5 Cara Membuat Sumur Resapan yang Mudah dan Hemat Anggaran

Sumur resapan sendiri jika kita ulang sedikit supaya segar dalam ingatan kita, adalah salah satu cara menanggulangi banjir akibat curah hujan. Air hujan ditampung dan ‘ditanamkan’ ke dalam tanah dengan sumur resapan ini. Akibatnya, cadangan air tanah bertambah kuantitasnya.


Kita jadi memiliki cadangan air di dalam sumur kita, khususnya pada saat musim kemarau tiba. Ide sederhana yang cukup brilliant, bukan? Kadang ide sederhana ternyata adalah solusi yang kita cari selama ini!

Oke, yuk mari kita bahas Cara Membuat Sumur Resapan.

Menurut Standar Nasional Indonesia (SNI), ada beberapa persyaratan umum dalam membangun atau membuat sumur resapan. Mari kita perhatikan satu persatu.
 

Tata Cara Perencanaan Sumur Resapan Air Hujan untuk Lahan Pekarangan

  1. Sumur resapan harus berada pada lahan yang datar, tidak pada tanah berlereng, curam atau labil.
  2. Sumur resapan berjarak minimal 5 meter dari tempat penimbunan sampah dan septic tank dan berjarak minimal 1 meter dari fondasi bangunan.
  3. Kedalaman sumur resapan bisa sampai tanah berpasir atau maksimal 2 meter di bawah permukaan air tanah. Kedalaman muka air (water table) tanah minimum 1,50 meter pada musim hujan.
  4. Struktur tanah harus mempunyai permeabilitas tanah (kemampuan tanah menyerap air) minimal 2,0 cm per jam yang berarti dalam satu jam mampu menyerap genangan air setinggi 2 cm.

Bentuk sumur resapan dapat berupa segi empat atau silinder dengan kedalaman tertentu dan dasar sumur terletak di atas ketinggian muka air tanah. 

Baca juga: Cara Membuat Biopori
 

Cara Membuat Sumur Resapan yang Benar

1. Buat Lubang Sumur

Buat lubang sumur dengan diameter 80 - 100 cm sedalam 1,5 m. Perlu diperhatikan supaya kedalaman ini tidak mencapai atau melebihi muka air tanah.

2. Perkuat Dinding Sumur

Perkuat dinding sumur, gunakan buis beton, pasangan bata kosong (tanpa plesteran) atau pasangan batu kosong. Hal ini supaya menjaga agar dinding sumur tidak gugur dan longsor.

3. Buat Saluran Water Inlet

Buatlah saluran water inlet yang mengalirkan air hujan dari talang air ke dalam sumur resapan dengan menggunakan pipa paralon.

4. Buat Saluran Pembuangan


Buatlah saluran pembuangan water outlet dari sumur resapan menuju selokan. Saluran ini berfungsi mengeluarkan limpahan air saat sumur resapan kelebihan air. Ketinggian pipa pembuangan harus lebih tinggi dari ketinggian permukaan air pada selokan. Hal ini supaya saat hujan deras, air selokan tidak mengalir masuk sumur resapan.

5. Pengisian Bawah Sumur


Isilah bagian bawah sumur resapan air dengan koral setebal 15 cm. Setelah itu tutup bagian atas sumur resapan dengan plat beton. Di atas plat beton ini dapat diurug dengan tanah.

Baca juga: 6 Jenis Sumur yang Umum Digunakan Beserta Fungsinya

Spesifikasi Sumur Resapan

1. Penutup Sumur

Pelat beton bertulang setebal 10 cm, yang merupakan campuran satu bagian semen, dua bagian pasir, dan tiga bagian kerikil.

Pelat beton tidak bertulang setebal 10 cm, yang merupakan campuran dengan perbandingan yang sama, berbentuk cubung dan tidak diberi beban di atasnya atau Ferocement (setebal 10 cm).
 

2. Dinding sumur bagian atas dan bawah

Untuk dinding sumur dapat digunakan buis beton. Dinding sumur bagian atas bisa menggunakan batu bata merah, batako, campuran satu bagian semen, empat bagian pasir, diplester dan diaci semen.
 

3. Pengisi Sumur

Pengisi sumur dapat berupa batu pecah ukuran 10 - 20 cm, pecahan bata merah ukuran 5 - 10 cm, ijuk, serta arang. Pecahan batu tersebut disusun berongga.
 

4. Saluran air hujan

Anda dapat menggunakkan pipa PVC berdiameter 110 mm, pipa beton berdiameter 200 mm, dan pipa beton setengah lingkaran berdiameter 200 mm.

Mari kita bersama-sama mengatasi banjir di area rumah kita sambil mempersiapkan cadangan air tanah menghadapi kemarau!

Baca juga: Mengenal Biopori dan Sumur Resapan

Itulah penjelasan tentang sumur resapan yang bisa Anda bangun. Jika Anda membutuhkan pipa untuk proses pemasangan saluran air ke sumur resapan, gunakan pipa PVC Rucika yang memiliki kualitas terbaik di kelasnya.

Pipa PVC Rucika terbuat dari material yang sangat kuat sehingga tidak mudah pecah atau bocor. Permukaannya yang halus juga akan memudahkan perawatan pipa PVC agar bebas dari jamur atau kotoran. Anda pun dapat menggunakannya untuk aliran air tanah dari sumur karena pipa Rucika tahan terhadap bahan kimia yang cukup ekstrem.


Kini, Anda bisa mendapatkan pipa PVC Rucika dengan mudah hanya di Klopmart, e-commerce material bangunan terbesar di Indonesia. Kami juga menyediakan pipa dengan ukuran bervariasi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pemasangan di rumah Anda.

Harga pipa paralon di Klopmart juga sangat kompetitif dan Anda bisa mendapatkan gratis ongkir untuk area Jabodetabek. Hubungi kami dan dapatkan produknya sekarang juga! Pastikan Anda mendapatkan pipa terbaik sesuai jenis sumur yang akan dibangun di rumah.

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Lampu & Listrik

Rekomendasi 7 Merk Kabel Listrik Terbaik Di Indonesia

Selengkapnya
6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Tips & Trik

6 Cara Membuat Biopori Sederhana

Selengkapnya