Home & Living

MEMBERSIHKAN RUMAH SESUDAH KEBANJIRAN

Media
00 0000

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Table Of Contents

    Saat musim hujan, walaupun rumah kita sudah dipersiapkan dengan baik, tetap saja ada resiko terkena banjir, apalagi jika lokasinya berdekatan dengan area langganan banjir. Berikut tips bila rumah Anda kebanjiran dan tips membersihkan rumah sesudah kebanjiran…

     

    SAAT BANJIR DATANG,

    Jangan panik dan tetap tenang. Sikap tenang akan membuat Anda berpikir lebih jernih. Sikap tenang Anda juga akan menular ke anggota keluarga di rumah, sehingga bersama-sama dapat mengambil keputusan dan tindakan yang tepat untuk menghadapinya.

    Selamatkan surat-surat penting Anda. Surat-surat penting seperti surat-surat rumah, tanah, IMB, Sertifikat, surat-surat bank, dokumen identitas (Kartu Keluarga, KTP dan paspor), ijazah, akte-akte (kelahiran, pernikahan, dan kematian), BPKB, STNK dan segala surat atau dokumen yang sulit digantikan. Jika rumah Anda berada di area langganan banjir ada baiknya selalu simpan segala surat dan dokumen tadi di dalam kantong plastik tahan air. Posisikan supaya mudah dijangkau untuk dibawa mengungsi jika diperlukan.

    Segera matikan saklar listrik utama yang ada pada meteran listrik PLN, jika tinggi banjir hampir mencapai stop kontak yang paling rendah di rumah Anda. Hal ini untuk mencegah bahaya tersengat listrik yang merambat melalui air banjir. Ingat, air adalah konduktor listrik!

    Jika rumah Anda berlantai dua atau tiga, segera ungsikan barang-barang elektronik seperti televisi, radio, rice cooker, komputer, laptop dan sebagainya ke lantai atas.

    Baru kemudian ungsikan kasur dan perabotan lain yang dapat diangkut ke lantai atas atau area yang masih kering.

     

    SETELAH BANJIR SURUT,

    Tampaklah lumpur dan sampah yang masuk ke dalam rumah. Kadang ada benda-benda tajam di antara sampah dan lumpur tersebut.

    Sebelum mulai pembersihan rumah, kenakanlah Alat Pengaman Diri (APD) seperti sarung tangan plastik, sandal atau sepatu yang tapaknya tidak licin dan masker. Hal ini perlu untuk meminimalisasi luka-luka dan kecelakaan yang tidak perlu selama proses pembersihan rumah.

    Keluarkan furnitur Anda, bersihkan, cuci dan jemur di area yang terkena sinar matahari. Jika ada perabotan atau barang yang rusak karena terkena banjir, buanglah dengan segera untuk menghindari bersarangnya bibit penyakit.

    Seroklah lumpur dan sampah keluar rumah. Kemudian bilas lantai dengan air bersih. Setelah itu taburi garam dapur (garam kasar) khususnya pada area pojok-pojok rumah.

    Siram dinding dengan air dan air sabun (deterjen) yang terkena banjir dan gosok perlahan-lahan dengan sikat dengan bulu lembut. Jangan menggunakan sikat dengan bulu keras, karena akan merusak cat dinding. Hal ini perlu untuk membersihkan dinding dari kuman penyakit. Lalu bilas dengan air bersih.

    Bilas dan pel lantai rumah dengan menggunakan karbol. Selain membunuh bakteri, karbol juga memberikan aroma wangi dan segar pada ruangan. Aroma ini juga dapat memberikan  efek menenangkan secara psikologis, sehingga Anda menjadi lebih optimis dan tidak cepat lelah, karena banyak hal detil di dalam rumah yang harus dibersihkan dan dibereskan pasca banjir!

    Inspirasi Lainnya

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Alat Safety

    8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

    Selengkapnya
    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Alat Safety

    8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

    Selengkapnya
    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Cat dan Kimia

    7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

    Selengkapnya