15 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana yang Kekinian

Siapa bilang desain tangga rumah mungil sederhana selalu terlihat tidak menarik? Tangga berukuran kecil sekalipun dapat disulap menjadi elemen ruangan yang menawan. Anda hanya perlu mencari inspirasi model dan tampilan tangga idaman dan pastinya cocok diterapkan di hunian.

Jangan bingung apabila Anda belum menemukan desain yang tepat. Klopmart akan memberikan deretan inspirasi tangga penuh gaya untuk hunian sempit. Simak rekomendasi lengkapnya di artikel ini. 

15 Desain Tangga Rumah Sempit Sederhana yang Sangat Cantik

Dewasa ini, permintaan hunian bertingkat kian bertambah, khususnya rumah dua lantai. Hunian jenis ini malah bisa menjadi solusi untuk menampung banyak ruangan dalam satu bangunan. Keterbatasan lahan pun merupakan alasan rumah bertingkat mulai digemari banyak orang daripada hunian satu lantai yang monoton.

Tangga tentu menjadi hal yang paling krusial saat membangun hunian bertingkat. Walaupun huniannya terletak di atas lahan sempit, tangga harus tetap dibangun dengan memperhatikan segi keamanan dan kenyamanannya. Artinya, penghuni rumah harus memiliki spesifikasi ukuran yang detail untuk memasang tangga.

Tidak hanya spesifikasi ukuran, desain tangga yang cantik juga menambah kenyamanan tangga. Tampilan tangga yang monoton justru malah membuat penghuni rumah tidak betah saat melihatnya. Itulah pentingnya memilih desain tangga yang tepat, terlepas dari sempitnya hunian yang dimiliki.

Lantas, desain tangga rumah sempit sederhana seperti apa yang mampu menambah estetika interior rumah? Lihat beberapa inspirasi desain tangga rumah sempit di bawah ini. 

1. Tangga Spiral


Desain spiral yang melingkar ke atas sangat cocok diterapkan untuk hunian mungil. Bentuknya juga lebih ramping dan fleksibel sehingga lebih hemat ruangan. Anda dapat mengaplikasikan kayu pada anak tangganya demi menambah kehangatan di area tersebut. Risikonya, Anda harus berhati-hati karena lebar pijakannya lebih kecil daripada tangga biasa.

Baca juga: 10 Model Tangga Rumah Minimalis 2 Lantai

2. Tangga L Mini


Walaupun sempit, Anda masih bisa mengaplikasikan tangga model L di dalam rumah. Hanya saja, Anda perlu memperkirakan pembangunan tangga sematang mungkin, terutama ukurannya. Cobalah model L mini, yakni mulai dari memasang tiga atau empat anak tangga di bagian bawah. Kemudian, tambahkan bordes lanjutkan dengan membangun sisa anak tangga hingga ke lantai atas.


3. Tangga Melayang


Pilihan ketiga adalah model tangga melayang yang lagi trendi saat ini. Desain ini menghasilkan kesan berupa tangga yang menggantung dan hanya disangga oleh potongan bilah tiang di bawahnya. Anda pun dapat menghilangkan handrail-nya supaya tidak terkesan sesak. Alhasil, hunian kecil Anda terlihat lebih kontemporer dan tidak ketinggalan zaman.

Baca juga: Cara Menghitung Ukuran Railing Tangga dengan Tepat

4. Tangga Kayu atau Logam Lurus


Desain tangga yang lurus ke atas juga sangat ideal diterapkan pada hunian sempit. Ukuran tangganya pun bisa dibuat lebih kecil dengan kemiringan yang tidak terlalu curam. Gunakan besi atau kayu sebagai material tangganya. Anda pun dapat menggabungkan dua material tersebut agar menciptakan nuansa industrialis yang sedang digemari saat ini.

5. Anak Tangga Terbuka


Desain tangga terbuka artinya elemen tersebut tidak akan dilengkapi railing di sisinya. Model ini pastinya sangat pas untuk diterapkan pada hunian sempit sehingga ruangan akan terlihat lebih lega. Idealnya, posisi pembangunan tangganya harus lekat dengan dinding demi keamanan penghuni rumah.

Baca juga: Cara Menghitung Anak Tangga dengan Rumus yang Benar

6. Tangga Model Split


Tertarik membangun mezzanine di rumah untuk memaksimalkan penggunaan ruangan? Cobalah desain tangga split, yaitu tangga yang terbagi menjadi dua cabang dan menyatu di bagian bawahnya. Model tangga ini akan membuat hunian kecil Anda terkesan lebih luas dan nyaman ditempati. Sebelum membangunnya, rancanglah denah terlebih dahulu supaya Anda bisa menempatkan posisi tangganya dengan tepat.

7. Tangga Multifungsi


Opsi ini sangat pas diterapkan apabila Anda ingin membangun tangga sempit nan minimalis. Tangga ini dirancang agar bisa memiliki fungsi tambahan, contohnya menyimpan barang atau memajang dekorasi rumah. Selain mendesain tangga, Anda pun dapat merancang susunan laci atau rak di bawahnya sehingga menghasilkan kesan lebih estetik dan penuh gaya.

