Konstruksi

5 Jenis-jenis Pintu Berdasarkan Cara Kerjanya

Media
09 Feb 2021

Klopmart

KlopMart adalah platform digital untuk solusi terkini kebutuhan material bahan bangunan yang terhubung ke berbagai suplier dan distributor terpercaya dengan jaminan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

Kita sudah sangat familiar dengan jenis-jenis pintu, sebuah benda yang sering kita buka, tutup, bahkan banting. Sebagai salah satu bagian yang cukup penting dalam rumah, fungsi pintu adalah sebagai jalur keluar dan masuk ke bagian dalam atau luar rumah, sebagai pemisah antar ruang, sebagai pemberi privasi dan proteksi bagi pemilik rumah, dan sebagai sirkulasi udara.

Ada berbagai jenis pintu yang dapat digunakan untuk eksterior dan interior sebuah rumah. Kita akan kategorikan jenis pintu berdasarkan tipe bukaan atau sistem kerjanya dan berdasarkan materialnya.


Jenis-Jenis Pintu dan Cara Kerjanya

Kali ini kita akan membahas jenis pintu berdasarkan tipe bukaan atau sistem kerjanya, sebagai berikut:
 

1. Pintu Ayun (Swing Door)

Jenis pintu yang menggunakan engsel dan sistem ayun untuk membuka dan menutup pintu, baik ke arah luar, ke arah dalam atau keduanya. Diperlukan ruang yang cukup untuk pergerakan daun pintunya. Pintu ayun merupakan jenis pintu yang paling umum digunakan di rumah.
 

2. Pintu Geser (Slide Door)

Pintu geser sering digunakan untuk menghemat ruang. Cara buka tutup pintu ini adalah dengan menggeser daun pintunya ke kanan ataupun ke kiri. Pintu geser menggunakan sistem gantung dengan memasang rel dan roda di atas atau di bawah daun pintu. Kita harus senantiasa memastikan rel dalam keadaan baik agar pintu tidak macet dan sulit dibuka. Fungsi pintu geser sering digunakan juga untuk lemari pakaian karena memberikan kesan rapi.
 

3. Pintu Lipat (Folding Door)

Pintu lipat sering digunakan untuk menutupi ruang seperi garasi, kloset, lemari atau dapur. Pintu lipat merupakan penggabungan dari beberapa daun pintu yang dihubungkan dengan engsel pintu dan saat dibuka akan membentuk lipatan dari beberapa daun pintu tersebut. Pintu lipat bisa memberikan bukaan yang lebih maksimal dibandingkan pintu geser.

Baca juga: 5 Cara Membuka Pintu yang Terkunci Tanpa Kunci
 

4. Pintu Putar (Pivot Door)

Sistem bukaan pintu putar atau pivot ini memutar dan bersumbu pada sisi atas dan bawah daun pintu. Walaupun pintu pivot ini masih jarang ditemukan pada perumahan, jenis pintu ini bisa dijadikan alternatif desain pintu utama karena bentuknya yang tidak umum dapat memberi kesan unik dan menarik. Pintu pivot ini membuthkan area yang luas untuk ruang gerak bukaan pintunya.
 

5. Pintu Rel

Pintu rel umumnya digunakan untuk pintu garasi mobil. Sistem kerjanya mirip dengan pintu geser hanya saja mampu memberikan bukaan yang lebih luas. Pintu rel terdiri dari beberapa daun pintu yang dipasang berjajar di atas atau di bawah satu jalur rel. Saat dibuka, pintu ini akan mengikuti rel tersebut dan bahkan pintu bisa berbelok sesuai pemasangan jalur rel tersebut.

Dengan mengenali jenis pintu berdasarkan tipe bukaan atau sistem kerjanya, dapat memudahkan kita untuk menentukan jenis pintu yang cocok dengan bentuk rumah dan sesuai kebutuhan ruang.

Baca juga: Kelebihan Pintu Kamar Mandi PVC

Jika Anda terinspirasi oleh berbagai desain pintu ini dan ingin mewujudkan konsep tersebut dalam rumah Anda, kunjungi segera Klopmart, toko material bahan bangunan online terlengkap. Anda dapat menemukan berbagai macam produk berkualitas tinggi yang sesuai dengan kebutuhan proyek desain interior.

Jangan lewatkan kesempatan untuk menjadikan ide-ide desain Anda menjadi kenyataan dengan kualitas terbaik dari Klopmart. Kunjungi situs web Klopmart sekarang dan temukan solusi terbaik untuk kebutuhan material bangunan Anda!


Inspirasi Lainnya

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Alat Safety

8 Rekomendasi Merk Sepatu Safety Terbaik Penunjang Keselamatan Kerja

Selengkapnya
8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Alat Safety

8 Jenis Sepatu Safety dan Fungsinya untuk K3

Selengkapnya
7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Cat dan Kimia

7 Inspirasi Desain Mural Dinding Kamar, Makin Betah Rebahan!

Selengkapnya