sesuai namanya, biasanya cat akhir memang diaplikasikan pada tahap akhir pengecatan tempok. Fungsi dari jenis cat tembok satu ini adalah untuk menonjolkan warna cat dinding yang sudah diaplikasikan sebelumnya agar tampak lebih indah. Dibuat dengan campuran akrilik resin dan vinyl serta bahan dasar air, cat akhir idealnya punya daya tahan cukup tinggi. Umumnya, cat akhir digunakan untuk tembok bagian interior bangunan.


Cat top coat

Fungsi dari cat top coat sebetulnya agak mirip dengan cat akhir karena sama-sama diaplikasikan pada tahap akhir. Bedanya, cat top coat atau clear coat lebih umum digunakan pada pengecatan sistem metalik. Tujuannya adalah memberikan efek mengkilap atau glossy pada tembok dengan base coat metalik.

Cat undercoat

Dibuat dengan bahan dasar minyak, jenis cat tembok satu ini biasanya diaplikasikan setelah cat primer. Cat undercoat, atau yang juga dikenal dengan cat dasar, berfungsi untuk menghaluskan permukaan tembok yang sudah dilapisi cat primer. Selain itu, cat undercoat inilah yang juga membantu melindungi cat primer dari pengaruh sinar matahari. Dengan begitu, cat tembok kamu pun bisa lebih tahan lama.

Cat polyurethane

Jika Anda tidak menemukan cat polyurethane di toko cat atau bangunan, biasanya cat ini juga bisa disebut dengan cat PU. Bagi Anda yang ingin menciptakan efek glossy pada tembok, maka cat PU inilah yang Anda butuhkan. Jenis cat ini terkenal memiliki kualitas premium sehingga mampu menahan paparan panas sinar matahari dan bahan kimia. Tidak mengherankan jika akhirnya cat ini punya kualitas kuat, keras, dan tahan gores.

Cat remover

Apakah Anda ingin mengganti cat tembok dengan warna lain? Jangan langsung menimpa cat lama dengan cat baru, Anda disarankan untuk mengelupas cat lama menggunakan cat remover terlebih dulu. Bagi yang belum tahu, cat remover mengandung emulsi dari berbagai bahan kimia yang memang dirancang untuk mengelupas cat lama. Jadi, dengan menggunakan cat remover, kamu pun tidak perlu lagi mengerik tembok sampai cat menghilang.

Baca juga: Cara Menggunakan Paint Remover Untuk Bersihkan Dinding


Wall sealer

Di pasaran, Anda akan menjumpai berbagai cat yang sering digunakan sebagai lapisan dasar pada tembok. Nah, salah satu produk cat tersebut adalah wall sealer. Fungsi dari jenis cat tembok ini adalah membuat pori-pori dinding lebih terisi agar hasil cat temboknya nanti bisa lebih halus. Dengan tembok yang terasa lebih halus, maka proses pengecatan akhir pun akan lebih mudah dilakukan.

Keberhasilan dalam menciptakan keindahan interior dan eksterior suatu bangunan sangat bergantung pada pemilihan jenis cat tembok yang tepat. Tidak hanya soal warna, tetapi juga jenis dan fungsinya dalam proses pengecatan. Jenis-jenis cat tembok seperti primer, akhir, top coat, undercoat, polyurethane, remover, dan wall sealer memiliki peran masing-masing dalam memastikan hasil akhir pengecatan yang optimal. Dengan pemahaman yang baik tentang fungsi dan aplikasi setiap jenis cat tembok, Anda dapat menciptakan tampilan dinding yang sesuai dengan kebutuhan dan preferensi estetik, serta meningkatkan daya tahan cat tembok terhadap berbagai faktor eksternal seperti sinar matahari dan kelembaban.

Kini Anda sudah mengetahui bahwa pengecatan tembok tidak langsung dilapisi dengan cat tembok berwarna, melainkan ada cat pelapis lain yang harus digunakan. Untuk mendapatkan berbagai produk jenis cat tembok terbaik, kunjungi Klopmart.com!

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya