Konstruksi

2 Alat Pelindung Telinga yang Ampuh Meredam Kebisingan

Media
21 Apr 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Alat yang digunakan untuk melindungi telinga dari kebisingan yang berlebihan merupakan fungsi penggunaan dari APD Kebisingan. Tingkat kebisingan yang cukup tinggi dapat merusak pendengaran kita sehingga perlindungan akan pendengaran sangat penting karena proses kehilangan pendengaran itu terjadi secara bertahap dan sering tidak terlihat. Maka Anda dapat menggunakan salah satu Alat Pelindung Diri atau APD yang digunakan sebagai pelindung telinga atau hearing protection.


Pemilihan alat pelindung telinga harus disesuaikan dengan jenis pekerjaan, nyaman digunakan dan memberikan perlindungan yang memadai.

Alat Pelindung Telinga

1. ​Ear Plug atau Sumbat Telinga

Alat pelindung telinga yang cara penggunaannya dimasukkan pada lubang telinga disebut Ear Plug.

Ear plug terbuat dari bahan foam/busa dan bahan karet digunakan pada bagian luar telinga untuk memblokir saluran telinga untuk membuat perlindungan pendengaran terhadap kebisingan yang ada di lingkungan sekitar.

Keuntungan mengguakan ear plug antara lain berukuran kecil dan mudah dibawa, tidak membatasi gerak kepala dan nyaman digunakan bersama alat pelindung kepala yang lain, nyaman dipakai untuk waktu yang lama di tempat yang panas atau lembap.

Kerugian menggunakan ear plug antara lain membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyesuaikan pemasangan pada telinga, tingkat proteksi yang lebih kecil dibandingkan ear muff, sulit untuk di monitor atau di pantau penggunaannya, memerlukan tangan yang bersih untuk memasang ear plug agar saluran telinga tidak mengalami iritasi dan infeksi.
 

Cara merawat ear plug agar tetap bersih dan awet:

Simpan ear plug di tempat yang bersih, sejuk dan kering setalah digunakan.

Buang ear plug yang sudah kotor, rapuh, robek dan kaku dan gantilah dengan yang baru.

Baca juga: Fungsi Sarung Tangan Kerja Sebagai Alat Pelindung Diri
 

2. Ear Muff atau Penutup Telinga

Alat pelindung telinga yang cara penggunaannya ditutupkan pada seluruh daun telinga disebut Ear Muff.

Ear Muff terbuat dari bahan yang lembut digunakan dengan cara menutupi semua bagian telinga dan dilengkapi dengan headband sebagai penahan.

Keuntungan menggunakan ear muff antara lain mudah digunakan karena satu ukuran cocok untuk semua ukuran kepala, mudah terlihat sehingga dapat di monitor pemakaiannya dari kejauhan, dan tidak mudah hilang.

Kerugian mengguakan ear muff antara lain tidak nyaman digunakan di tempat yang panas dan lembap, membatasi gerakan kepala pada ruang yang sempit, kurang nyaman digunakan bersama dengan alat pelindung lainnya, dan tidak mudah dibawa atau disimpan.

Cara merawat ear muff agar tetap bersih dan awet:

Simpan ear muff di tempat yang bersih, sejuk dan kering setelah digunakan.

Periksa ear muff dari retakan dan jika rusak, perbaiki atau gantilah dengan ear muff yang baru.

Baca juga: K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja): Pengertian dan Tujuan

Demikianlah rekomendasi alat pelindung telinga yang dapat Anda gunakan baik saat bekerja di pabrik ataupun sedang berkendara di jalan raya. Klopmart menyediakan beragam alat pelindung diri (APD) lainnya seperti sepatu boot hingga sarung tangan. Dapatkan harga terbaik hanya di Klopmart.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya