Kelebihan dan Kekurangan Beton Pracetak untuk Proyek Konstruksi

Beton pra-cetak atau precast concrete adalah beton yang dicetak di luar area pekerjaan pembuatan bangunan. Kita ambil contoh dalam membuat dinding bangunan. Dengan dinding beton pra-cetak, setiap proses produksi bagian dinding bangunan tersebut dibuat sesuai ukuran di pabrik pracetak.

promosi klopmart

Kemudian setelah selesai, semua bagian-bagian dinding tersebut diangkut utuh dari pabrik pracetak ke lokasi proyek untuk kemudian dipasang sesuai gambar desain menjadi satu struktur bangunan.

Untuk mengetahui lebih dalam terkait beton pracetak ini, ada baiknya Anda membaca kelebihan dan kekurangan beton pracetak di bawah ini.

7 Kelebihan Beton Cetak

Untuk dapat mengetahui kelebihan beton cetak, Anda bisa membandingkannya dengan jenis beton yang dibuat dengan cara cor, atau cast in situ. Berikut adalah beberapa keunggulan sistem precast dibangin cor:

1. Hemat Penggunaan Bekisting

Karena jenis beton precast dibuat di luar area proyek, Anda tidak perlu lagi menggunakan cetakan atau bekisting yang tentunya dapat menghemat banyak biaya.

2. Lebih Presisi

Dengan beton pracetak, Anda tentunya akan memiliki waktu lebih banyak dalam menentunkan spesifikasi ukuran beton yang akan Anda gunakan dalam pengerjaan proyek.

Hal ini juga akan berdampak pada proses pemasangan yang akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan beton cast in situ. 

3. Lebih Praktis

Dengan bahan bangunan yang sudah siap pakai, pengerjaan bangunan akan jauh lebih praktis. Anda tinggal memasang bagian-bagian bangunan pada tempatnya.

Maka metode ini cocok digunakan untuk area proyek yang tidak terlalu luas maupun sempit.

Baca juga: Kenali Jenis Beton dan Kegunaannya

4. Lebih Cepat

Karena lebih presisi dan praktis, maka proses konstruksi bangunan secara keseluruhan akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan beton cor konvensional.

5. Tidak Terpengaruh Cuaca

Salah satu elemen krusial dalam pembuatan beton cast in situ adalah cuaca. Cuaca yang buruk, seperti hujan, serta perubahan suhu yang terus menerus, dapat membuat struktur beton menjadi lemah atau tidak sekokoh jika beton dibentuk dalam cuaca yang sempurna.

Jika Anda menggunakan beton precast, maka tentu saja Anda akan mendapatkan beton yang sempurna karena proses pembuatannya dilakukan di tempat yang ideal dan membuat beton mengering dengan baik yang menghasilkan struktur beton yang baik.

6. Tahan Air, Api, dan Gempa

Beton pra-cetak memiliki struktur yang monolith sehingga bangunan menjadi lebih tahan air, api maupun gempa bumi.

7. Lebih Ramah Lingkungan

Karena proses pengecoran dilakukan di luar area proyek, maka tidak ada sampah-sampah sisa pengecoran dan bekesting.

Baca juga: Cara Menghitung Cor Beton Per M3 Agar Sesuai Kebutuhan

4 Kelemahan Beton Pra-cetak (Precast Concrete)

Selain berbagai kelebihan yang dapat dinikmati saat menggunakan beton cetak, tentu saja ada kekurangan juga yang perlu dipertimbangkan seperti:

1. Biaya Transportasi Lebih Tinggi

Ketika Anda menggunakan beton precast ini, maka sudah pasti muncul pos biaya tambahan untuk transportasi yang lebih mahal dibandingkan dengan proses beton cor konvensional.

2. Tambahan Masalah Teknis dan Biaya di Lapangan

Biasanya muncul masalah teknis pada saat pemasangan bagian-bagian beton pra-cetak dan saat pemasangan sambungan tiap bagian. Masalah teknis ini juga dibarengi dengan tambahan biaya.

3. Perlu Alat Pengangkat Beban Berat

Untuk mendirikan dan memasang tiap bagian beton pra-cetak ini diperlukan peralatan pengangkat beban berat seperti katrol ataupun crane, karena bagian-bagian beton pra-cetak ini cukup berat dan juga dan tenaga kerja yang profesional untuk mengoperasikan alat tersebut.

4. Sulit menyesuaikan existing

Pemasangan beton precast memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi, terutama dalam menentukan jenis sambungan yang sesuai ketika menyatukan elemen-elemen beton precast.

Baca juga: Pelajari Jenis Kerusakan Beton dan Metode Perbaikannya

Itulah kelebihan dan kekurangan beton pracetak atau beton precast yang perlu dipertimbangkan dalam rencana pembuatan proyek konstruksi bangunan. Memang benar kata peribahasa ini: Tidak ada gading yang tidak retak. Tidak ada yang sempurna di muka bumi ini, bahkan untuk beton pra-cetak.

Namun satu hal yang pasti bahwa dalam setiap pembuatan beton untuk konstruksi, diperlukan material beton yang berkualitas.

Oleh karena itu, pastikan Anda hanya memilih material beton yang berkualitas tinggi. Jika Anda membutuhkan decon beton instan, Klopmart punya solusinya.

bahan material bangunan

Sebagai Toko Material Bahan Bangunan Online Terlengkap, Klopmart menyediakan berbagai kebutuhan bahan bangunan, termasuk beton instan berkualitas tinggi, praktis, dan berdasarkan perhitungan yang tepat. 

Tunggu apalagi? Untuk menghindari berbagai jenis kerusakan beton di atas, dapatkan beton instan terbaik hanya di Klopmart

Media

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Inspirasi Lainnya

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Tips & Trik

5 Cara Membersihkan Lantai Parket Kayu

Selengkapnya
5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Tips & Trik

5 Cara Menghitung Volume Air Dalam Tangki

Selengkapnya
11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Tips & Trik

11 Cara Menata Rumah Agar Terlihat Rapi Dan Bersih

Selengkapnya