Cat Dasar Tembok sebagai Pelapis

Cat dasar tembok merupakan pelapis dinding yang paling banyak digunakan untuk finishing. Tak hanya karena mempunyai banyak variasi warna, cara aplikasi cat tembok juga dapat dikatakan mudah. Namun, sebelum mengaplikasikan cat tembok, harus ada lapisan yang mendahuluinya yaitu cat dasar tembok.

Jenis-Jenis Cat Dasar Tembok yang Umum Digunakan

Jenis tembok tidak semua membutuhkan cat dasar dengan campuran yang sama. Beberapa tembok memiliki pengaplikasian cat dasar yang berbeda. Agar tidak salah, di bawah ini merupakan jenis-jenis cat dasar tembok yang perlu Anda tahu:

1. Alkali Killer Oil Based

Sesuai dengan namanya, cat dasar ini terbuat dari minyak dan cocok bila digunakan pada tembok eksterior rumah yang sering terpapar cuaca buruk. Kandungan di dalam cat primer ini akan membuat lapisan cat luar tidak mengalami reaksi kimia. 

2. Alkali Resisting Primer Acrylic

Cat ini memiliki bahan dasar emulsi akrilik. Jenis cat ini umumnya digunakan pada dinding tembok yang baru selesai dibangun. Salah satu kelebihannya adalah pori-pori pada tembok dapat tertutup secara sempurna dan membuat lapisan cat baru dapat diaplikasikan secara baik. 

3. Wall Sealer Primer

Cat ini sangat baik bila diaplikasikan pada tembok yang sudah pernah dicat. Lapisan cat primer berfungsi sebagai sealer tembok agar cat baru bisa menempel dengan baik serta tidak mudah luntur. 

4. Waterproofing Sealer Primer

Jika tembok yang akan dicat baru selesai dibangun dan berada di tempat yang lembab, maka Anda sebaiknya menggunakan cat primer yang berjenis waterproofing sealer. Cat primer ini dapat membuat tembok tahan kelembaban yang tinggi serta mengurangi risiko rembes dan basah pada tembok. Cat dasar ini juga dapatn menuutup tembok yang retak dengan baik. 

Manfaat Cat Dasar Tembok

Material ini digunakan untuk memberikan hasil warna yang lebih baik dan tahan lama. Selain itu, cat dasar juga mempunyai berbagai manfaat lainnya yaitu:

1. Mencegah Kerusakan Warna Cat Karena Zat Alkali

Zat-zat alkali yang mengontaminasi dinding rumah dapat merusak lapisan cat. Selain itu, juga menyebabkan pengapuran dinding hingga menghasilkan debu yang berbahaya bagi kesehatan. Zat-zat tersebut umumnya terdapat pada batu bata dan semen. Ketika Anda melapisi dengan cat dasar, zat-zat alkali tersebut tidak akan merusak lapisan luar.

2. Meningkatkan Daya Rekat Cat Tembok

Dengan mengaplikasikan cat dasar, daya rekat cat tembok akan menjadi lebih kuat sehingga tidak mudah terkelupas karena pengaruh cuaca. Oleh sebab itu, cat dasar dinding sangat penting untuk digunakan pada tembok luar yang selalu terpapar panas dan hujan.

3. Menjadikan Permukaan Dinding Lebih Halus Dan Rata

Sebelum dilakukan proses finishing, tembok memiliki permukaan tidak rata dan berpori-pori. Cat dasar tersebut akan membantu menutupi bagian tidak rata dan pori-pori tersebut agar hasil akhir pengecatan tampak lebih halus dan rata.

4. Memperindah Warna Cat Tembok

Melakukan finishing tanpa cat dasar tembok dapat menyebabkan warna dinding tidak sempurna karena pengaruh warna material dinding. Banyak yang menyiasatinya dengan melapisi cat hingga tebal. Padahal hal ini dapat diatasi dengan cat dasar sebelum melapisi cat warna sehingga Anda dapat lebih menghemat cat.

5. Melindungi Tembok Dari Kerusakan

Cat dasar tembok diformulasikan khusus untuk melindungi dinding dari jamur, lumut, dan dinding merembes. Jadi, penggunaan cat dasar tembok dapat melindungi dinding rumah Anda dari kerusakan yang disebabkan oleh jamur, lumut, dan rembesan air.