Baca juga: Inspirasi Furniture Rumah Minimalis

8. Tangga Kaca


Ingin menghadirkan nuansa rumah yang lebih unik dan elegan? Aplikasikan material kaca tempered di bagian anak tangga. Pilihlah kaca dengan lapisan frosted yang tidak tembus pandang sehingga penghuni rumah merasa aman saat melewatinya. Model tangganya bisa disusun secara melayang supaya nuansa modern pada interior makin kental.

9. Tangga Serba Putih


Pilihan terakhir, Anda bisa mengecat tangga dengan warna serba putih. Walaupun sempit, tangga serba putih justru akan menghasilkan nuansa yang lebih lapang sehingga lebih nyaman saat dilewati. Namun, Anda dapat menambah beberapa aksen di tangganya supaya tidak terkesan monoton, seperti aksen kayu atau logam.

Baca juga: 8 Rekomendasi Warna Cat Rumah Bagian Dalam yang Cerah

10. Tangga Minimalis 


Tangga rumah minimalis bebeda dengan tangga rumah minimalis yang biasanya dibuat dari beton besar dan memiliki banyak aksen. Tangga minimalis merupakan tangga yang memiliki karakter simpel dan sederhana. Tangga minimalis tidak memiliki ukuran yang besar dan tampil dengan ukuran kecil. 

11. Tangga Industrial


Desain tangga yang cocok jika dikombinasikan dengan desain ruangan yang berbeda adalah tangga stainless. Anda harus memastikan terlebih dahuu apakah tangga tersebut memiliki lapisan coating yang baik agar tidak licin dan membahayakan peengguna. Tangga stainless ini sangat cocok bagi Anda yang mempunyai rumah bergaya industrial. 

12. Tangga Rumah Ramah Anak


Tangga yang ramah anak harus memiliki ukurang anak tangga yang nyaman serta ideal dengan minimal lebar 80cm dan ukuran lebar anak yang standar 110cm. Setiap anak tangga juga harus memiliki tinggi ideal yaitu mulai dari 22cm hingga 27cm per anak tangga agar pengguna aman ketika menaiki dan menuruni tangga. Anda juga dapat menambah keamanan dengan melapisi karpet untuk mengurangi kecelakaan. 

13. Tangga Lurus


Untuk Anda yang tidak suka memiliki desain tangga yang aneh, maka desain tangga lurus bisa dijadikan pilihan Anda. Bentuk lurus dari tangga seakan mengajak Anda menuju lantai dua tanpa harus melewati bordes yang biasanya ditemukan pada desain rumah tangga L atau split.

Baca juga: 15 Motif Railing Tangga Minimalis yang Cocok Untuk Rumah Mungil

14. Tangga Letter U


Salah satu model tangga yang sering dijumpai pada rumah-rumah adalah tangga letter U. Tangga rumah ini cocok untuk Anda yang mempunyai rumah bergaya minimalis karena desainnya yang menarik dan Anda bisa merancangnya agar lebih aman untuk diunakan. 

15. Tangga dengan Material Transparan


Penggunaan material transparan seperti akrilik atau kaca pada tangga akan memberikan kesan ruang yang lebih terbuka dan modern. Anda bisa menggunakan langkah tangga yang terbuat dari kaca dengan struktur baja yang kokoh. Ini akan menciptakan kesan elegan dan memberikan cahaya alami melalui tangga.


Kesimpulan

Rekomendasi desain di atas membuktikan bahwa tangga berukuran sempit tidak harus dibangun ala kadarnya. Anda justru harus kreatif dalam membangun tangga sehingga tampilan interior rumah terlihat lebih hidup, meskipun spesifikasi ukurannya lebih kecil.

Anda sudah memilih desain tangga rumah yang tepat setelah mencari inspirasi di atas? Wujudkan desain tersebut dalam rumah Anda dengan menggunakan material yang tepat, salah satunya MU-270 Acian Putih. Semen instan ini sangat pas dimanfaatkan untuk membangun plesteran dinding karena daya rekatnya tinggi dan tidak mudah mengering. Belum lagi, proses pengaplikasiannya cukup mudah sehingga proses pembangunan berjalan lebih efisien.

Klopmart menawarkan harga mortar acian MU-270 termurah dan Anda bisa mendapatkan produk ini secara online. Bagaimana caranya? Hubungi saja Klopmart dan lakukan pemesanan material bangunan yang diinginkan, kemudian kami akan mengirimkannya langsung ke proyek pembangunan. Anda pun akan berhasil mewujudkan desain tangga rumah sempit sederhana yang indah dan kokoh hanya dengan bahan bangunan berkualitas di Klopmart.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Besi Bangunan

4 Cara Agar Besi Tidak Berkarat yang Jarang Diketahui

Selengkapnya
7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Tips & Trik

7 Cara Cuci Karpet Bulu Rasfur yang Benar Agar Lebih Awet

Selengkapnya
6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Tips & Trik

6 Cara Menghilangkan Bau Apek pada Sofa secara Praktis dan Hasil Kinclong

Selengkapnya