WASPADA PETIR INDOOR

Akhir-akhir ini akibat perubahan cuaca ekstrim yang dipicu oleh pemanasan global sudah mulai kita rasakan di Indonesia. Hujan dapat turun kapan saja bahkan di luar jadwal musimnya. Musim kemarau dapat berjalan begitu panjang tanpa menghiraukan bahwa sudah mendekati akhir tahun yang semestinya sudah giliran musim penghujan untuk datang. Hujan deras disertai petir dan angin kencang sudah bukan pengalaman aneh lagi. Ini sudah menjadi fenomena alam biasa.

 

Apa sih yang memicu terjadinya petir?

Seperti yang dilansir oleh Wikipedia:

Petir, kilat, atau halilintar adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara.

Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan. (https://id.wikipedia.org/wiki/Petir)

 

Menghadapi petir, setelah kita bahas Waspada Petir – Outdoor, mari kita bahas langkah-langkah pengamanan saat terjadi badai petir dan kita berada di dalam bangunan atau di dalam rumah.

 

 

Pada kesempatan mendatang kita akan bahas lebih detil lagi beberapa langkah pengamanan saat badai petir. Siap sedia dan waspada adalah sikap awal untuk safety.


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Mar 2019

Related Article