Cara Menggunakan Cat Dasar Tembok

Mengaplikasikan cat tembok bukanlah hal yang sulit, selama cara dan proses yang dilakukan benar, maka cat yang sudah Anda aplikasikan bisa memiliki kualitas yang baik. Berikut ini adalah beberapa cara dalam emnggunakan cat dasar tembok yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Yang pertama, siapkan tembok mana yang ingin Anda cat dasar. Pastikan lagi agar permukaan tembok tidak berdebu dan kotor agar cat bisa diaplikasikan secara sempurna. Tutup lalu lindungi lantai dengan menggunakan kertas koran atau terpal agar cat tidak mengotori lantai rumah. 
  • Berikutnya, pilihlah cat primer yang sesuai dengan jenis temboknya. Jika Anda akan mengecat eksterior rumahm gunakanlah cat primer yang mempunyai lapisan waterproofing supaya air hujan tidak membasahi tembok.
  • Terakhir, aduk cat primer secara merata sebelum membuka kaleng dari cat. Tuanglah cat ke sebuah wadah dan ambil cat menggunakan rol khusus untuk cat. Berikutnya, secara merata aplikasikan cat pada tembok yang Anda inginkan.

Bahan dan Alat dalam Mengaplikasikan Cat Dasar Tembok

  • Cat dasar.
  • Kuas cat.
  • Spon. 
  • Roller bar.
  • Kertas gosok.
  • Hand brush.
  • Detergen pembersih.
  • Wadah.
  • Alat pengaduk.
  • Kertas koran.
  • Lakban.

Perbandingan Beberapa Merek Cat Dasar Tembok

Di pasaran terdapat berbagai merek cat dasar untuk dinding. Berikut ini dipaparkan sebagian untuk perbandingan.

1. Dulux Catylac


Dulux Catylac merupakan cat dasar yang aman bagi kesehatan penghuni rumah karena tidak mengandung bahan merkuri. Di samping itu, bau cat juga tidak terlalu tajam sehingga tidak mengganggu penciuman.

2. Nippon Paint

Merk cat dasar tembok lainnya yaitu Nippon Paint. Cat ini memiliki keunggulan dari formula yang dapat mengurangi Volatile Organic Compound (VOC) atau polutan hingga nol. Jika diaplikasikan pada dinding, cat ini tidak menimbulkan bau yang menyengat ketika proses ataupun setelah pengecatan.

3. Avitex

Cat tembok Avitex mempunyai banyak pilihan warna, tahan warna, dan dapat meningkatkan daya rekat cat pada tembok. Karena berbahan dasar air, cat dasar ini cocok untuk permukaan tembok baru, GRC, asbes, dan plesteran.

4. Jotun

Cat Jotun memiliki keunggulan yaitu anti jamur, rendah VOC dan mudah diaplikasikan pada dinding. Cat ini diklaim dapat mencegah adanya bercak putih karena proses kimia pada tembok, serta dapat membuat cat tidak mudah pudar dan mengelupas. Cat dasar Jotun juga memiliki standar ramah lingkungan dan cepat mengering.

5. Aquaproof

Aquaproof merupakan cat pelapis berbahan dasar polimer yang dapat mencegah bocor. Dinding yang dilapisi dengan cat ini pun akan bebas dari pelapukan yang disebabkan oleh rembesan air. Dengan cat ini, dinding lebih aman dari efek hujan dan terik matahari.

Cat dasar tembok ternyata sangat penting untuk memastikan hasil cat tahan lama, tidak mudah rusak, dan cantik. Pastikan aplikasi cat dasar pada dinding juga harus benar agar hasilnya maksimal.

Jika Anda bingung di mana membeli cat dasar tembok, Klopmart menyediakan berbagai cat dasar tembok terbaik seperti Dulux Catylac Interior dan Dulux Catylac Exterior yang tersedia langsung di Klopmart!

Sumber rujukan: 

  • https://www.rumah.com/panduan-properti/cat-dasar-tembok-51203
  • https://www.orami.co.id/magazine/cat-dasar-tembok

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya