Konstruksi

Kelebihan dan Kekurangan Beton Pracetak atau Beton Precast

Media
04 Okt 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Beton pra-cetak adalah beton yang dicetak di luar area pekerjaan pembuatan bangunan. Beton pracetak ini disebut dengan precast concrete dalam bahasa Inggris. Kita ambil contoh dalam membuat dinding bangunan. Dengan dinding beton pra-cetak, setiap bagian dinding beton tersebut dibuat sesuai ukuran di pabrik pracetak.

Kemudian setelah selesai, semua bagian-bagian dinding tersebut diangkut utuh dari pabrik pracetak ke lokasi proyek untuk kemudian dipasang sesuai gambar desain menjadi satu struktur bangunan. Lebih praktis dan cepat. Sebelum menggunakan beton pracetak sebaiknya Anda mempertimbangkan kelebihan dan kekeruangan beton pracetak terlebih dahulu seperti berikut ini:
 

Kelebihan Beton Cetak

Untuk dapat mengetahui kelebihan beton cetak, Anda bisa membandingkannya dengan jenis beton yang dibuat dengan cara cor, atau cast in situ. Berikut adalah beberapa keunggulan sistem precast dibangin cor:
 

1. Hemat Penggunaan Bekisting

Karena jenis beton precast dibuat di luar area proyek, Anda tidak perlu lagi menggunakan cetakan atau bekisting yang tentunya dapat menghemat banyak biaya.
 

2. Lebih Presisi

Dengan beton pracetak, Anda tentunya akan memiliki waktu lebih banyak dalam menentunkan spesifikasi ukuran beton yang akan Anda gunakan dalam pengerjaan proyek. Hal ini juga akan berdampak pada proses pemasangan yang akan jauh lebih mudah dibandingkan dengan beton cast in situ.
 

3. Lebih Praktis

Dengan bahan bangunan yang sudah siap pakai, pengerjaan bangunan akan jauh lebih praktis. Anda tinggal memasang bagian-bagian bangunan pada tempatnya. Metode ini cocok digunakan untuk area proyek yang tidak terlalu luas maupun sempit.

Baca juga:Kenali Jenis Beton dan Kegunaannya
 

4. Lebih Cepat

Karena lebih presisi dan praktis, maka waktu pengerjaan bangunan secara keseluruhan akan menjadi lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan beton cor konvensional.
 

5. Tidak Terpengaruh Cuaca

Salah satu elemen krusial dalam pembuatan beton cast in situ adalah cuaca. Cuaca yang buruk, seperti hujan, serta perubahan suhu yang terus menerus, dapat membuat struktur beton menjadi lemah atau tidak sekokoh jika beton dibentuk dalam cuaca yang sempurna.

Jika Anda menggunakan beton precast, maka tentu saja Anda akan mendapatkan beton yang sempurna karena proses pembuatannya dilakukan di tempat yang ideal dan membuat beton mengering dengan baik yang menghasilkan struktur beton yang baik.
 

6. Tahan Air, Api, dan Gempa

Beton pra-cetak memiliki struktur yang monolith sehingga bangunan menjadi lebih tahan air, api maupun gempa bumi.
 

7. Lebih Ramah Lingkungan

Karena proses pengecoran dilakukan di luar area proyek, maka tidak ada sampah-sampah sisa pengecoran dan bekesting.

Baca juga: Cara Menghitung Cor Beton Per M3 Agar Sesuai Kebutuhan
 

Kelemahan Beton Pra-cetak (Precast Concrete):

Selain berbagai kelebihan yang dapat dinikmati saat menggunakan beton cetak, tentu saja ada kekurangan juga yang perlu dipertimbangkan seperti:
 

1. Biaya Transporasi Lebih Tinggi

Muncul pos biaya tambahan untuk transportasi yang lebih mahal dibandingkan dengan proses beton cor konvensional.
 

2. Tambahan Masalah Teknis dan Biaya di Lapangan

Biasanya muncul masalah teknis pada saat pemasangan bagian-bagian beton pra-cetak dan saat pemasangan sambungan tiap bagian. Masalah teknis ini juga dibarengi dengan tambahan biaya.
 

3. Perlu Alat Pengngkat Berat

Untuk mendirikan dan memasang tiap bagian beton pra-cetak ini diperlukan peralatan pengangkat seperti katrol ataupun crane, karena bagian-bagian beton pra-cetak ini cukup berat.

Itulah kelebihan dan kekurangan beton pracetak. Memang benar kata peribahasa ini: Tidak ada gading yang tidak retak. Tidak ada yang sempurna di muka bumi ini, bahkan untuk beton pra-cetak.

Itulah dia kelebihan dan kekurangan beton pracetak atau dinding precast yang harus Anda ketahui. Beton merupakan salah satu material bahan bangunan yang sering digunakan. Hal ini karena sifat dan banyaknya jenis beton, seperti beton pracetak, yang bisa menjadi pilihan. Selain itu, beton bersifat awet yang membuat biaya perawatan bangunan bisa semakin rendah.

Tetapi, hal itu tidak membuat beton sebagai bahan konstruksi yang sempurna. Pastikan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan jenis beton yang Anda pilih.

Baca juga: 4 Cara Mengaci Lantai dengan Mudah dan Rapi

Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya