Konstruksi

7 Ukuran Buis Beton yang Umum Digunakan serta Fungsinya

Media
22 Sep 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Berbagai ukuran buis beton akan bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dalam membuat gorong-gorong. Setiap rumah, bangunan, dan beberapa tempat umum akan membutuhkan yang namanya gorong-gorong atau saluran air. Hal ini akan bisa menjadi cara untuk menghindari berbagai masalah. Buis beton menjadi salah satu bagian utama dalam membangun hal ini.


Mengetahui ukuran yang diperlukan akan bisa mempermudah Anda dalam menciptakan gorong-gorong yang bisa menjalankan tugasnya dengan baik. Oleh karena itu marilah kita mengenal berbagai ukuran dari buis beton ini.
 

Ukuran Buis Beton

Buis beton adalah salah satu jenis material beton yang tersedia dalam bentuk siap pakai. Material ini biasanya digunakan untuk pembangunan:

  • Gorong-gorong
  • Saluran pembuangan air
  • Sistem drainase

Buis beton masuk ke dalam kategori beton pracetak/precast. Ketika berada dalam proses pembuatannya, rangkaian besi dibuat sedemikian rupa hingga berbentuk bulat sebagai penulangannya. Besi yang digunakan biasanya adalah jenis wiremesh dengan ukuran tertentu.

Untuk ukurannya, beton siap pakai ini akan dibedakan menjadi beberapa ukuran secara umum, yaitu:

Tipe

Diameter

Panjang

Tebal

Tipe 1

20 cm

100 cm

2,5 cm

Tipe 2

30 cm

100 cm

3 cm

Tipe 3

40 cm

100 cm

4 cm

Tipe 4

50 cm

100 cm

4,5 cm

Tipe 5

60 cm

100 cm

6 cm

Tipe 6

80 cm

50 cm

8 cm

Tipe 7

100 cm

50 cm

8 cm

Baca juga: Tabel Ukuran Berat Besi Beton SNI untuk Ulir dan Polos
 

Fungsi Buis Beton

Fungsi buis beton secara umum adalah untuk membantu proses pengaliran air. Memang hal ini sangat sederhana, namun secara lebih jelasnya berikut ini adalah tiga poin yang akan bisa menjelaskan secara lebih lanjut mengenai tugas dari salah satu produk beton siap pakai ini. Beberapa fungsi buis beton adalah:
 

1. Penggunaan Buis Beton Untuk Sumur Resapan

Buis beton dapat digunakan untuk melapisi dinding tanah saat membuat sumur resapan. Benda ini akan menggantikan batu kali atau pun semen cor yang sebelumnya banyak digunakan ketika membuat sumur resapan ini. Buis beton tentunya akan mempermudah pengerjaan sumur tanah dan menjadikan lebih hemat biaya.
 

2. Penggunaan Buis Beton Untuk Gorong-Gorong

Buis beton atau beton precast awalnya memang difungsikan untuk pembuatan gorong-gorong sebelum akhirnya difungsikan untuk hal lain.
 

3. Penggunaan Buis Beton Untuk Pengairan

Buis beton umumnya digunakan sebagai pembantu dalam proses pengaliran air.

Baca juga: Jenis Jenis Beton dan Kegunaannya dalam Kontruksi
 

Jenis Buis Beton

Terdapat beberapa jenis buis beton. Berikut ini adalah penjabaran dari berbagai jenis dari buis beton:
 

1. Berdasarkan Bentuk

Pabrikan membuat buis beton precast dalam 2 bentuk yang bisa dipilih, yaitu bentuk lingkaran penuh dan buis beton 1/2 lingkaran. Perbedaan bentuk ini tentunya akan memiliki fungsinya masing-masing. Buis beton dengan bentuk lingkaran penuh digunakan untuk pembangunan sumur resapan. Lalu untuk bentuk setengah lingkaran biasanya digunakan untuk drainase. Untuk skala yang lebih besar, buis berbentuk lingkaran penuh akan digunakan dalam pembuatan sistem drainase.
 

2. Berdasarkan Bahan yang Digunakan

Bahan yang digunakan dalam pembuatan buis beton adalah:

  • Concrete atau semen
  • Pasir

Buis beton tanpa menggunakan bahan tambahan pasir dianggap lebih kuat karena air tidak akan mudah masuk ke dalamnya. Sehingga buis beton jenis ini sering digunakan untuk pengairan ataupun untuk gorong-gorong. Sedangkan fungsi buis beton yang digunakan sebagai sumur resapan menggunakan jenis beton precast yang dibuat dari pasir.
 

3. Berdasarkan Penggunaan Rangka atau Tulangan

Buis beton yang menggunakan rangka baja (buis beton bertulang) memiliki daya tahan yang lebih kuat.

Itulah dia informasi mengenai ukuran buis beton dan juga hal lainnya yang mungkin bisa membantu Anda ketika memilih mana yang akan digunakan dalam proyek konstruksi. Temukan juga informasi mengenai harga besi beton ulir di Klopmart. Kunjungi website kami sekarang juga untuk mendapatkan informasi yang lebih banyak.


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya