Perbedaan Petir dan Kilat serta Cara Menghadapinya

Akhir-akhir ini akibat perubahan cuaca ekstrim yang dipicu oleh pemanasan global sudah mulai kita rasakan di Indonesia. Hujan dapat turun kapan saja bahkan di luar jadwal musimnya. 

Musim kemarau dapat berjalan begitu panjang tanpa menghiraukan bahwa sudah mendekati akhir tahun yang semestinya sudah giliran musim penghujan untuk datang. Hujan deras disertai petir dan angin kencang sudah bukan pengalaman aneh lagi. Ini sudah menjadi fenomena alam biasa.

Apa sih yang memicu terjadinya petir? Lalu, apa perbedaan petir dan kilat? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel berikut ini.
 

Definisi Petir dan Kilat

Kilat adalah petir yang tidak diikuti suara gemuruh. Petir adalah gejala alam yang biasanya muncul pada musim hujan di saat langit memunculkan kilatan cahaya sesaat yang menyilaukan. Beberapa saat kemudian disusul dengan suara menggelegar yang disebut guruh. Perbedaan waktu kemunculan ini disebabkan adanya perbedaan antara kecepatan suara dan kecepatan cahaya.

Petir terjadi karena ada perbedaan potensial antara awan dan bumi atau dengan awan lainnya. Proses terjadinya muatan pada awan karena dia bergerak terus menerus secara teratur, dan selama pergerakannya dia akan berinteraksi dengan awan lainnya sehingga muatan negatif akan berkumpul muatan negatif (elektron) dari awan ke bumi atau sebaliknya untuk mencapai kesetimbangan. Pada proses pembuangan muatan ini, media yang dilalui elektron adalah udara.

Pada saat elektron mampu menembus ambang batas isolasi udara inilah terjadi ledakan suara. Petir lebih sering terjadi pada musim hujan, karena pada keadaan tersebut udara mengandung kadar air yang lebih tinggi sehingga daya isolasinya turun dan arus lebih mudah mengalir. Karena ada awan bermuatan negatif dan awan bermuatan positif, maka petir juga bisa terjadi antar awan yang berbeda muatan.
 

Perbedaannya Petir dan Kilat

Ada beberapa perbedaan antara kilat dan petir, yaitu:
 

1. Waktu kemunculan

Kilat muncul terlebih dahulu sebelum petir dalam bentuk kilatan cahaya yang membelah langit. Kilat dapat muncul waktu hujan turun dan sebelum hujan turun.
 

2. Penampakan

Kilat muncul sebagai kilatan-kilatan cahaya saja. Sementara itu, petir diikuti dengan kilatan cahaya dan memiliki bunyi gemuruh.
 

3. Tempat kejadian

Kilat terjadi di atas permukaan bumi, bahkan lebih tinggi dari awan. Sementara itu, petir terjadi di permukaan bumi yang bisa mengakibatkan pohon tumbang atau tersambarnya sebuah bangunan yang menjulang tinggi.
 

4. Potensi bahaya

Sekilas, petir memiliki potensi yang lebih berbahaya dari petir. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan bahwa Anda tahu cara menghadapi petir jikalau Anda pernah terjebak dalam hujan yang deras.

Baca juga: 2 Alat Pelindung Telinga Dari Kebisingan
 

Tips dalam Menghadapi Petir

Setelah kita bahas Waspada Petir – Outdoor, mari kita bahas langkah-langkah pengamanan saat terjadi badai petir dan kita berada di dalam bangunan atau di dalam rumah.

  1. Hindari bersentuhan dengan Logam: Walaupun berada di dalam ruangan, bukan berarti Anda sepenuhnya aman dari serangan petir. Anda bisa lebih mengamankan diri Anda dengan tidak berkontak dengan barang-barang yang terbuat dari logam yang dapat menghantarkan listrik.
  2. Cabut stop kontak: Untuk menghindari aliran listrik yang tidak diduga, Anda bisa mencabut stop kontak di ruangan tempat Anda berada.
  3. Jaga jarak dari jendela: Kasus petir yang menyambar pada jendela rumah memang jarang terdengar, tetapi hal tersebut tidak berarti tidak mungkin. Sebisa mungkin hindari jendela di ruangan Anda berlindung agar terhindar dari pecahan jikalau petir menyambar jendela tersebut.

Itulah dia penjelasan perbedaan petir dan kilat serta bagaimana cara menghadapinya. Sebisa mungkin, pastikan Anda berada di ruangan yang aman ketika serangan petir terjadi di tengah hujan yang sangat deras. Tidak hanya itu, Anda juga harus memastikan bahwa ruangan tersebut aman untuk berlindung dengan menerapkan tips menghadapi petir yang sudah dibahas di atas.

Pada kesempatan mendatang kita akan bahas lebih detil lagi beberapa langkah pengamanan saat badai petir. Siap sedia, waspada serta mempersiapkan perlatan safety adalah sikap awal untuk menjaga keselamatan kita dan kelurga dirumah.

Baca juga: 5 Fungsi Rompi Safety K3 sebagai Alat Pelindung Diri


Cek harga klik disini
Media
Admin Klopmart
25 Mar 2019

Related Article